40 Soal Biologi Kelas XII Semester 1 dan Kunci Jawaban

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan, baik itu organisme hidup, proses-proses yang terjadi dalam organisme hidup, lingkungan hidup organisme, dan interaksi antar organisme. Dalam Kelas XII semester 1, materi biologi meliputi berbagai topik seperti biologi sel, biologi molekuler, biologi tumbuhan, biologi hewan, biologi ekosistem, dan biologi perkembangan.

Soal biologi ini, diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi ulangan harian/remedial, UTS/Mid, Semesteran. Dan untuk guru diharapkan sebagai pembuatan soal, menghadapi UKG dan lain sebagainya.

1. Proses pertambahan volume yang irrevetsible karena adanya pembelahan mitosis atau pembesaran sel dapat pula disebabkan oleh keduanya disebut....

Jawaban: pertumbuhan


2. Proses pertumbuhan biji diawali dengan imbibisi tujuannya disebut....

Jawaban: untuk memecah kulit biji


3. Pertumbuhan primer menyebabkan....

Jawaban: pertumbuhan memanjang


4. Daerah meristematik artinya daerah yang....

Jawaban: mengalami pertumbuhan dengan cara pembelahan dan pembesaran sel


5. Pada proses perkecambahan, oksigen diperlukan untuk....

Jawaban: pembentukan energi


6. Hasil diferensiasi jaringan meristem disebut....

Jawaban: akar


7. Pada proses pertumbuhan, peran gen adalah....

Jawaban: membawa sifat


8. Buah partenokapri dapat dihasilkan dari tanaman yang di beri hormon....

Jawaban: giberelin


9. Tumbuhan mempunyai daya regenerasi untuk memperbaiki jaringan tubuhnya yang luka karena menghasilkan hormon....

Jawaban: asam traumalin


10. Tumbuhan dapat berbunga lebih cepat apabila ditambahkan hormon....

Jawaban: anthokalin


11. Sebutkan dua faktor yang memengaruhi pertumbuhan!

Jawaban: Faktor dalam (gen dan hormon) dan faktor luar (cahaya, air, dan suhu)


12. Jelaskan perbedaan antara meristem primer dengan meristem sekunder!

Jawaban: Pertumbahan pada embrio atau jaringan meristem dari hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer ini disebut dengan pertumbuhan primer. Meristem sekunder adalah pertumbuhan pada embrio atau jaringan meristem dari hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem sekunder.

40 Soal Biologi Kelas XII Semester 1 dan Kunci Jawaban

13. Apa yang dimaksud dengan masa domisili biji? Apa yang mempengaruhi?

Jawaban: Dormansi biji adalah kondisi biji yang masih hidup tetapi tidak aktif, berada dalam kondisi kering(kelembabannya kurang) dan tidak dapat(gagal) berkecambah selama periode waktu tertentu karena faktor internal biji.


14. Apa yang dimaksud dengan partenokapri? Apa yang memengaruhinya?

Jawaban: Partenokarpi adalah perkembangan buah tanpa biji. Hormon giberelin yang memengaruhinya.


15. Tumbuhan mangga akan berbunga dan berbuah banyak dan bagus pada saat kemarau dan akan lebih baik jika kemarau cukup panjang. Disebut apakah gejala tersebut?

Jawaban: Kebijakan guru.


16. Apakah yang dimaksud pertumbuhan?

Jawaban: Secara harfiah, pertumbuhan diartikan sebagai perubahan yang dapat diketahui atau ditentukan berdasarkan sejumlah ukuran atau kuantitasnya.


17. Apakah yang dimaksud perkembangan?

Jawaban: Perkembangan makhluk hidup lebih tepat diartikan sebagai suatu perubahan kualitatif yang melibatkan perubahan struktur serta fungsi yang lebih kompleks.


18. Apakah yang dimaksud perkecambahan epigeal?

Jawaban: Perkecambahan epigeal adalah perkecambahan yang hipokotil tumbuh menembus permukaan tanah sehingga kotiledon terangkat ke permukaan tanah. Contoh: tanah( Arachis hypogeae) dan kapas ( Gossypium sp).


