Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Persatuan dan kesatuan bangsa adalah kondisi di mana seluruh warga negara dari suatu negara hidup dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai tujuan bersama. Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan faktor penting dalam pembangunan suatu negara, karena dengan adanya persatuan dan kesatuan, warga negara akan lebih mudah bekerja sama dan bekerja keras untuk mencapai tujuan bersama.

Persatuan dan kesatuan bangsa juga merupakan salah satu prinsip dasar dari Pancasila, yaitu prinsip kebhinekaan yang sejahtera. Prinsip ini menekankan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, agama, dan ras, namun tetap terikat oleh persatuan dan kesatuan.

Untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, diperlukan adanya toleransi, saling menghargai, dan saling memahami antar warga negara. Selain itu, diperlukan pula adanya pemerintahan yang efektif dan adil yang dapat menjadi mediasi bagi kepentingan-kepentingan yang beragam di dalam masyarakat.

Dengan demikian, persatuan dan kesatuan bangsa merupakan faktor penting bagi kemajuan suatu negara, karena dengan adanya persatuan dan kesatuan, warga negara dapat bekerja sama dan membangun negara yang lebih sejahtera.

Bangsa Indoneisa yang kenal dengan keberagamannya mulai dari etnis, suku, agama, budaya, kebiasaan, dan lainnya membuatnya dikenal sebagai negara yang memiliki banyak corak dan termasuk dalam negara majemuk.

Di sisi lain, masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat multikultural, masyarakat yang anggotanya memiliki latar belakang budaya beragam.

Dan dua kata yaitu persatuan dan kesatuan merupakan padanan yang sangat tepat untuk menggambarkan makna yang terkandung dalam keberagaman yang ada di Indonesia. Indonesia tidak hanya sebuah negara yang memiliki aneka suku bangsa, bahasa tapi juga agama. Oleh karena itu isu yang menyangkut SARA (Sosial Agama dan Ras) merupakan hal yang sangat sensitif.

Persatuan dan kesatuan merupakan senjata ampuh bagi bangsa Indonesia baik dalam rangka merebut, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan.

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Pengertian Persatuan dan Kesatuan

Persatuan/kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh atau tidak terpecah-belah. Persatuan/kesatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.”

Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia. Persatuan itu didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat.

Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sudah tampak saat proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yang juga merupakan awal dibentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Indonesia yang diproklamasikan oleh para pendiri negara adalah negara kesatuan. Pasal 1 ayat (1) UUD.

Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan, “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik”. Sila ketiga Pancasila menegaskan kembali bagaimana tekad bangsa Indonesia mewujudkan persatuan.

Namun, apabila hal-hal yang berhubungan dengan arti dan makna persatuan Indonesia dikaji lebih jauh, terdapat beberapa prinsip yang juga harus kita hayati serta kita pahami, lalu kita amalkan.Prinsip-prinsip yang berhubungan dengan arti dan makna persatuan Indonesia yang dimaksud adalah sebagai berikut.


Makna Persatuan dan Kesatuan

Di dalam persatuan dan kesatuan setiap negara khususnya Indonesia, terdapat 3 makna penting di dalamnya.
  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain. 
  2. Menjalin rasa kemanusiaan dan tingginya sikao saling toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan. 
  3. Menjalin rasa persahabatan,kekeluargaan dan sikap saling tolong menolong antar sesama dan bersikap nasionalisme. 

Intinya, makna dari sebuah persatuan dan kesatuan haruslah saling bahu-membahu untuk mempertahankan, merebut dan saling mengisi.


Prinsip Persatuan dan Kesatuan

Jika dikaji lebih jauh, dari arti dan makna persatuan dan kesatuan terdapat beberapa prinsip yang juga harus dihayati agar bisa diamalkan.

a. Prinsip Bhinneka Tunggal Ika

Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri atas berbagai suku, bahasa, agama, dan adat kebiasaan yang majemuk. Hal itu mewajibkan kita bersatu sebagai bangsa Indonesia.


b. Prinsip Nasionalisme Indonesia

Kita mencintai bangsa kita, tetapi bukan berarti kita mengagung-agungkan bangsa kita sendiri. Nasionalisme tidak berarti bahwa kita merasa lebih unggul daripada bangsa lain. Kita tidak ingin memaksakan kehendak kita kepada bangsa lain karena pandangan seperti itu hanya mencelakakan kita. Selain tidak realistis, sikap seperti itu juga bertentangan dengan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab.


c. Prinsip Kebebasan yang Bertanggung jawab

Manusia Indonesia adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memiliki kebebasan dan tanggung jawab tertentu terhadap dirinya, terhadap sesamanya, dan dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa.


d. Prinsip Wawasan Nusantara

Dengan wawasan nusantara itu, kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, serta pertahanan keamanan. Dengan wawasan itu, manusia Indonesia merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.


e. Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-cita Reformasi

Dengan semangat persatuan Indonesia, kita harus dapat mengisi kemerdekaan serta melanjutkan pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur. Persatuan merupakan modal dasar pembangunan nasional.

Cara sederhana untuk membangun Persatuan dan kesatuan yaitu dengan memperbaiki kondisi kemanusiaan setiap harinya. Semangat untuk senantiasa memperbaiki kualitas diri ini amat sejalan dengan perlunya menyiapkan diri menghadapi tantangan masa depan yang kian kompetitif dan termasuk dalam salah satu cara untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan.

Demikianlah artikel tentang Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih 

Post a Comment for "Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa"