Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Buah durian merupakan salah satu buah yang mempunyai aroma bau yang sangat tajam. Dalam pemeliharaan tanaman durina ini tergolong cukup mudah, tanaman durian ini membutuhkan proses waktu untuk menghasilkan buah yang lebat.

Akan tetapi ada beberapa cara rahasia untuk membuat tanaman durian ini cepat berbuah dengan lebat. Begitu banyak jenis-jenis buah durian di Indonesia yang sering dijumpai para penggemar durian. Rasa yang enak dan aroma yang khas ini menjadikan durian memiliki dayatarik tersendiri.

Buah durian di Indonesia cukup memiliki pasaran yang baik. Hal tersebut merupakan sebuah peluang yang besar untuk Sahabat Inspirasi Berkebun untuk membuat usaha budidaya tanaman durian. Buah durian montong mempunyai rasa yang sangat enak dan mempunyai daging yang cukup tebal dibandingkan dengan jenis durian lainnya.

Cara agar durian Sahabat Inspirasi Berkebun berbuah lebat ada beberapa hal yang harus di ketahui. Mulai dari proses penanaman, proses perawatan hingga sampai proses pemanenan. Pembesaran buah yang kita targetkan adalah pembesaran buah agar berbuah.

Perawatan yang rutin dan kontrol hama serta penyakit harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk jenis durian montong juga ada beberapa jenis, walaupun Sahabat Inspirasi Berkebun mempunyai bibit tanaman durian yang bagus akan tetapi pemeliharaan yang jelek maka hanyak akan mejadi percuma saja, buah durian yang dihasilkan akan menurun.

Pada tulisan kali ini kami akan berbagi bagaimana Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah, langsung saja simak pemaparan kami dibawah ini agar lebih jelas.


Pemilihan Bibit

Dalam budidaya apapun kita tidak lepas dengan pembibitan termasuk dalam budidaya durian Sahabat Inspirasi berkebun harus mempunyai kemampuan untuk memilih bibit yang berkualitas tinggi. Ada dua cara untuk mencari jenis durian yang unggul dan bagus, Sahabat Inspirasi dapat membuatnya atau membelinya.


Membuat benih

Membuat benih dapat dilakukan dengan cara mencangkok tanaman durian, pilihlah tanaman durian yang berproduksi bagus. Sahabat Inspirasi Berkebun juga dapat membibitkan tanaman durian mulai dari biji, akan tetapi jika Sahabat Inspirasi Berkebun menanam dari biji ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun memulai menanam tanaman durian dari biji mungkin berbeda sifat dengan induk sebelumnya, jadi harus ekstra membuat pembibitan secara benar supaya kualitas yang dihasilkan tanaman durian akan bagus.


Membeli bibit durian

Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun tidak ingin ribet dan repot, mungkin pilihan untuk membeli bibit durian cocok untuk Sahabat Inspirasi Berkebun. Membeli bibit tanaman durian pada toko pertanian atau Sahabat Inspirasi Berkebun bisa langsung membeli ke penjual bibit. Tentunya disana akan tersedia beberapa jenis varietas durian montong yang secara masal di bibitkan oleh mereka. Biasanya bibit yang Sahabat Inspirasi Berkebun akan beli mempunyai sartifikat yang telah teruji produksinya.


Media Tanam

Media tanam yang baik akan mendukung tanaman durian montong Sahabat Inspirasi Berkebun tumbuh secara sehat. Seharusnya Sahabat Inspirasi Berkebun memberikan unsur hara yang cukup dan media tanam yang di inginkan oleh tanaman durian. Cek dan perhatikan dari sekarang mulai dari tanah, pengairan, basa tanah, pH asam hingga pada saat panen.


Membersihkan Lahan

Bersihkan bebatuan dan gulma atau rumput yang akan Sahabat Inspirasi Berkebun jadikan lubang tanam. Tanaman durian yang akan kita tanam ini masih cukup kecil, jangan biarkan tanaman durian ini bersaing dengan tanaman lain yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman durian montong Sahabat Inspirasi Berkebun.