19. Apakah yang dimaksud perkecambahan hipogeal?

Jawaban: Perkecambahan hypogeal adalah perkecambahan yang bakal batang tumbuh memanjang kepermukaan tanah, kotiledon tetap berada di dalam tanah. Contoh: perkecambahan kacang kapri (Pisium sativum), dan jagung ( Zea mays).


20. Di daerah diferensiasi terdapat tiga sistem jaringan yang dihasilkan dari sel-sel meristem. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban: Daerah diferensiasi, yaitu daerah yang sel-selnya akan berdiferensiasi membentuk lapisan-lapisan jaringan penyusun akar, seperti epidermis, bulu akar, korteks, dan jaringan pembuluh(stele).


21. Energi untuk memecah molekul air dalam proses fotosintesis berasal dari….

Jawaban: energy cahaya matahari


22. Pada fase regenerasi terjadi peristiwa pembentukan….

Jawaban: energi


23. Pengikatan karbon dioksida pada fotosintesis dibantu oleh enzim…..

Jawaban: enzim


24. Reaksi gelap fotosintesis berlangsung di….

Jawaban: stroma


25. Faktor yang memengaruhi aktivitas fotosintesis adalah….

Jawaban: cahaya matahari


26. Bakteri yang dapat mengubah nitrit menjadi nitrat adalah….

Jawaban: Nitrosomonas, Nitrosococcus, dan Bactoderma.


27. Pada saat klorofil terkena cahaya akan terjadi reaksi….

Jawaban
: reaksi eksotrem


28. Fungsi ATP dalam oksidasi asam lemak adalah untuk….

Jawaban: memecah CO2


29. Katabolisme bahan makanan yang menhasilkan sisa berupa sampah nitrogen berasal dari….

Jawaban: tranpor elektron


30. Glukoneogenesis terutam berlangsung di….

Jawaban: hati


31. Sebutkan komponen enzim!

Jawaban: Sebagian besar enzim tersusun oleh dua bagian, yaitu bagian yang berupa protein, disebut apoenzim dan bagian non protein yang disebut kofaktor. Ada juga beberapa enzim yang hanya terdiri dari komponen protein saja. Kofaktor dapat berupa molekul anorganik maupun molekul organik. Molekul anorganik berupa mineral seperti ion Fe, ion Zn, dan ion Mn. Molekul organik misalnya NAD+, vitamin B1, B2, B6, niasin, dan biotin. Kofaktor yang berupa molekul organic disebut koenzim, sedangkan kofaktor yang berupa molekul anorganik disebut gugus prostetik.


32. Jelaskan dua alasan bahwa fermentasi kurang menguntungkan dibanding respirasi aerob!

Jawaban: Fermentasi terjadi jika tidak tersedia cukup oksigen. Respirasi anaerob juga terjadi bila tidak terdapat oksigen. Akan tetapi, bukan berarti fermentasi sama dengan respirasi anaerob.


33. Sebutkan fase-fase pada reaksi gelap, masing-masing jelaskan peristiwa yang terjadi!

Jawaban: Reaksi gelap disebut sebagai siklus Calvin, yang terdiri atas 3 tahapan utama, yaitu karbiksiliasi (tahap 1), reduksi (tahap 2), dan regenerasi (tahap 3).

a) Tahap 1 (fase karboksiliasi)

Pada tahap 1 terjadi reaksi pengikatan (fiksasi) CO, dari udara dengan senyawa organic yang mengandung 5 karbon, yaitu RDP (ibulosa difosfat) yang terdapat di dalam kloroplas. Ikatan ini membentuk senyawa organic 3 karbon, yaitu PGA (asam fosfogliserat). RDP merupakan molekul yang terdapat di dalam tumbuhan hijau dan mampu mengikat CO2.

