TEKS EKSEMPLUM: Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum

Sahabat pustka ilmu, kali ini kita membahas tentang TEKS EKSEMPLUM: Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum, berikut ini penjelasannya :

Pengertian Teks Eksemplum

Teks eksemplum adalah teks cerita yang menceritakan perilaku atau tokoh dari ceritanya. Contoh kisah teks eksemplum biasa diawali dengan pengenalan tokoh, peristiwa yang dialami tokoh, dan diakhiri dengan interpretasi yang muncul dari dalam diri tokoh tersebut. Teks eksempulm ini termasuk jenis karya yang berisi sebuah pengalaman hidup manusia.

TEKS EKSEMPLUM: Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum

Ciri-ciri Teks Eksemplum

Sebagai suatu teks atau karya dalam bahasa Indonesia, teks eksemplum tentu saja memiliki ciri khusus jika dibandingkan dengan teks yang lain agar kita dapat membedakan yang mana teks eksemplum dan mana yang bukan.

Berikut merupakan ciri teks eksemplum.
  • Berisi terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan. 
  • Adanya urutan peristiwa yang jelas. 
  • Mempunyai struktur lengkap. 
  • Menggunakan bahasa naratif. 

Struktur Teks Eksemplum

Karena diatas telah saya jelaskan bahwa salah satu ciri dari teks eksemplum adalah adanya struktur yang lengkap maka sekarang akan kita bahas struktur teks eksemplum diantaranya yaitu:
  • Orientasi, adalah bagian awal dari teks eksemplum. Bagian ini biasanya berisi tentang pengenalan tokoh.Contoh: "Perempuan itu sangat baik hati dan juga patuh terhadap orang tua". 
  • Insiden, merupakan peristiwa atau bagian yang berisi permasalahan yang dihadapi oleh tokoh.Contoh: "Ahmad kehabisan waktu untuk mengerjakan tugas sekolahnya karena terlalu banyak bermain bersama temannya". 
  • Interpretasi, merupakan bagian yang berisi pesan moral, evaluasi, dan juga akibat dari masalah yang dilakukan oleh tokoh dalam cerita. 

Contoh Teks Eksemplum

Boros

Pada suatu hari ada seorang anak lelaki bernama Robi yang suka sekali menghabiskan uang jajan nya dengan cepat dan bahkan dia juga hanya menghabiskan uang jajan nya itu untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Dia berperilaku seperti itu karena dia merasa bahwa orang tuanya itu adalah keluarga kaya yang serba ada.

Ketika dia sudah remaja, perilaku boros nya pun semakin menjadi. Apalagi ditambah dengan adanya pacar yang sering kali ia traktir. Padahal orang tuanya sering sekali mengingatkan untuk tidak boros karena mencari yang itu sangat susah. Dia tidak melihat bagaimana susahnya orang lain untuk mencari uang, yang ia tau hanya lah menghabiskan uang kedua orang tua nya.

Lalu pada suatu ketika, orang tua Robi itu pun bangkrut dalam bisnis nya sehingga menyebabkan keadaan keluarga Robi menjadi sangat miskin dan serba kekurangan. Belum lagi ditambah hutang kepada bank yang melilit keluarga Robi. Hal itu membuat Robi sangat frustasi karena dia sangat tidak terbiasa berada dalam posisi seperti itu. Hingga akhirnya dia pun melakukan bunuh diri.

Oleh karena itu, maka hendaklah kita menumbuhkan sikap hemat di dalam diri kita agar kita dapat menabungkan sebagian uang kita yang mungkin bisa bermanfaat di masa depan nanti. Jangan seperti Robi yang hidup boros sehingga tidak punya tabungan untuk kehidupannya kelak.

Demikianlah artikel tentang TEKS EKSEMPLUM: Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "TEKS EKSEMPLUM: Pengertian, Struktur Teks, Ciri dan Contoh Teks Eksemplum"