Definisi Lengkap Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan dalam persepsi, pikiran, emosi, dan perilaku. Ini adalah salah satu jenis gangguan jiwa yang paling serius dan kompleks.

Skizofrenia ditandai dengan gejala positif (tambahan) dan negatif (kekurangan). Gejala positif meliputi halusinasi (penglihatan, pendengaran, atau perasaan yang tidak sesuai dengan kenyataan), delusi (keyakinan yang tidak masuk akal), dan perilaku yang tidak masuk akal atau menyebabkan masalah sosial. Gejala negatif meliputi apatis, kekurangan minat, perubahan dalam afeksi, dan kesulitan dalam berkomunikasi.

Penyebab pasti skizofrenia belum diketahui, tapi dipercaya ada kombinasi dari faktor genetik, biologis, dan lingkungan. Skizofrenia dapat diobati dengan terapi medikasi dan terapi perawatan, perawatan jangka panjang dapat membantu pasien untuk mengelola gejala dan meningkatkan kualitas hidup.

Tahukah Anda: 1 dari 100 orang secara global mengalami skizofrenia setiap hari!
Skizofrenia adalah kondisi medis serius yang mempengaruhi normalitas individu bagaimana dia berpikir, berbicara, merasa dan bertindak.

Individu yang mengalami skizofrenia mengalami kesulitan dalam menghubungkan imajiner dan kenyataan.

Kesalahpahaman terbesar di antara orang-orang, membingungkan skizofrenia dengan kepribadian ganda atau gangguan kepribadian ganda sebenarnya, keduanya adalah aliran yang berbeda.

Definisi Lengkap Skizofrenia

Jenis skizofrenia

Sehubungan dengan gejala dan perilaku, skizofrenia dapat diklasifikasikan menjadi 5 jenis sebagai berikut:

1. Skizofrenia paranoid

Subkategori skizofrenia yang paling umum adalah skizofrenia paranoid. Dalam tipe ini, individu mengondisikan kehilangan sentuhan dengan dunia nyata dengan berjuang dengan rasa takut dan kecemasan yang berat.


2. Hebephrenic Schizophrenia

Skizofrenia tidak teratur adalah nama lain dari tipe ini. Orang tersebut menghadapi pemikiran dan tindakan yang tidak logis. Tindakan tersebut sangat dipicu oleh faktor lingkungan.


3. Catatonic Schizophrenia

Ini adalah tipe skizofrenia yang langka di mana individu menemukan sekelompok gejala, yang mempengaruhi dan mengembangkan skizofrenia. Gejala utamanya adalah Stupor - tidak ada respon dan gerakan dalam tubuh dan pikiran individu.


4. Schizophrenia yang tidak dibedakan

Individu yang menderita mungkin tidak cocok dengan kategori tertentu. Alih-alih menampilkan gejala positif dan negatif berosilasi selama periode waktu.


5. Skizofrenia residual

Pada tipe ini, individu dapat mengembangkan riwayat gejala negatif jangka panjang.


Gejala skizofrenia:

  • Berpikir tidak logis
  • Delusi
  • Halusinasi
  • Pidato tidak teratur
  • Stupor- Tidak ada respons dan gerakan dalam tubuh dan pikiran individu
  • Fleksibilitas lilin - jika bagian tubuh seseorang ditempatkan dalam posisi, ia tidak akan dipindahkan sampai orang lain memindahkannya
  • Kesulitan merasakan kesenangan
  • Keyakinan yang salah dan tetap


Penyebab Skizofrenia:

Penyebab pasti skizofrenia belum sepenuhnya dipahami. Tetapi menurut para peneliti, beberapa faktor mungkin memicu seorang individu untuk mengembangkan skizofrenia mereka adalah:

Baca Juga : Definisi Gangguan Kepribadian Histrionik

Faktor lingkungan

Studi menunjukkan bahwa termasuk faktor-faktor seperti depresi dan stres ada beberapa faktor lain yang mungkin juga mengembangkan skizofrenia seperti tingkat oksigen rendah saat lahir, kehilangan orangtua, dan kemarahan tinggi.


Ketidakseimbangan kimia

Para ahli menunjukkan bahwa kelainan pada zat kimia otak juga dapat membuka peluang terjadinya skizofrenia.


Penyalahgunaan zat

Obat-obatan seperti LSD, gulma, marijuana, dan alkohol juga bisa membuat skizofrenia individu. Ada kemungkinan tinggi gejala halusinasi, emosi abnormal, dan pemikiran tidak teratur.


Genetik

Apakah Anda tahu kemungkinan mengalami skizofrenia adalah 50% lebih tinggi jika individu adalah kembar. Genetik juga merupakan faktor yang memainkan peran penting dalam skizofrenia.


Pilihan pengobatan:

Perawatan yang tepat adalah satu-satunya cara untuk mengatasi skizofrenia yang dapat menyebabkan kehidupan yang produktif. Perawatan lanjutan melibatkan kombinasi sesi pengobatan, terapi, dan konseling.

Mengikuti rencana perawatan dapat membantu dalam mengurangi memburuknya kondisi skizofrenia dan juga membantu mencegah faktor risiko seperti kambuh.

Post a Comment for "Definisi Lengkap Skizofrenia"