14 Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Jepang

Daun pepaya Jepang atau dikenal juga sebagai daun Carica papaya L. merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun pepaya Jepang dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti demam, masuk angin, dan sakit kepala. Selain itu, daun pepaya Jepang juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati luka, mengurangi rasa sakit, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Tanaman Daun pepaya jepang bukan jenis daun pepaya yang berasal dari negeri Sakura Jepang. Jenis daun dan tanaman pepaya jepang berasal dari daerah Jawa Barat. Berbeda dengan daun pepaya lainnya yang memiliki rasa pahit, daun pepaya jepang ini malah rasanya manis. Itulah sebabnya kenapa banyak orang yang sering mengolah daun pepaya ini sebagai masakan berupa sayuran. Selain itu, tanaman pepaya jepang sendiri sangat mudah untuk dibudidayakan karena mudah tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia.

Daun pepaya jepang tidak hanya berguna dalam dunia kuliner saja, tapi juga berkhasiat dalam mengatasi beberapa jenis penyakit. Kandungan di dalam daun ini berupa beberapa senyawa alami yang mampu menyehatkan tubuh Anda. Khasiat daun pepaya jaepang pun juga sudah terbukti ampuh dalam mengobati beberapa jenis penyakit. Tak heran jika banyak olahan obat racikan alami dalam pengobatan tradisional menggunakan daun ini sebagai bahan utamanya.

Daun pepaya jepang memanglah sangat dikenal dengan manfaatnya dalam memebantu mengatasi beberapa masalah terhadap kesehatan, baik dalam mengobati Penyakit Usus, Tifus, sebagai anti kanker, membunuh bakteri, mengobati anemia, mengatasi rasa nyeri, menjaga imun tubuh, dan masih banyak yang lainnya yang bisa kita dapatkan dari daun pepaya jepang ini.

14 Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Jepang

Supaya kita tidak salah memahami manfaat dan khasiat daun pepaya jepang, berikut rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Anda.

Berikut ini penjelasannya :

1. Anti kanker

Khasiat daun pepaya jepang ternyata sangat ampuh untuk mencegah penyakit kanker. Daun pepaya ini akan membantu tubuh Anda lebih kuat, terutama pada bagian sel yang menjadi bagian tubuh yang memicu penyakit kanker.


2. Membunuh bakteri

Khasiat daun pepaya jepang juga ampuh untuk melawan berbagai macam bakteri. Daun ini akan membunuh bakteri yang masuk ke dalam tubuh Anda sehingga mencegah timbulnya penyakit akibat bakteri tersebut.

Sebagai bahan untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu yang ingin menanam pepaya jepang, silahkan simak artikel ini
Baca : Budidaya Daun Pepaya Jepang

3. Baik untuk usus

Khasiat daun pepaya jepang baik untuk kesehatan usus Anda. Daun herbal alami ini akan membuat usus Anda lebih bersih serta membuat organ pencernaan ini berfungsi lebih baik dibandingan dengan sebelumnya.


4. Obat tifus

Khasiat daun pepaya jepang bisa Anda berikan pada penderita tifus. Kandungan alami di dalam daun pepaya ini bisa mengobati penyakit tifus yang disebabkan oleh bakteri yang mengendap di dalam pencernaan Anda.


5. Mencegah anemia

Khasiat daun pepaya jepang untuk tubuh bisa bekerja dalam mencegah anemia. Daun ini akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah sehingga tidak akan membuat tubuh Anda terserang penyakit anemia.


6. Anti malaria

Daun pepaya jepang berfungsi sebagai obat yang ampuh untuk mencegah penyakit malaria. Jika Anda mengalamai gangguan kesehatan yang gejalanya seperti penyakit anemia, Anda bisa mencoba menggunakan daun pepaya ini untuk mengatasinya.


7. Mengatasi penyakit demam berdarah

Penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk pun bisa Anda atasi dengan daun pepaya jepang. Senyawa di dalam daun pepaya ini cukup ampuh dalam mencegah penyakit demam berdarah Anda bertambah parah.


8. Mengatasi nyeri ketika haid

Nyeri haid sering menyerang ketika hari pertama siklus haid terjadi. Rasa nyeri ini bisa cukup mengganggu jika tidak diobati dengan baik. Sebelum Anda mengonsumsi obat kimia, ada baiknya Anda mencoba manfaat daun pepaya jepang sebagai obat pereda nyeri haid.

Baca : Budidaya Daun Pepaya Jepang

9. Menjaga sistem imun tubuh

Manfaat daun pepaya jepang sangat berguna untuk menjaga pertahanan tubuh Anda, terutama pda sistem imun. Daun ini berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga menjaga tubuh Anda dari seranga penyakit.


10. Baik untu pencernaan

Rasa daun pepaya jepang yang manis tidak akan membuat pencernaan Anda menjadi tidak sehat. Daun ini justru akan melancarkan pencernaan Anda dan membuat organ pencernaan lebih bekerja optimal.

Rasa daun pepaya jepang

Setelah kita mengetahui beberapa manfaat yang didapatkan dari daun pepaya jepang ini, ternyata daun pepaya jepang ini juga memiliki efek samping yang berbahaya juga.

Namun efek samping dari daun pepaya ini tidaklah begitu banyak yang seperti bahan-bahan kimia yang tentunya efek sampingnya yang lebih berbahaya dan mengerikan. Mau tau apa saja efek samping dari daun pepaya ini, berkut ini penjelasannya.

Berikut ini efek samping dari daun pepaya yang harus kita ketahui :

11. Bisa Menyebabkan Alergi

Kandungan Enzim papain yang terdapat didalam daun pepaya ini bisa menyebabkan alergi seperti mata pedas ataupun hidung berair. Dan alergi ini tentunya tidak berlangsung lama, Cuma beberapa menit saja, asalkan kita harus banyak mengkonsumsi air putih.


12. Berbahaya untuk Ibu Yang Lagi Hamil

Efek samping yang kedua ialah berbahay bagi ibu yang lagi hamil. Kenapa berbahaya bagi ibu hamil, karena kandungan enzim papain yang terdapat pada daun pepaya jepang dapat menjadi racun untuk si janin, selain itu juga dapat menyebabkan keguguran.


13. Dapat Menyebabkan Sakit Perut

Tingginya kandungan serat dan lateks yang terdapat pada daun pepaya jepang ini dapat sakit perut, selain itu zat tersebut juga dapat membuat perut menjadi iriatasi yang pada akhirnya dapat memicu sensai mual yang tidak menyenangkan. Namun hal ini hanya terjadi apabila mengkonsumsi daun pepaya jepang terlalu berlebihan.

Maka dari itu, konsumsilah daun pepaya jepang ini secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan. Seperti yang kita ketahui, apapun jenisnya jika dikonsumsi secara berlebihan, pasti mendatangkan sesetua yang tidak baik.


14. Dapat Menyebabkan Sembelit

Kandungan serat yang tinggi yang terdapat pada daun pepaya jepang ini dapat menyebabkan pengerasan fase ( Tiinja ), sehingga dapat meninbulan terjadinya sembelit. Maka dari itu ketika ingin mengkonsumsi daun pepaya jepang ini sebaiknya diimbangi dengan mengkonsusmi air putih, agar supaya dapat mengimbangi ketersediaan serat di dalam tubuh.

Demikianlah artikel tentang 14 Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Jepang, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Post a Comment for "14 Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Jepang"