6 Metode Menanam Strawberry dari Biji

Menanam strawberry dari biji adalah salah satu cara untuk memulai tanaman strawberry di rumah Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:
  • Persiapkan tanah: Strawberry dapat ditanam di pot atau di lahan yang terpapar sinar matahari langsung selama setidaknya 6 jam sehari. Tanah yang tepat untuk strawberry adalah tanah yang lembab, bergizi, dan drainase yang baik.
  • Persiapkan biji strawberry: Biji strawberry dapat dibeli di toko kelontong atau di toko kelontong online. Pastikan untuk memilih biji strawberry yang segar dan tidak kadaluarsa.
  • Menyiapkan media tanam: Campurkan biji strawberry dengan media tanam yang lembab, seperti tanah khusus untuk tanaman hias atau campuran potting yang terdiri dari pasir, tanah, dan kompos.
  • Menyiapkan pot atau lahan: Tuangkan media tanam yang sudah dicampur dengan biji strawberry ke dalam pot atau lahan yang telah disiapkan. Pastikan untuk memberi jarak antar biji strawberry sekitar 2 cm.
  • Penyiraman: Siram tanaman strawberry setiap hari hingga tanah tetap lembab. Namun, hindari terlalu banyak menyiram agar biji tidak terlalu basah dan tidak terjadi kelembaban yang berlebihan.
  • Tanam di luar: Setelah biji strawberry tumbuh menjadi tanaman yang kuat dan memiliki daun yang lebat, Anda dapat menanamnya di luar dengan memberi jarak antar tanaman sekitar 30 cm. Pastikan untuk terus memberi makan dan menyiram tanaman strawberry secara teratur.

Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, Anda dapat menanam strawberry dari biji dengan sukses. Namun, pastikan untuk selalu memantau pertumbuhan dan kondisi tanaman strawberry agar tetap sehat dan produktif.

Sekarang ini siapa yang tak tahu buah yang strawberry? Buah yang berasal dari keluarga beri-berian yang sudah populer di semua jagad dunia. Buah strawberry mempunyai biji yang menempel terhadap kulit luar, buah strawberry ini kerap kali dijadikan cemilan, campuran aneka makanan dapat juga diolah menjadi juice segar yang kaya akan vitamin dan sebagai bahan basis kosmetik.

Dalam buah strawberry mengandung banyak senyawa fenolik, dimana senyawa fenolik berfungsi sebagai antioksidan (Sumber : Gunawan, 2000). Nah Sahabat Inspirasi Berkebun mengenali bukan apakah fungsin antioksidan bagi badan kita?

Selain mengandung antioksidan buah strawberry juga mendandung banyak vitamin serta mineral layaknya Magnesium, Potasium, Kalsium, Zat Besi, Phosfor serta Vitamin A, C, E, K dimana layaknya yang Sahabat Inspirasi Berkebun ketahui Vitamin C ini berlakonamat serius dalam kurangi risiko kanker gastrointestinal tract.

Buah strawberry dapat tumbuh baik terhadap area yang mempunyai suhu sejuk layaknya di area pegunungan dengan karakteristik tanah yang berbagai dari tanah yang berpasir hingga tanah berlempung.

Pada lazimnya buat menambah tanaman strawberry dengan metode memotong batang ranner atau stolon serta setelah itumenanamnya. Akan tapi bisa juga menanam tanaman strawberry memakaikan biji-bijinya yang menempel terhadap kulit luar buah strawberry, atau bisa juga Sahabat Inspirasi Berkebun membeli bibit biji strawberry di toko pertanian.

Pada Tulisan kali ini kami akan membahas serta berbagi pembelajaran menanam buah strawberry dari bijinya. buat menanam Tanaman strawberry dari bijinya butuh mempersiapak sebagian persiapan. Langsung saja ini dia metode menanam Strawberry dari biji.

Alat serta bahan yang di Perlukan :
  • Biji strawberry 
  • Tanam kompos 
  • Toples plastik 
  • Plastik putih 
  • Air 

Langkah-Langkah Menanam Strawberry dari Biji :

1. masukan tanah kompos kedalam toples, butuh diperhatikan toples tak butuh di lubangi

2. tebarkan biji strawberry ke toples yang sudah di isi oleh tanah kompos tadi

3. selanjutnya siram tanaman, terhadap saat menyiram jangan terlampau banyak air yang terpenting area atas tanah basah, saran dari kami lebih baik gunakan sprayer.

siram tanama

4. bungkus toples menggunakan plastik putih untuk menjaga kelembaban pada tanah.

bungkus toples

5. lihatlah tanaman setiap pagi, apabila telah mulai berkecambah lepas plastik putih pembungkus tadi dan letakan tenaman ditempat yang terang. Biasanya dengan waktu kurang lebih satu minggu baru mulai berkecambah, hal tersebut kemungkinan karena pada saat uji coba tinggal pada dataran yang rendah dan suhunya terbilang panas.

lihatlah tanaman setiap pagi

6. apabila telah cukup besar, baru tanaman di pindah pada tempat yang lebih besar, misalnya di polybag atau pot.

tanaman di pindah pada tempat yang lebih besar

Demikianlah artikel tentang 6 Metode Menanam Strawberry dari Biji, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "6 Metode Menanam Strawberry dari Biji"