CARA PEMBIBITAN POHON CEMARA PINUS

Pembibitan pohon cemara pinus adalah proses menanam bibit pohon cemara pinus dengan tujuan untuk mendapatkan pohon yang tumbuh dengan sehat dan produktif. Beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam pembibitan pohon cemara pinus adalah sebagai berikut:
  • Persiapan bibit: Bibit pohon cemara pinus harus dipilih dengan cermat dan harus memenuhi persyaratan yang diinginkan, seperti ukuran, kekuatan, dan umur. Bibit yang baik harus memiliki daun yang segar dan tidak terlalu besar, serta tidak memiliki cacat fisik yang mengganggu.
  • Persiapan lahan: Lahan yang akan digunakan untuk menanam bibit harus sudah dipersiapkan dengan baik, terutama menyangkut kondisi tanah dan iklim. Tanah harus memiliki pH yang netral atau sedikit asam, serta harus memiliki drainase yang baik.
  • Penyiapan media tanam: Media tanam yang digunakan untuk menanam bibit harus memenuhi persyaratan yang diinginkan, seperti kelembaban, nutrisi, dan struktur. Media tanam yang baik biasanya terdiri dari campuran tanah, pasir, dan pupuk yang dapat memberikan nutrisi yang diperlukan oleh bibit.
  • Penanaman bibit: Bibit pohon cemara pinus harus ditanam pada kedalaman yang tepat, yaitu sejajar dengan permukaan media tanam. Bibit harus ditanam dengan perhatian yang baik, terutama menyangkut cara menyiram dan memberi nutrisi yang diperlukan.
  • Penyulaman: Setelah bibit ditanam, pohon cemara pinus harus dilindungi dari cuaca yang buruk, terutama saat masa pertumbuhan yang sulit. Penyulaman dapat dilakukan dengan menggunakan plastik atau kain yang dapat menjaga kelembaban dan suhu yang optimal bagi pertumbuhan pohon.
Tanaman Cemara kipas ini sudah sangat terkenal dari namanya saja anda sudah bisa menebak kan jika pohon cemara yang satu ini menyerupai kipas. Pohon ini memang sangat unik, dan berbeda dengan pohon cemara yang biasanya. pohon cemara kipas sangat pouler di kalangan pecinta tanaman hias khususnya para pecinta tanaman pohon cemara.


CARA PEMBIBITAN POHON CEMARA PINUS

Terlebih lagi di saat musim angin, seolah- olah pohon ini seperti kipas yang sedang mengayun saat kepanasan. Unik bukan pohon yang satu ini? jika anda ingin menanam pohon cemara kipas di halaman rumah anda, simak selanjutnya di bawah ini.

1. Pembibitan

Cara pembibitan pada pohon cemara kipas ini sama seperti pohon cemara afrika yaitu dengan cara mencangkok. Maka anda harus memilih batang dari pohon cemara yang sudah cukup umur dan memiliki panjang di atas 30cm. Lalu potong dan kerat kulit batang pohon cemara tersebut. Kemudian bungkus dengan tanah, lalu balut dengan plastik bening agar dapat di pantau pertumbuhan akarnya. Lakukanlah penyiraman sehari sekali agar akar cepat tumbuh dengan baik. Setelah akar sudah tumbuh banyak, segeralah potong dan diamkan 24jam di tempat yang lembab setelah itu baru bisa di tanam.


2. Penanaman

Sebelum melakukan penanaman, persiapkan lah media tanam dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Setealh itu tanam lah bibit dalam lubang sedalam 20- 25 cm. Lalu timbun kembali bibit dengan media tanam dan padatkan media tanam agar bisa tegak dan tidak roboh. Siramlah media tanam agar terjaga kelembapan dan kesegarannya.


3. Perawatan

Untuk perawatan pada cemara kipas ini hanya perlu menyiram setiap 2- 3 hari sekali dengan takaran secukupnya. Dan jangan sampai lupa melakukan pemupukan bersamaan dengan penyiangan yaitu setiap 2- 2,5 bulan sekali.

Demikianlah artikel tentang CARA PEMBIBITAN POHON CEMARA PINUS, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Post a Comment for "CARA PEMBIBITAN POHON CEMARA PINUS"