Cara Membantu Seseorang Dengan Masalah Kesehatan Mental

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental:
  • Mendengarkan dan memberikan dukungan emosional: Mendengarkan dengan empati dan memberikan dukungan emosional merupakan hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental.
  • Membantu dalam mencari perawatan: Bantu orang tersebut untuk mencari perawatan yang sesuai seperti terapi, medikasi, atau layanan kesehatan mental di komunitas.
  • Mendukung perubahan gaya hidup yang sehat: Bantu orang tersebut untuk mengubah gaya hidup yang sehat seperti makan makanan sehat, berolahraga, dan menjaga pola tidur yang baik.
  • Menghindari memberikan nasihat atau menyalahkan: Hindari memberikan nasihat atau menyalahkan seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental. Ingatlah bahwa masalah kesehatan mental adalah kondisi medis yang serius dan tidak dapat diatasi dengan mudah.
  • Menjaga komunikasi: Pastikan Anda tetap menjaga komunikasi dengan seseorang yang mengalami masalah kesehatan mental dan menyediakan dukungan yang diperlukan.
  • Menjaga keselamatan: Jika seseorang mengalami gejala yang membahayakan diri sendiri atau orang lain, segera cari bantuan medis profesional.
  • Menghormati privasi dan keinginan: Ingatlah bahwa setiap orang memiliki hak privasi dan keinginan yang berbeda-beda. Respeklah privasi seseorang dan jangan terlibat dalam perawatan tanpa persetujuan mereka.

Cara Membantu Seseorang Dengan Masalah Kesehatan Mental


Carilah Tanda-Tanda Awal

Jika mereka menjadi ditarik, atau menunjukkan peningkatan penggunaan n4rk0b4 dan 4lk0h0l, tidak tertarik pada aktivitas, tidak tertarik dalam menjaga diri sendiri, perubahan nafsu makan, atau kemurungan, sadarilah bahwa ini bisa menjadi tanda-tanda awal. Bahkan jika mereka tidak menginginkan bantuan, dan Anda mungkin khawatir mereka akan membenci Anda untuk itu, lebih baik untuk mencoba dan mendapatkan bantuan profesional sedini mungkin, karena diagnosis dan manajemen awal bisa berarti itu adalah satu dari pengalaman daripada sesuatu yang menyusahkan mereka seumur hidup!


Bicara Tentang Ini!

Ada kampanye untuk mendukung penghentian diskriminasi kesehatan mental, dan fokus besar mereka adalah terus berbicara tentang hal itu. Jadi Anda tidak perlu menjadi dokter atau ahli kesehatan mental untuk berbicara dengan seseorang tentang kesehatan mental mereka. Anggap saja seolah-olah teman Anda terus-menerus kembali ke hubungan yang kasar - akankah kita membiarkan mereka terus menjalani siklus yang sama dan hanya menonton dari garis samping? Atau apakah kami akan mencoba berbicara dengan mereka tentang apa yang mereka lakukan, jika mereka belum melihat gambaran yang lebih besar dari apa yang terjadi pada mereka?

Sama halnya dengan masalah kesehatan mental - jika Anda benar-benar peduli dengan seseorang, cobalah untuk berbicara dengan mereka tentang situasi mereka. Tidak dengan cara menghakimi, dan jangan lakukan ketika Anda merasa frustrasi, marah, atau emosional tentang situasi. Buat catatan untuk mencoba dan tanyakan kepada mereka dengan cara yang santai jika mereka mengetahui beberapa perilaku aneh mereka, dan juga tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan beberapa masalah mereka, atau ingin didukung dalam mencari saran medis . Mereka mungkin membutuhkan banyak jaminan bahwa bantuan akan diberikan, daripada bahwa mereka akan dikurung!

Saya tahu teman saya bahwa meskipun dia sadar akan penyakitnya dan bahwa sebagian dari apa yang dia pikirkan dan khawatirkan tidak benar, dia masih sering berpikir bahwa obat yang harus diminum akan membunuhnya (bahwa seseorang mencoba meracuni dia ). Mampu membicarakan hal ini dan ditawari kepastian dan dorongan untuk minum obat yang, ketika dia baik-baik saja dia tahu dia ingin mengambil, membuat dunia perbedaan antara dia mampu mempertahankan tingkat gejala yang dapat dikendalikan, atau pergi dari obat-obatan, memulai penguraian keadaan saat ini menjadi masalah yang tidak terkendali, dan kasus terburuk, kebutuhan untuk rawat inap (yang sangat tidak diinginkannya).

Baca Juga : Kesehatan Mental Remaja

Untuk seseorang yang berada di pinggiran situasi, tidak terlibat dengan perawatan sehari-hari atau hubungan, masih bagus untuk benar-benar menanyakan bagaimana teman Anda! Teman saya sering gugup untuk keluar bersama kami karena takut orang-orang akan melihat 'betapa anehnya dia berperilaku.' Setelah saya bertanya bagaimana perasaannya, atau bagaimana perasaannya ketika kami semua pergi keluar, dia mungkin mengatakan dia berjuang dengan menyembunyikan pikirannya, atau bahwa dia merasa sakit dan semua orang memandangnya, di titik mana Saya benar-benar dapat meyakinkannya bahwa saya benar-benar berpikir dia telah melakukannya dengan baik dan saya tidak menyadari bahwa dia sedang berjuang.

