Tips Mudah Membasmi Hama Siput

Siput adalah bahasa Indonesia dan Melayu untuk siput. Siput adalah hewan herbivora kecil bertubuh lunak yang termasuk dalam keluarga moluska. Mereka memiliki cangkang berbentuk spiral di punggungnya sehingga mereka dapat berlindung, dan mereka bergerak dengan menggunakan kaki berotot untuk merangkak di sepanjang tanah. Siput ditemukan di banyak bagian dunia dan dapat hidup di berbagai habitat, termasuk hutan, padang rumput, dan lahan basah. Beberapa spesies siput biasa dipelihara sebagai hewan peliharaan, sementara yang lain dianggap hama karena dapat merusak tanaman atau kebun. Bekicot juga digunakan sebagai sumber makanan di beberapa budaya.

Tips Mudah Membasmi Hama Siput dengan menggunakan moluskisida, penanggulangan hama siput dengan bahan yang sederhana, Moluskisida sangat ampuh untuk membasmi hama siput dengan cara yang alami terutama pencegahan dan yang telah terserang oleh hama siput, sudah pasti sangat merugikan dan mengurangi kualitas produk kita akan menurun, cara kerja hama siput ini memakan dan merayapi tanaman yang kita tanam pada saat malam hari.

Sebaiknya Sahabat Pustaka ilmu mengetahui terlebih dahulu sasaran hama siput yang di sasar, bisanya Moluskisida diarahkan untuk hama golongan siput telanjang, siput bekicot, siput kebun serta jenis siput lainya. Hama siput biasa hidup di tempat yang lembab, dan yang cukup menjengkelkan hama siput ini menyerang pada saat malam hari.

Hama siput berbondong – bondong menyerang tanaman padi secara berlahan namun pasti, ketika Sahabat Pustaka ilmu mulai melihat tanaman pada pagi hari tanaman Sahabat Pustaka ilmu sudah habis terserang oleh Hama tersebut.

Ada baiknya Sahabat Pustaka ilmu melihat terlebih dahulu berapa banyak populasi hama siput ini berada, jika dengan jumlah sedikit, Sahabat Pustaka ilmu bisa gunakan cara yang manual dengan cara di ambil satu persatu atau Sahabat Pustaka ilmu buru dengan tangan sendiri, namun jika jumlahnya sudah sangat banyak langkah terakhir ialah memberantasnya dengan menggunakan moluskisida yang dapat membunuh hama siput, bahan yang di buat secara alami ini jangan di anggap remeh, dengan cara alami ini memang dampak hasil yang terlihat kurang terlihat akjan tetapi dengan cara alami ini ramah lingkungan dan sangat aman pastinya.

Kandungan didalam moluskisida yang akan Sahabat Pustaka ilmu buat perlu di ketahui kandunganya yaitu memiliki kandungan D.M eterfloroasetofnon, Sineol, Theprosin, deguelin Borneol, Oricoline dan Limonen yang dapat membunuh hama siput tersebut.

Jika Sahabat Pustaka ilmu menemukan hama siput yang sudah mati jangan langsung di buang ya lebih baik Sahabat Pustaka ilmu memprosesnya dan memfermentasinya, dari bahan diatas bisa kita manfaatkan untuk pembuatan MOL

Tips Mudah Membasmi Hama Siput

Sahabat Pustaka ilmu pasti sudah tidak sabar bagaimana cara pembuatanya, Langsung saja kita ke cara pembuatan moluskisida.

Bahan-bahan yang diperlukan
  • Daun Kacang babi (Tefhrosia vogelii) Kandungannya Theprosin dan deguelin 
  • Daun Sembung (Blumea balsamifera) Kandungannya Borneol, Sineol, Limonen, D.M eterfloroasetofnon 
  • Biji Pinang (Arca cathecu) Kandungannya Oricoline 

Cara Pembuatan

Biji pinang, daun Kacang babi dan daun Sembung ditumbuk atau dihaluskan hingga halus disebarkan disawah

Dengan cara diatas Sahabat Pustaka ilmu dapat langsung mengaplikasikan cara tersebut ke lapangan, semoga hama siput yang mengganggu tanaman akan kapok dengan ulah mereka karena menggangu tanaman Sahabat Pustaka ilmu. Lakukan sesuai dengan cara diatas ya.

Terimakasih atas kunjungan Sahabat Pustaka ilmu, jangan sungkan untuk bertanya silahkan jika belum ada yang paham dengan penjelasan diatas. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Pustaka ilmu untuk menyimpannya.

Demikianlah artikel tentang Tips Mudah Membasmi Hama Siput, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Tips Mudah Membasmi Hama Siput"