Cara Budidaya Buah Manggis Agar Cepat Berbuah

Buah manggis ialah salah satu buah yang saat ini digemari oleh masyarakat, buah manggis selain mempunyai rasa yang sangat enak ternyata dipercaya juga banyak mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Bahkan pada saat ini banyak riset yang sudah membuktikan manfaat dari kulit buah manggis, beberapa manfaat dari buah manggis adalah dapat Mencegah kanker, Mengontrol tekanan darah, Mencegah Infeksi, kaya akan antioksidan dan masih banyak manaat lainya.

Untuk membudidayakan buah manggis bisa dilakukan melalui biji dan juga bias melalui sambung pucuk. Beberapa pendapat menjelaskan bahwa menanam buah manggis dari biji akan tetap menghasilkan buah yang sama dengan induknya, akan tetapi pohon buah manggis akan lama menghasilkan buah. 

Pohon manggis akan berbuah pertama pada umur minimal 10 tahun dari saat penanaman jika dibudidayakan menggunakan biji. Untuk menghasilkan pohon buah manggis yang cepat berbuah bisa dilakukan dengan cara sambung pucuk, kali ini kami akan membahas beberapa langkah menanam pohon buah manggis yang benar agar cepat berbuah:

Cara Budidaya Buah Manggis Agar Cepat Berbuah

1. Menyiapkan Bibit Manggis

Untuk menyiapkan bibit buah manggis dengan cara sambung pucuk tidak jauh berbeda dengan cara budidaya pohon buah srikaya dan juga cara menanam buah durian. Untuk melakukan sambung pucuk Sahabat Pustaka Ilmu harus menyemai biji buah manggis terlebih dahulu di sebuah polybag, setelah biji buah manggis tumbuh dan mempunyai diameter batang sekitar 1 cm, kemudian Sahabat Pustaka Ilmu harus mengambil pucuk dari pohon buah manggis yang sudah terbukti berbuah. Usahakan ukuran pucuk dari pohon buah manggis yang sudah berbuah sama dengan diameter bibit semain yang akan dijadikan pohon bawah.

Kemudian selanjutnya lakukan pemotongan pada batang bibit semaian dengan potongan yang rata, kemudian pada bagian tengahnya dibelah sehingga membentuk huruf V. Setelah dibelah, sayat pucuk pohon buah manggis yang sudah berbuah membentuk huruf V juga sehingga bisa disatukan ke batang bawah. 

Masukkan pucuk pohon buah manggis dari bantang yang sudah berbuah tadi ke dalam sayatan batang bawah, selanjutnya ikatlah menggunakan tali hingga kuat namun jangan sampai menyebabkan bibit patah. 

Setelah diikat jangan lupa untuk memotong daun-daun dari pucuk yang sudah disambung. Lalu tutup sambungan menggunakan plastik yang transparan. Taruhlah bibit tadi di area yang teduh, dan jangan lupa lakukan penyiraman pada pagi hari dan sore hari. Plastik transparan yang tadi digunakan bisa dibuka bila bibit sudah mulai mengeluarkan tunas daun.


Jika Sahabat Pustaka Ilmutidak mau repot, Sahabat Pustaka Ilmudapat membeli bibit pohon buah manggis dari kios-kios yang menjual tanaman dan bibit tanaman. Pilihlah bibit pohon buah manggis yang ada bekas sayatannya untuk memastikan bahwa bibit benar-benar dari hasil sambung pucuk.


2. Menyiapkan Lubang Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 cm X 60 cm dengan kedalaman 50 cm, isi lubang tanam yang telah kita buat dengan menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang hingga 2/3 bagian lubang terisi. Jika Sahabat Pustaka Ilmu ingin membudidayakan buah manggis dalam sekala besar, maka buatlah lubang yang sama dengan jarak antar lubang sekitar 10 m setelah hal tersebut dilakukan biarkan lubang tanam selama 30 hari sebelum ditanami untuk memastikan bahwa pupuk kandang telah menyerap dengan baik.


3. Menanam Bibit Buah Manggis

Setelah bibit buah manggis hasil sambung pucuk tadi telah mempunyai daun yang banyak dan memunyai tinggi batang sekitar 70 cm, maka pindahkan bibit pohon buah mangis ke lubang tanam yang telah di sediakan. Bukalah polybag semaian dengan cara merobek secara perlahan dan hati-hati, kemudian masukkan bibit buah manggis ke lubang tanam. Tutuplah lubang dengan menggunakan tanah yang ada disekitar lubang kemudian padatkan lubang tersebut.


4. Melakukan Perawatan Pohon Manggis

Perawatan yang perlu dilakukan ialah menyulam bibit buah manggis yang mungkin tidak tumbuh pada saat ditanam dan bersihankan lahan tanam pohon buah manggis. Pemupukan dilakukan kembali setelah tanaman berumur hingga 6 bulan setelah dari masa tanam dan usahakan untuk terus melakukan pemupukan minimal 1 tahun sekali dengan menggunakan pupuk kandang.

Demikianlah artikel tentang Cara Budidaya Buah Manggis Agar Cepat Berbuah, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Cara Budidaya Buah Manggis Agar Cepat Berbuah"