Pentingnya Pendidikan Untuk Pembentukan Karakter Generasi Muda Bangsa

Pendidikan adalah suatu kebutuhan dalam membangun karakter bangsa. Seiring perkembangan zaman pendidikan memegang peranan yg sangat fundamental buat menaikkan mutu kehidupan & martabat insan.

Diera globalisasi pendidikan terus berkembang seiring kebutuhan warga yg dinamis oleh sebab itu berbagai penemuan pada menaikkan kualitas pendidikan terus bermunculan, aneka macam upaya dilakukan buat lebih menyempurnakan sistem pendidikan yang sudah terdapat, hal ini terjadi karena pendidikan sebagai suatu keharusan pada suatu bangsa agar sanggup berkompetisi menggunakan warga global.

Pendidikan bukan sekedar formalitas, melainkan sebuah instrumen pada menciptakan karakter suatu generasi serta dibutuhkan menjadi wadah yang mampu melahirkan individu yg berkompeten.

Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa & berbagi manusia indonesia yang seutuhnya, yaitu insan yang beriman & bertaqwa pada dewa yang maha Esa & berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani & rohani, kepribadian yg mantap dan mandiri dan rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan (Pasal 4 UU No. 23 tahun 2003).

Pentingnya Pendidikan Untuk Pembentukan Karakter Generasi Muda Bangsa

Sejalan dengan pasal Pasal 4 UU No. 23 tahun 2003 maka berdasarkan itu dibutuhkan peranan seluruh pihak terkait dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional serta upaya yg sunguh-benar-benar pada memaksilmalkan aneka macam elemen yg berperan dalam memajukan pendidikan.

Salah satu elemen pendidikan yang memiliki peran sangat subtansial pada membentuk karakter suatu bangsa merupakan sekolah khususnya sekolah dasar. Sekolah dasar merupakan loka dimana peserta didik belajar aneka macam hal baik itu dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Sekolah dasar pula menjadi tempat dimana siswa pada proses tumbuh & berkembang. Sekolah dasar memegang peranan subtansial pada proses pembentukan karakter siswa sang sebab itu manajemen sekolah yang baik sebagai keliru satu syarat absolut tercapainya tujuan pendidikan.

Dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, sekolah diperlukan mampu memaksimalkan segala komponen yang bisa mewujudkan hal tadi. Selain aktivitas kurikuler yg dibutuhkan sanggup mempersiapkan siswa menjadi langsung yang kompeten, komponen lain pula diharapkan dapat memberi kontribusi . Salah satu kompenen yg memiliki efek relatif signifikan pada membangun karakter siswa merupakan aktivitas ekstrakurikuler.

Demikianlah artikel tentang Pentingnya Pendidikan Untuk Pembentukan Karakter Generasi Muda Bangsa, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Pentingnya Pendidikan Untuk Pembentukan Karakter Generasi Muda Bangsa"