Tips Agar Tanaman Duku Cepat Berbuah

Buah duku ialah salah satu dari sekian banyak buah yang berasal dari Negara Indonesia. Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki pohon duku yang tersebar secara merata. adanya 3 jenis duku yang paling banyak ditanam oleh masyarakat di Indonesia, yaitu duku jenis duku komering, duku condet serta duku metesih.

Selain rasanya yang nikmat serta segar, buah duku juga bisa dipakai buat mengobati beragam macam penyakit. Kulit serta biji buah duku dipakai sebagai obat demam serta diare, sementara area kulit kayunya bisa dipakai buat menyembuhkan disentri. terhadap tulisan ini kami akan beragam tentang metoda budidaya duku supaya laju berbuah dengan lebat,

Tips Agar Tanaman Duku Cepat Berbuah

Berikut Ini Tips Agar Tanaman Duku Cepat Berbuah :

Pembibitan

Sebelum membudidayakan tanaman buah duku, pertama-tama Sahabat Inspirasi Berkebun sesegera mungkin melaksanakanpembibitan. Dalam budidaya tanaman buah duku, yang sesegera mungkin di perhatikan adalah nilai mutu bibit. Pastikan jikalaubibit yang ditanam memiliki nilai mutu bagus layaknya bebas dari penyakit, laju tumbuh serta bersifat genjah.

Budidaya tanaman buah duku bisa dilaksanakan secara vegetatif melewati stek atau cangkok serta jika secara generatif melewatibiji. Penanaman tanaman buah duku yang dilaksanakan kini lebih banyak dilaksanakan dari result bibit secara generatif. terhadapkebiasaannya biji buah duku jatuh serta tumbuh sendiri di bawah pohon yang sudah dewasa. status keberhasilan peningkatansecara generatif lebih memilih lebih besar dari terhadap secara vegetatif meskipun dengan masa yang lebih lama. terhadaptumbuhan result dari bibit secara vegetatif kebiasaannya lebih gampang mati.


Pengolahan lahan

Teknik budidaya tanaman buah duku dilaksanakan dengan pengolahan lahan yang baik. Tanaman buah duku akan tumbuh secara maksimal bila ditanam terhadap lahan dengan status pH tanah antara 6 hingga 7. bila keadaan pH tanah tak sesuai dengan persyaratan tumbuh tanaman buah duku, tanah butuh dilaksanakan sistem pengapuran buat menyesuaikan pH yang sesuai. sistemtersebut dapat dilaksanakan dengan metode penyiraman di sekitar daerah lahan yang akan kita gunakan. Lahan juga sesegera mungkin memiliki bahan organik serta drainase tanah yang baik. Persiapan lahan sesegera mungkin dilaksanakan terhadapmusim kering, sementara penanaman tanaman buah duku dilaksanakan terhadap musim hujan.


Teknik budidaya

Jarak tanam buat masing-masing bibit tanaman buah duku bervariasi mulai dari jarak 7 m × 8 m, 8 m × 9 m, 9 m × 9 m, serta 9 m × 10 m. Pastikan masing-masing bibit tanaman duku memiliki jarak yang cukup luas agar tak menyulitkan peningkatan tanaman buah duku di setelah itu hari. Selanjutnya yang sesegera mungkin dilaksanakan adalah bikin lubang tanam. laksanakanpelubangan sekitar 1 bulan hingga 2 bulan sebelum bibit tanaman duku mulai ditanam. 

Ukuran lubang yang direkomendasikanbuat bibit duku adalah 0,8 meter × 0,8 meter × 0,7 meter. bila tanaman buah duku yang ditanam berasal dari benih biji, lubang tanam dibuat lebih dalam. sedangkan itu, bila bibit duku berasal dari cangkok atau stek, lubang dibuat lebih luas serta lebar. metode menanam bibit tanaman duku yang baik ialah dilaksanakan terhadap saat keadaan tanah sedang basah.


Pemeliharaan tanaman

Ada empat level dalam memelihara tanaman buah duku, adanya penyulaman, adanya penyiangan, adanya pengairan serta adanyapemupukan. Penyulaman adalah perawatan tanaman pokok dengan mengubah tanaman yang meninggal atau rusak dengan tanaman yang baru. Sementara, penyiangan dilaksanakan dengan metode membersihkan tanaman dari pengganggu yang takdikehendaki.


Panen

Cara panen tanaman buah duku dilaksanakan dengan metode memotong tandan buah memakaikan gunting pangkas atau pisau. Usahakan sistem pemotongan tandan buah jangan sampai melukai area batang tempat menempelnya gagang tandan. 

Perihal ini pasal area tersebut adalah area timbulnya perbungaan selanjutnya. Lebih baik memakaikan tangga buat memanjat pohon dari terhadap memanjat langsung terhadap batang pohon. Perihal tersebut buat menjauhi ada kehancuran terhadap kuncup bunga. laksanakan pemetikan cuma terhadap buah yang sudah matang.

Demikianlah artikel tentang Tips Agar Tanaman Duku Cepat Berbuah, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Tips Agar Tanaman Duku Cepat Berbuah"