Produksi (Pengertian, Proses, Jenis, Penentuan Tipe, dan Macam Tipe Produksi)

Produksi adalah proses pembuatan atau pemrosesan suatu barang atau jasa yang bertujuan untuk dijual kepada konsumen. Produksi merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam suatu bisnis, karena merupakan bagian dari proses menciptakan nilai bagi konsumen. Proses produksi bisa terjadi di berbagai skala, mulai dari skala kecil hingga skala besar, tergantung pada ukuran dan tingkat kompleksitas bisnis yang bersangkutan.

Produksi terdiri dari beberapa tahap, yaitu:
  • Perencanaan produksi: Tahap ini merupakan tahap awal dari proses produksi, di mana perusahaan menentukan jenis barang atau jasa yang akan diproduksi, serta menetapkan target produksi yang ingin dicapai.
  • Penyiapan bahan baku: Tahap ini merupakan tahap selanjutnya dari proses produksi, di mana perusahaan menyiapkan bahan baku yang dibutuhkan untuk memproduksi barang atau jasa yang diinginkan.
  • Proses produksi: Tahap ini merupakan tahap utama dari proses produksi, di mana perusahaan mengolah bahan baku menjadi barang atau jasa yang diinginkan.
  • Pengecekan kualitas: Tahap ini merupakan tahap akhir dari proses produksi, di mana perusahaan melakukan pengecekan terhadap kualitas barang atau jasa yang telah diproduksi.

Produksi merupakan proses yang terus-menerus dan berkesinambungan, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menghasilkan barang atau jasa yang berkualitas. Proses produksi juga harus dilakukan dengan efisien agar dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan keuntungan perusahaan.


Pengertian produksi menurut para ahli

1. Menurut Murti Sumarti dan Jhon Soeprihanto memberikan pengertian produksi sebagai berikut.

Produksi adalah semua kegiatan dalam menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa, dimana untuk kegiatan tersebut diperlukan faktor-faktor produksi.” (Sumiarti, Murti et, al., Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan, Edisi II, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 1987, Hal 60.)


2. Menurut Sofyan Assauri

produksi didefinisikan sebagai berikut : “Produksi adalah segala kegiatan dalam menciptakan dan menambah kegunaan (utility) sesuatu barang atau jasa, untuk kegiatan mana dibutuhkan faktor-faktor produksi dalam ilmu ekonomi berupa tanah, tenaga kerja, dan skill (organization, managerial, dan skills) (Assauri, Sofyan, Manajemen Produksi, Penerbit FE-UI, Jakarta, 1980, Hal 7.)


3. Menurut Drs. BAMBANG PRISHARDOYO, M.Si; 2005

Produksi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan menghasilkan barang atau meningkatkan nilai guna suatu barang dan jasa.

Produksi (Pengertian, Proses, Jenis, Penentuan Tipe, dan Macam Tipe Produksi)

Proses produksi

Proses diartikan sebagai suatu cara, metode dan teknik bagaimana sesungguhnya sumber-sumber (tenaga kerja, mesin, bahan dan dana) yang ada diubah untuk memperoleh suatu hasil. Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa (Assauri, 1995).

Proses juga diartikan sebagai cara, metode ataupun teknik bagaimana produksi itu dilaksanakan. Produksi adalah kegiatan untuk menciptakan danan menambah kegunaan (Utility) suatu barang dan jasa. Menurut Ahyari (2002) proses produksi adalah suatu cara, metode ataupun teknik menambah keguanaan suatu barang dan jasa dengan menggunakan faktor produksi yang ada.

Melihat kedua definisi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia.


Jenis-Jenis Proses Produksi

Jenis-jenis proses produksi ada berbagai macam bila ditinjau dari berbagai segi. Proses produksi dilihat dari wujudnya terbagi menjadi proses kimiawi, proses perubahan bentuk, proses assembling, proses transportasi dan proses penciptaan jasa-jasa adminstrasi (Ahyari, 2002). Proses produksi dilihat dari arus atau flow bahan mentah sampai menjadi produk akhir, terbagi menjadi dua yaitu proses produksi terus-menerus (Continous processes) dan proses produksi terputus-putus (Intermettent processes).

Baca Juga : TEKS PANTUN: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh Teks Pantun

Perusahaan menggunakan proses produksi terus-menerus apabila di dalam perusahaan terdapat urutan-urutan yang pasti sejak dari bahan mentah sampai proses produksi akhir. Proses produksi terputus-putus apabila tidak terdapat urutan atau pola yang pasti dari bahan baku sampai dengan menjadi produk akhir atau urutan selalu berubah (Ahyari, 2002).


Penentuan Tipe Produksi

Penentuan tipe produksi didasarkan pada faktor-faktor seperti:
  • volume atau jumlah produk yang akan dihasilkan. 
  • kualitas produk yang diisyaratkan. 
  • peralatan yang tersedia untuk melaksanakan proses. 

Macam Tipe Proses Produksi

Berdasarkan pertimbangan cermat mengenai faktor-faktor tersebut ditetapkan tipe proses produksi yang paling cocok untuk setiap situasi produksi. Macam tipe proses produksi dari berbagai industri dapat dibedakan sebagai berikut (Yamit, 2002):


1. Proses produksi terus-menerus.

Proses produksi terus-menerus adalah proses produksi barang atas dasar aliran produk dari satu operasi ke operasi berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam proses. Pada umumnya industri yang cocok dengan tipe ini adalah yang memiliki karakteristik yaitu output direncanakan dalam jumlah besar, variasi atau jenis produk yang dihasilkan rendah dan produk bersifat standar.


2. Proses produksi terputus-putus

Produk diproses dalam kumpulan produk bukan atas dasar aliran terus-menerus dalam proses produk ini. Perusahaan yang menggunakan tipe ini biasanya terdapat sekumpulan atau lebih komponen yang akan diproses atau menunggu untuk diproses, sehingga lebih banyak memerlukan persediaan barang dalam proses.


3. Proses produksi campuran

Proses produksi ini merupakan penggabungan dari proses produksi terus-menerus dan terputus-putus. Penggabungan ini digunakan berdasarkan kenyataan bahwa setiap perusahaan berusaha untuk memanfaatkan kapasitas secara penuh.

4. Adapun proses produksi yang kelompok kami lakukan termasuk dalam proses produksi dalam hal perubahan bentuk yang disebut dengan proses produksi perubahan bentuk. Karena kami mengubah alat dan bahan yang mentah menjadi suatu remote control jadi dan siap dipasarkan dengan kegunaannya sendiri

Demikianlah artikel tentang Produksi (Pengertian, Proses, Jenis, Penentuan Tipe, dan Macam Tipe Produksi), semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Produksi (Pengertian, Proses, Jenis, Penentuan Tipe, dan Macam Tipe Produksi)"