5 Tips Menanam Semangka Dalam Pot dan Polybag

Menanam semangka dalam pot atau polybag adalah salah satu cara yang dapat dilakukan jika Anda memiliki terbatasnya ruang atau tidak memiliki lahan yang luas untuk menanam semangka. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menanam semangka dalam pot atau polybag:
  • Pilih pot atau polybag yang sesuai dengan ukuran tanaman semangka yang akan ditanam. Pastikan pot atau polybag memiliki lubang drainase di bagian bawahnya untuk mengeluarkan air yang berlebih.
  • Sediakan media tanam yang sesuai untuk semangka. Anda dapat menggunakan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang yang telah dicairkan dengan air.
  • Letakkan pot atau polybag pada tempat yang terpapar cahaya matahari langsung selama setidaknya 6 jam per hari.
  • Tanam biji semangka pada media tanam yang telah disiapkan. Pastikan untuk menyiram media tanam secara teratur agar tidak kering.
  • Tambahkan pupuk secara teratur sesuai dengan kebutuhan tanaman. Anda dapat menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik lainnya.
  • Tunggu hingga tanaman semangka tumbuh dan berbunga. Setelah tanaman semangka mulai berbunga, pastikan untuk memberikan pakan tambahan seperti pupuk fosfor dan kalium untuk membantu pertumbuhan buah semangka.
  • Rawat tanaman semangka secara teratur dengan menyiram, membersihkan daun yang kotor, dan membasmi hama atau penyakit yang muncul.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat berhasil menanam semangka dalam pot atau polybag dengan baik. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan tanaman dan memberikan perawatan yang tepat agar tanaman semangka dapat tumbuh dengan sehat dan produktif.

Ternyata menanam semangka tidak mesti selalu membutuhkan lahan yang luas, tanaman semangka juga dapat ditanam dalam pot atau polybag. Selain mudah menanam semangka dalam pot juga bisa digunakan sebagai hiasan di rumah.

Kali ini kami akan membahas 5 Tips Menanam Semangka Dalam Pot dan Polybag.

1. Pemilihan Bibit

Hal yang pertama harus dilakukan untuk menanam semangka dalam pot atau polybag ialah menyiapkan bibit dan memilih bibit. Kita bisa mendapatkan bibit semangka yang berkualitas dan memiliki produktivitas tinggi.

Ciri bibit semangka dengan kualitas terbaik adalah dengan melihat bahwa biji sehat, biji mengkilap, memiliki warna hitam atau berwarna kecokelatan dan tidak terserang oleh hama.

Kita bisa memperoleh kualitas bibit tersebut di toko pertanian, setelah mendapatkan bibit semangka langsung lakukan perendaman dengan fungisida selama 24 jam, hal ini bertujuan agar tidak mudah terserang oleh hama dan penyakit.

5 Tips Menanam Semangka Dalam Pot dan Polybag

2. Media Tanam

Cara pengolahan media tanam untuk penanaman benih semangka:
  • Cari tanah yang mempunyai kandungan organik tinggi, subur dan tanah gembur 
  • Kemudian kita dapat menambahkan pupuk organik (pupuk kandang) atau kompos pada tanah yang akan kita gunakan sebagai media tanam semangka dalam pot atau polybag, aduk semua sampai tercampur secara rata 
  • Setelah tercampur semua diamkan beberapa minggu sebelum masa tanam. 
  • Setelah media sudah siap masukan media kedalam Pot atau polybag hingga penuh dan lakukan penyiraman. 

3. Penanaman Tanaman

Penanaman bibit semangka dilakukan dengan cara membuat lubang tanam dengan ukuran 2 centimeter hingga 3 centimeter, kemudian masukan 2 bibit hingga 3 bibit semangka, timbun tipis bibit dengan tanah kemudian siram dengan air hingga lembab.


4. Pemeliharaan Tanaman

Perawatan dan Pemeliharaan tanaman semangka dalam pot atau polybag. Perawatan dan Pemeliharaan meliputi: penyiangan, penyulaman, pemupukan, penyiraman dan pengendalian dari hama dan penyakit. Penyulaman di lakukan sekitar satu minggu setelah dari masa tanam menggantikan tanaman yang telah mati dengan bibit yang baru.

Baca Juga : 4 Manfaat Baik Buah Semangka untuk Kesehatan dan Kecantikan

Penyiangan pada semangka di lakukan dengan membersihkan gulma atau tanaman liar yang berada pada sekitar tanaman semangka. Penyiraman di lakukan 2 kali dalam satu hari bisa dilakukan pada siang hari dan sore hari, dan jangan sampai terlalu berlebihan dalam penyiraman. Pemupukan dilakukan dengan memberikan pupuk organik (pupuk kandang), pupuk anorganik (Urea, TSP) dan lainnya sesuai dengan takaran yang diperlukan. Sedangkan untuk pengendalian hama dan penyakit harus di lakukan sanitasi dan juga penyemprotan insektisida dan fungisida bila telah mengetahui gejala serangan.


5. Pemanenan Semangka

Tanaman semangka dapat di panen ketika telah memasuki umur 2 bulan hingga 3 bulan.

Ciri buah semangka yang telah tua dan siap untuk dipanen antara lain: buah semangka sudah membesar, warna semangka yang mengkilap, tangai batang semangka telah menguning atau telah kering. Pemanen semangka dilakukan dengan cara memetik semangka secara langsung atau memotong tangkai batang semangka.

Demikianlah artikel tentang 5 Tips Menanam Semangka Dalam Pot dan Polybag, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "5 Tips Menanam Semangka Dalam Pot dan Polybag"