Baca Juga : 50 Soal UAS Ekonomi Kelas X Semester 2 dan Kunci Jawaban

b) Tahap 2 (fase reduksi)

Pada tahap 2 ini terjadi proses reduksi PGA dengan menggunaan hidrogen (H2) berasal dari NADPH2 dan menggunakan energy ATP yang dihasilkan saat reaksi terang.

Hasil dari tahap ini adalah persenyawaan fosfogliseraldehid (PGAL). Pada setiap siklus terbentuk 6 molekul PGAL.

c) Tahap 3 (fase regenerasi)

Pada tahap ini akan diregenerasi RDP (dibentuk molekul RDP kembli) untuk mengikat CO2 sehingga fotosintesis berlanjut kembali. Dari 6 molekul PGAL yang dibentuk pada tahap 2 (fase reduksi), 5 molekul kembali membentuk RDP sehingga hanya 1 molekul PGAL yang merupakan hasil reaksi gelap. Kemudian 2 molekul PGAL (3C) akan membentuk molekul glukosa (6C). Selanjutnya molekul glukosa bergabung membentuk amilum.


34. Jelaskan kaitan antara katabolisme dengan anabolisme karbohidrat yang terjadi pada tubuh tumbuhan!

Jawaban: Anabolisme merupakan pross pembentukan senyawa kompleks dari senyawa sederhana denga memerlukan energy. Jadi, reaksi anabolisme bersifat endergonic. Sementara itu, katabolisme merupakan proses pemecahan atau penguraian seyawa kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana dengan membebaskan energi. Jadi, reaksi katabolisme bersifat eksergonik. Sementara itu dalam sel-sel makhluk hidup, karbohidrat (dalam hal ini glukosa) akan mengalami serangkaian reaksi respirasi sehingga dihasilkan energi. Selain dibebaskan energi, reaksi pemecahan (katabolisme) glukosa ini juga menghasilkan CO2 dan H2O.


35. Sebutkan manfaat gluconeogenesis bagi tubuh kita!

Jawaban: Untuk menyusun glukosa dari asam amino atau asam lemak.


36. Apakah yang dimaksud dengan ezim?

Jawaban: Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai katalisator reaksi-reaksi kimia yang terjadi dalam sistem biologi (makhluk hidup). Oleh karena merupakan katalisator dalam sistem biologi, enzim sering disebut biokatalisator.


37. Sebutkan faktor yang memengaruhi kerja enzim!

Jawaban: Faktor yang memengaruhi kerja enzim, yaitu suhu dan konsentrasi enzim.


38. Sebutkan sifat-sifat glikolisis!

Jawaban: Glikolisis terjadi sitoplasma dan hasil ahirnya berupa senyawa asam piruvat. Selain menghasilkan 2 molekul asam piruvat, dalam glikolisis juga dihasilkan 2 molekul NADH2 dan 2 ATP jika tumbuhan dalam keadaan normal (melalui jalur ATP fosforuktoinase) atau 3 ATP jika tumbuhan alam keadaan stress atau sedang tumbuh (melalui jalur pirofosfat fosfofruktoinase).


39. Apakah yang dimaksud respirasi aerob!

Jawaban: Respirasi aerob adalah respirasi yang memerlukan oksigen.


40. Tuliskan perbedaan antar fermentasi alkohol dan fermentasi cuka!

Jawaban: Pada fermentasi alkohol merupakan asam piruvt diubah menjadi etanol atau etil alkohol melalui dua langkah reaksi. Langkah pertama adalah pembebasan CO2 dari asam piruvat yang kemudian kemudian diubah menjadi asetaldehida. Langkah kedua adalah reaksi reduksi asetaldehida oleh NADH menjadi etanol. NAD yang terbentuk akan digunakan untuk glikolisis terjadi secara anaerob. Sedangkan, fermentasi cuka merupakan fermentasi yang berlangsung secara aerob, energi yang dihasilkan lima kali lebih besar dari energi yang dihasilkan dari fermentasi alkohol secara anaerob.

Post a Comment for "40 Soal Biologi Kelas XII Semester 1 dan Kunci Jawaban"