7 Cara Menghilangkan Stigma Kesehatan Mental

Menghilangkan stigma kesehatan mental merupakan hal yang penting untuk meningkatkan perawatan dan dukungan bagi individu yang menderita kondisi kesehatan mental. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan stigma kesehatan mental adalah:
  • Memberikan pendidikan yang tepat tentang kesehatan mental dan menghilangkan mitos yang salah tentang kondisi tersebut.
  • Mendorong partisipasi masyarakat dalam program-program yang berfokus pada kesehatan mental.
  • Mempromosikan perawatan yang tepat dan dukungan bagi individu yang menderita kondisi kesehatan mental.
  • Mendorong media untuk mempromosikan persepsi yang positif tentang kesehatan mental dan menghilangkan stereotip yang negatif.
  • Mengintegrasikan kesehatan mental dalam kurikulum sekolah dan program-program pemberdayaan masyarakat.
  • Menyediakan dukungan dan perawatan yang sesuai bagi individu yang menderita kondisi kesehatan mental.
  • Mendorong peran penting dari individu yang sehat dan masyarakat dalam mendukung individu yang menderita kondisi kesehatan mental.
  • Menghilangkan diskriminasi terhadap individu yang menderita kondisi kesehatan mental dan memberikan dukungan yang sesuai untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.
Berbicara tentang kesehatan mental dengan cara yang sehat adalah sesuatu yang masyarakat di seluruh dunia secara historis telah berjuang. Namun, dengan meningkatnya tingkat gangguan mental di seluruh dunia, itu menjadi penting untuk menjembatani perbedaan antara masalah kesehatan mental dan fisik dengan memahami faktor-faktor risiko dan dampak gangguan mental. Sudah saatnya orang berkumpul untuk menghilangkan stigma yang terkait dengan masalah mental.

Mereka yang terhindar dari penderitaan penyakit kejiwaan mungkin tidak memahami dampak tindakan mereka atau pandangan berbahaya yang diabadikan oleh mereka tentang menyebut seseorang sebagai "skizofrenik," atau "gila." Namun, itu tidak mengubah fakta bahwa stigma dan persepsi yang terkait dengan masalah kesehatan mental pada dasarnya mengkriminalisasi orang yang menderita masalah.

7 Cara Menghilangkan Stigma Kesehatan Mental

Cara efektif menghilangkan stigma kesehatan mental

Ketika keyakinan palsu tersebut mengobarkan sikap stigmatisasi, terlepas dari bentuknya, mereka secara signifikan mempengaruhi kehidupan emosional dan sosial individu yang menderita gangguan mental.

Ini tidak hanya memperpanjang proses pemulihan mereka, tetapi juga mencegah mereka berbicara tentang masalah mereka dan mencari bantuan medis. Oleh karena itu, sangat penting untuk melawan stigma mental dan inilah beberapa cara yang dapat membantu mengubah pandangan orang.


1. Menahan diri dari menjadikannya tabu

Berbicara secara terbuka tentang masalah kesehatan mental menciptakan platform di mana orang dapat dengan jujur ​​mendiskusikan perjuangan mereka dengan gangguan mental. Ini memberikan kesempatan untuk menyampaikan kepada mereka yang menderita dalam keheningan bahwa mereka tidak sendirian dan bantuan itu tersedia.


2. Tetap terinformasi dan menyebarkan kesadaran

Ketika seseorang salah mengartikan penyakit mental, kebanyakan orang lebih suka mencari cara lain atau tetap diam. Namun, untuk mengurangi beban stigma, penting untuk mengungkapkan bagaimana keyakinan tersebut memengaruhi seseorang dan kebutuhan untuk menyebarkan kesadaran.


3. Hindari menggunakan bahasa stigmatisasi

Bahasa manusia terus berubah dan berkembang dan begitu juga aplikasi kata-kata, seperti "gila," "gila," dan "mental" ketika dirujuk ke seseorang dengan penyakit mental. Sayangnya, menggambarkan penyakit mental melalui kata sifat melabeli individu dan tidak baik dalam memperbaiki situasi.


4. Perlakukan gangguan mental dan fisik secara setara

Sama seperti penyakit fisik, penyakit mental adalah gangguan otak yang dapat berkembang pada siapa saja. Kebutuhan jam adalah untuk mengobati gangguan mental seperti penyakit kronis lainnya, seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dll, untuk memastikan perawatan yang efektif.


5. Pilih untuk tidak menjadi korban

Stigmatisasi mengarah pada diskriminasi dan penindasan orang-orang dengan gangguan mental. Namun, juga dimungkinkan untuk menjalani kehidupan yang sangat berbeda dari pandangan buruk gangguan mental hanya dengan menghormati pilihan seseorang untuk menjalani hidup yang berdaya dengan mencari pengobatan.


6. Perlu memperingatkan media

Penggambaran masalah kesehatan mental oleh media sejauh ini seperti pedang bermata dua. Sering kali, mereka membantu menyebarkan kesadaran publik tentang kesehatan mental, namun kadang-kadang mereka juga secara tidak akurat menggambarkan penyakit mental.

Baca Juga : Kekuatan Diri Bicara dan Berpikir Positif

Oleh karena itu, penting untuk memperingatkan platform media tentang efek buruk menggunakan bahasa stigma sebagai liputan media mereka dan konsekuensi dari salah menangani masalah kesehatan mental jauh jangkauannya.


7. Bicarakan tentang perawatan dan pemulihan

Orang yang tidak tahu apa-apa dan tidak tahu apa-apa dapat menyimpan kekhawatiran tentang perawatan kesehatan mental. Dia mungkin takut dihakimi sebagai orang yang lemah saat mengunjungi psikiater atau minum obat.

Ketika orang-orang yang telah pulih dari masalah mereka melalui intervensi medis berbicara tentang pemulihan mereka, mereka memiliki kesempatan untuk memberi tahu orang lain.

Pada akhirnya, mencari perawatan untuk gangguan mental tidak membuat seseorang menjadi lemah. Bahkan, itu mewakili keberanian dan kemauannya untuk menjadi lebih baik.


Lawan stigma kesehatan mental !

Stigma kesehatan mental dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang. Paling buruk, itu dapat menyebabkan kritik diri di mana orang itu menyalahkan diri sendiri untuk kondisinya. Dalam kasus seperti itu, stigmatisasi menjadi faktor risiko aktif yang aktif untuk gangguan yang mencegah seseorang mencari bantuan yang dibutuhkan dari orang lain.

Post a Comment for "7 Cara Menghilangkan Stigma Kesehatan Mental"