Atau di malam hari jika saya melihat dia terlihat agak tidak nyaman, sangat bagus untuk mengatakan 'hei, bagaimana perasaanmu?' dan biarkan dia tahu itu baik-baik saja jika dia merasa perlu pergi, atau mengatakan kepadanya bahwa dia '

Terlebih lagi, pacar saya yang berpacaran dengan teman saya yang menderita, mengatakan bahwa merawat seseorang yang memiliki masalah kesehatan mental yang serius dapat sangat memakan waktu, dan memiliki sekelompok orang yang dapat menawarkan dukungan dapat sangat membantu - dari menghadiri janji temu bersamanya, untuk duduk di rumah bersamanya sehingga dia tidak sendirian ketika dia harus pergi keluar dll.


Tips utamanya juga:

1. Bersabar dan konsisten

Seseorang yang berjuang dengan sesuatu di kepala mereka sendiri mungkin tidak dapat menanggapi Anda secepat yang Anda suka, atau sama sekali! Mungkin terlalu banyak dengan apa yang sudah mereka coba kendalikan


2. Jangan takut dengan diagnosis mereka

Banyak orang tidak akan menjadi berbahaya hanya karena diagnosis, mereka lebih mungkin untuk melukai diri sendiri atau bunuh diri daripada menyakiti orang lain - tetapi kepribadian umum mereka tidak mungkin berubah (yaitu dari seseorang yang tidak agresif dalam bahaya ke publik)


3. Percayalah bahwa itu nyata bagi mereka

Memberi tahu orang bahwa mereka harus bisa melihat sesuatu dari pandangan Anda tidak akan membantu. Bayangkan Anda telah berbicara dengan seseorang selama 10 tahun, dan sekarang Anda diberitahu bahwa itu tidak nyata. Anda akan berpikir dunia Anda benar dan dunia mereka tidak nyata!


4. Jangan khawatir tentang frustrasi

Marah, atau kesal tentang situasi pasangan / teman Anda, dan Anda sendiri sebagai pengasuh! Tak satu pun dari Anda akan memilih ini. Tetapi cobalah berbicara dengan orang luar untuk mendapatkan dukungan, atau bantuan, daripada kepada si penderita, karena mereka dapat mengundurkan diri dari Anda. Apakah mencari dukungan - Anda tidak ingin berakhir membenci penderita!

5. Jangan mengabaikan kebutuhan fisik orang

Obat kesehatan mental seringkali memiliki efek samping negatif terhadap kesehatan fisik, seperti gejala kesehatan mental, seperti tidak mengingat makan, atau mempengaruhi pencernaan / sistem syaraf / kehilangan ingatan. Cobalah untuk mendorong pemeriksaan fisik serta pemeriksaan kesehatan mental, karena Anda tidak ingin sampai pada titik di mana kesehatan fisik juga mempengaruhi kehidupan orang tersebut secara negatif.


Jangan Bicara Tentang Ini!

Namun, setelah mengatakan betapa hebatnya berbicara tentang masalah kesehatan mental, penting juga untuk belajar kapan harus meninggalkan topik! Sementara mereka yang menderita sangat membutuhkan dukungan khusus untuk menangani gejala atau ketakutan mereka, begitu masalah ini telah didiskusikan atau rencana tindakan telah dikemukakan, Anda tidak perlu selalu berbicara tentang masalah kesehatan mental mereka.

Kadang-kadang semua orang yang membutuhkan yang telah menghabiskan waktu lama untuk mengatasi kesulitan-kesulitan mereka harus diambil dari situasi untuk perubahan pemandangan, istirahat dari menghadapinya sendiri, dan bersorak dan mengalihkan pikiran mereka dari situasi. Tidak ada yang sama dengan orang yang berjuang dengan masalah kesehatan mental karena benar-benar mampu melupakan bahwa mereka bahkan memilikinya, bahkan hanya 20 menit atau beberapa jam.

Untuk merasakan 'normal lagi' (apa pun yang benar-benar terlihat), dan bagian dari kerumunan, dan berhenti memikirkan hal-hal yang mengganggu mereka, apakah itu mendengar suara, atau secara obsesif mengkhawatirkan tentang mematikan oven, atau merasa putus asa karena depresi - benar-benar membuat pikiran Anda lepas dari kekhawatiran ini dapat melakukan keajaiban.

Banyak psikoterapis atau profesional kesehatan mental lainnya merekomendasikan perawatan seperti Cognitive Behavioral Therapy (CBT) atau Pelatihan Mindfulness atau Kursus - karena kedua disiplin ini berfokus untuk memberikan pikiran Anda alat untuk berpikir dengan cara yang berbeda dengan 'pengaturan default'. Jadi sementara mengalihkan perhatian teman / anggota keluarga Anda dengan senang hati adalah bantuan yang luar biasa, ini hanya akan membantu dalam waktu singkat (yang jauh lebih baik daripada tidak sama sekali!).

Namun, mencoba mendorong mereka untuk mencari bantuan profesional yang secara bertahap akan mendorong mereka untuk memperbarui pola pikir mereka, memberi mereka alternatif untuk memfokuskan pikiran mereka, dan perilaku yang berbeda untuk berlatih untuk mencoba menghentikan pola pikir yang berbahaya, juga sesuatu yang hebat yang dapat Anda lakukan. lakukan untuk mereka.

Post a Comment for "Cara Membantu Seseorang Dengan Masalah Kesehatan Mental"