Membuat Bedengan

Buatlah bedengan dengan ukuran kira-kira sekitar 30 cm, Sahabat Inspirasi Berkebun dapat menggunakan cangkul untuk membuat bedengan, buat tanah yang akan ditanam tanaman durian menjadi gembur.

Campurkan tanah yang sudah gembur dengan pupuk kompos dengan dosis pupuk sebanyak 5 kg, pupuk kandang dengan dosis pupuk sebanyak 5 kg dan lebih bagus lagi apabila ditambahkan pasir atau sekam padi kedalam campuran media. Ukuran bedengan yang cocok untuk tanaman durian biasanya adalah dengan lebar 1 meter dan panjang 2 meter. Campuran media tanam harus didiamkan terlebih dahulu selama 5 hari hingga 7 hari untuk dapat digunakan.


Jarak Antar Tanaman

Jarak antar tanaman durian yang bagus ialah antara 12 meter hingga 19 meter. Luas lahan yang digunakan sangat berguna sekali pada saat tanaman sudah besar apalagi pada saat tanaman durian telah mulai berbunga dan berbuah.


Menanam yang Benar

Kami anggap Sahabat Inspirasi Berkebun telah mempunyai bibit dan siap untuk ditanam. Biasanya bibit tanaman durian yang telah siap untuk ditanam mempunyai ukuran tinggi sekitar 75 cm hingga 160 cm.

Hati-hati ketika Sahabat Inspirasi Berkebun menanam durian, karena bisa merusak tanaman tersebut. Apabila tanaman dalam polybag maka sobek terlebih dahulu dengan menggunakan pisau dan jangan sampai melukai perakaran dari tanaman tersebut, biarkan tanah yang menempel dalam perakaran, tanah yang menempel di perakaran tersebut berfungsi untuk membantu adaptasi bibit durian pada lingkungan barunya.

Penanaman tanaman durian yang di perlukan dengan mengubur hingga batas leher batang. Tutup bagian atas bedengan dengan jerami dan selanjutnya di sirami. Tidak hanya sampai disitu saja, Sahabat Inspirasi Berkebun juga harus membuat naungan supaya tanaman durian Sahabat Inspirasi Berkebun tidak kering dan tidak mati, pastikan kelembaban yang sesuai dengan media.

Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah

Pemeliharaan Pohon Durian Montong

Dalam tahapan baru ini mungkin tanaman kita sedikit manja dan membutuhkan sedikit perhatian. Perlakuan yang harus diberikan adalah harus melakukan penyiangan secara perkala. Penyiangan bisa mencegah persaingan yang bisa menghambat tanaman durian.


Pemupukan

Pemupukan pada tanaman durian dapat dibuatkan dengan solokan. Buatlah solokan yang ditujukan pada proses pemupukan, solokan yang telah jadi kemudian teburkan pupuk kedalam solokan tersebut. Solokan sebaiknya dibuat secara melingkar dan mengelilingi tanaman durian jadi pupuk mudah ditemukan oleh akar-akar durian.

Pada tahapan pertama tidak perlu diberikan pupuk non-organik, jika umur tanaman durian telah berumur 3 bulan baru berikan pupuk pupuk NPK sebanyak 200 gram untuk setiap tanaman.

Pada tahapan selanjutnya berikan pupuk setengah tahun sekali dengan dosis yang lebih besar, karena kebutuhan tanaman durian saat ini lebih suka makan. kami sarankan gunakan pupuk organik dalam hal pemupukan.


Penyiraman

Penyiraman pada tanaman durian yang baru di tanam dan dirasa masih kecil, lebih baik berikan penyiraman pada pagi hari atau sore hari. Akan tetapi apabila tanaman durian telah besar mungkin sedikit tidak merepotkan, karena tanaman durian bisa mencari air sendiri. Lihat kondisi kelembaban tanah, apabila masih lembab maka penyiraman tidak perlu dilakukan.

Demikianlah artikel tentang Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Cara Menanam Durian Montong Agar Cepat Berbuah"