5 Tips Merawat Kuku Agar Sehat dan Cantik dengan Bahan Alami

Kuku adalah bagian dari tubuh manusia yang terletak di ujung jari tangan dan jari kaki. Kuku berfungsi untuk melindungi ujung jari dari kerusakan dan menambah ketahanan saat menggunakan tangan atau kaki. Kuku juga merupakan bagian yang penting dalam proses estetika, sehingga banyak orang yang merawat kuku agar terlihat sehat dan cantik.

Kuku terdiri dari lapisan-lapisan keratin yang tersusun dengan rapat, dimana lapisan terluar merupakan lapisan keratin yang telah matang dan kering. Pada bagian bawah kuku terdapat sel-sel yang terus memproduksi keratin baru yang akan menggantikan lapisan keratin yang telah lama. Proses ini terus berlangsung sepanjang hidup, sehingga kuku terus tumbuh dan mengalami pergantian secara berkala.

Untuk menjaga kesehatan kuku, sebaiknya gunakan kuku cutter yang tajam untuk memotong kuku, jangan terlalu sering menggunakan cat kuku yang mengandung bahan kimia berbahaya, dan selalu gunakan hand sanitizer setelah menyentuh benda-benda yang terkontaminasi. Jika terdapat masalah pada kuku, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter bedah untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah, daripada Anda harus mengeluarkan biayan yang mahal dan banyak untuk melaksanakan perawatan kuku di salon lebih baik kita melaksanakan perawatan sendiri dirumah dengan menggunakan bahan-bahan alami rumahan yang tentunya sangat murah meriah sehingga siapapun bisa melakukannya. Penasaran materi alami apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk membuat kuku terlihat bersih dan sehat ? yuk kita simak saja silahkan simak goresan pena dibawah ini.

5 Tips Merawat Kuku Agar Sehat dan Cantik dengan Bahan Alami


1. Garam

Bahan rumahan pertama yang bisa kita manfaatkan yaitu garam. Semua pasti sudah mengetahui bahwa garam ini biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap kuliner dan memberi rasa pada makanan. Nah, ternyata selain itu garam juga bisa kita manfaatkan untuk merawat kuku biar kuku kita tetap sehat dan bebas dari kuman.

Caranya sangat mudah yaitu Anda siapkan saja air didalam mangkok lalu tambahkan garam secukupnya, lalu setelah itu rendam tangan dan kaki Anda pada air garam tersebut. Diamkan selama 15 menit, lalu kemudian gres bilas kaki dan tangan Anda dengan menggunakan air hangat. Air garam ini bisa menghilangkan kuman dan kuman-kuman yang ada pada kuku tangan dan kaki Anda.


2. Jeruk Nipis

Apabila Anda sudah melaksanakan hal diatas maka jangan senang dulu sebab perawatan selanjutnya yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya juga sangat mudah dan simpel sama dengan cara diatas yaitu peras jeruk nipis dan ambil airnya, setelah itu campurkan air perasaan jeruk nipis itu dengan air hangat secukupnya.

Rendam kuku tangan dan kaki Anda pada campuran air hangat dan perasan jeruk nipis tadi selama 15 menit, setelah itu gres keringkan dengan handuk. Seperti yang kita ketahui bahwa jeruk nipis ini mengandung astrigen yang bermanfaat untuk menghilangkan warna kusam pada kuku.


3. Belimbing Wuluh

Kemudian selanjutnya yaitu dengan menggunakan belimbing wuluh. Mungkin Anda sudah tahu bahwa belimbing wuluh memiliki rasa asam yang bisa membuat siapa saja mencicipi sensasi yang berbeda ketika mengkonsumsinya. Selain itu, belimbing wuluh juga terkadang bisa dijadikan sebagai sayuran dan dimasak.

Nah, untuk membuat kuku kaki dan tangan menjadi sehat maka Anda bisa menggosokan kuku pada episode daging belimbing wuluh dan kemudian setelah menggosokan kuku pda belimbing maka diamkan saja selama 10 menit. Kandungan vitamin dan asam amino pada belimbing wuluh ini akan membuat kuku lebih cerah dan bersih.


4. Minyak Zaitun

Setelah semua perawatan diatas Anda lakukan maka saatnya untuk memperhatikan kulit disekitar kuku Anda biar membuat kuku Anda terlihat semakin indah dan sehat. Untuk menghaluskan kulit sekitar kuku tangan dan kaki maka Anda bisa menggunakan minyak zaitun. Oleskan saja minyak zaitun pada kulit di sekitar kuku tangan dan kaki Anda. Hal ini akan membuat kulit Anda menjadi lembab dan bebas kusam.


5. Susu

Susu merupakan minuman yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan badan sehingga maka dari itu tidak heran apabila para pakar kesehatan menganjurkan kita untuk mengkonsumsi susu setiap hari.

Tahukah Anda ? ternyata kandungan didalam susu tidak hanya baik untuk badan saja tetapi juga kuku kita. Kandungan vitamin B2, vitamin A dan zat besi didalam susu bisa membantu menguatkan kuku kita. So, selain melaksanakan perawatan dari luar kita juga harus membantu perawatan dari dalam yaitu salah satunya dengan cara rajin mengkonsumsi susu setiap hari.

Demikianlah artikel tentang 5 Tips Merawat Kuku Agar Sehat dan Cantik dengan Bahan Alami, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "5 Tips Merawat Kuku Agar Sehat dan Cantik dengan Bahan Alami"