5 Tips Terbaik Menanam Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini atau dikenal juga dengan nama Elephant Grass Mini atau Napier Grass Mini adalah jenis rumput yang tumbuh dengan cepat dan dapat tumbuh hingga tinggi sekitar 1-1,5 meter. Rumput gajah mini dapat tumbuh di berbagai iklim, mulai dari iklim tropis hingga iklim subtropis.

Rumput gajah mini memiliki daun yang lebat dan tajam, sehingga dapat digunakan sebagai pagar atau pembatas. Rumput gajah mini juga dapat digunakan sebagai tanaman hias di taman atau di halaman rumah. Rumput gajah mini juga dapat digunakan sebagai pakan ternak karena mengandung protein yang tinggi.

Untuk menanam rumput gajah mini, Anda dapat menyiapkan lahan yang telah disiram dengan air yang cukup. Kemudian, tanam bibit rumput gajah mini pada lahan yang telah disiapkan dan siram dengan air secara teratur. Pastikan untuk menjaga kelembaban tanah agar rumput gajah mini dapat tumbuh dengan baik.

Rumput gajah mini membutuhkan cahaya matahari secara langsung selama setidaknya 6 jam per hari, sehingga Anda perlu menempatkan tanaman rumput gajah mini di tempat yang terpapar cahaya matahari langsung. Jangan lupa untuk memberikan pupuk secara teratur sesuai dengan kebutuhan tanaman agar rumput gajah mini dapat tumbuh dengan sehat dan kuat.

Ingin menanam rumput gajah mini di halaman Sahabat Inspirasi Berkebun? Tidak perlu tukang atau harus memiliki keahlian khusus. Berikut ini kami akan membagikan bagaiamana cara praktis menanam rumput gajah mini:

Rumput gajah mini atau bahasa ilmiahnya Pennisetum purpureum schamach semakin naik daun sebagai salah satu hiasan dekorasi taman. Rumput gajah mini perannya tidak hanya sebagai penutup tanah namun sebagai pemanis lantai carport dan pembatas teras dengan taman.

Daun rumput gajah mini berwarna hijau pekat sangat menyejukkan mata. Ciri khas lainnya dari rumput gajah mini ialah berdaun tebal dengan tepian yang sedikit keriting. Panjang daunnya hanya 5 cm untuk rumput gajah biasa ada yang 10 cm dengan akar sepanjang 5cm hingga 8cm.

Walaupun tampilannya sedikit buntet namun terlihat rapi. Daya tarik rumput gajah mini yang harganya berkisar Rp25.000 hingga Rp35.000 untuk 1 meter persegi ini. Untuk menjaga kesuburan rumput gajah mini, Sahabat Inspirasi Berekebun cukup menaburi NPK dan urea tiap 2 minggu sekali.

5 Tips Terbaik Menanam Rumput Gajah Mini

Langkah Praktis Menanam Rumput Gajah mini:

1. Gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul. Cangkul dan balikkan tanah hingga kedalaman sekitar 20 cm, setelah digemburkan ratakan permukaan tanah.

2. Siapkan rumput gajah mini dalam bentuk kecil dan ukuran kecil. Potong rumput besar menjadi ukuran-ukuran lebih kecil antara 3cm hingga 5cm. Setelah dipotong-potong benamkan rumput kedalam tanah samapi seluruh akarnya tertimbun oleh tanah. Benamkan rumput gajah mini dengan ukuran kecil secara zigzag sehingga nantinya pertumbuhan rumput rapat, subur, dan rapi.

3. Perkuat ikatan rumput dengan tanah, pukul secara perlahan permukaan rumput sampai akarnya melekat kedalam tanah. Ratakan posisi rumput gajah mini dan permukaan tanah dengan menggunakan permukaan selebar batu bata atau balok kayu, kemudian diamkan rumput selama 1 minggu hingga akarnya tumbuh.

4. Taburkan pupuk NPK dan urea secara merata pada rumput gajah mini, selanjutnya lakukan proses ini 2 minggu kemudian.

5. Siram rumput gajah mini menggunakan air, sebaiknya gunakan gembor atau ceret yang berlubang kecil. Tekanan yang rendah akan menghindari penggenangan air pada tanah dan rumput yang dapat mengakibatkan pembusukan pada rumput gajah mini.

Demikianlah artikel tentang 5 Tips Terbaik Menanam Rumput Gajah Mini, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "5 Tips Terbaik Menanam Rumput Gajah Mini"