Tips Menanam Sawi dengan cara Organik

Sawi organik ialah salah satu sayuran yang sangat cocok untuk dikembangkan di Negara Indonesia sebagai bisnis sayuran sawit organik. Sawi ialah salah satu tanaman sayur-sayuran yang cukup mudah dikembangkan. Hal ini membuat banyak kalangan yang menyenangi dan memanfaatkan sayuran sawi organik yang juga disebut caisim ini.

Di lihat dari beberapa aspek seperti aspek ekonomis, aspek klimatologis, aspek social dan aspek teknik. Sawi memiliki kelayakan untuk dijadikan usaha di Negara Indonesia. Orang asing menyebut sawi ini dengan sebutan mustard. Dalam perdagangan Internasional perdagangan sawi disebut dengan sebutan Indian mustard, Chinese mustard, Sarepta mustard atau green mustard.

Wilayah ketinggian penanaman sawi ialah mulai dari ketinggian 5 meter sampai 1.200 meter dpl. Namun pada umumnya atau idealnya, tanaman caisim dibudidayakan di wilayah yang mempunyai ketinggian 100 meter sampai 500 meter dpl. Tanaman sawi ialah salah satu tanaman yang tahan terhadap air hujan sehingga dapat ditanam sepanjang tahun. Hanya saja pada saat kemarau harus disiram secara teratur. Tanaman sawi juga merupakan tanaman yang dalam pertumbuhan tanaman sawi memerlukan udara yang sejuk.

Tips Menanam Sawi dengan cara Organik

Tanaman sawi akan lebih cepat tumbuh jika ditanam didalam kondisi yang lembap. Tanaman sawi ini cocok apabila ditanam di akhir musim penghujan karena tanaman sawi ialah tanaman yang tidak suka terhadap air yang menggenang. Tanaman sawi tidak menyukai air yang menggenang karena dalam waktu singkat tanaman sawi akan membusuk.

Tanaman sawi cocok ditanam di tanah yang tidak padat, humus yang besar jumlahnya, mengandung zat hara, memiliki sirkulasi air yang baik dan subur. Tingkat keasaman (pH) tanah yang optimal untuk pertumbuhan tanaman sawi ialah kira-kira diantara pH 6 sampai pH 7.

Tanam sawi bisa ditanam dengan cara tumpang sari dengan tanaman kangkung, tanaman bayam, tanaman bawang daun atau tanaman wortel. Di samping itu, tanaman sawi bisa juga ditanam dengan cara monokultur. Tanaman sawi mempunyai beberapa manfaat yaitu menyembuhkan sakit kepala, melancarkan pencernaan, memperbaiki fungsi ginjal, membersihkan darah, menghilangkan tenggorokan yang gatal pada orang yang sedang batuk.

Demikianlah artikel tentang Tips Menanam Sawi dengan cara Organik, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Tips Menanam Sawi dengan cara Organik"