PANDUAN MEMANGKAS TANAMAN ANGGUR

Untuk memangkas tanaman anggur, pertama-tama Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan alat potong yang tajam dan bersih. Kemudian, Anda dapat mulai dengan memotong cabang-cabang yang tidak produktif atau yang tumbuh terlalu panjang. Pastikan untuk memotong cabang-cabang ini tepat di atas noktah pertumbuhan (titik di mana cabang bercabang dari cabang utama).

Setelah itu, Anda dapat mulai memangkas cabang-cabang yang tumbuh terlalu lebar atau terlalu tebal. Pastikan untuk memangkas cabang-cabang ini tepat di atas noktah pertumbuhan juga.

Sebagai tambahan, Anda juga dapat memangkas tanaman anggur untuk memperbaiki bentuk atau membuatnya lebih mudah ditebang. Untuk melakukan ini, Anda dapat memangkas cabang-cabang yang tumbuh ke arah yang tidak diinginkan atau yang menutupi bagian lain dari tanaman.

Jika Anda merasa tidak yakin tentang cara memangkas tanaman anggur, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli kebun atau petani lokal yang lebih berpengalaman. Mereka dapat memberikan saran dan panduan yang tepat untuk memangkas tanaman anggur Anda.

Pada kesempatan kali ini kita membahas lebih lengkap, Dimana Pemangkasan tanaman anggur dilaksanakan sebagai upaya buat merubah bentuk kondisi layaknya di habitat asli tanaman anggur. Tanaman anggur merupakan tanaman dari area yang mempunyai 4 musim. terhadap saat musim gugur tanaman anggur merasakan rontok semua daunnya.

Selanjutnya terhadap musim dingin tanaman anggur memasuki waktu dormant. terhadap saat musim semi tanaman anggur akan kembali tumbuh dengan membawa cluster-cluster bunga yang akan menjadi buah anggur. 


PANDUAN MEMANGKAS TANAMAN ANGGUR

Pemangkasan tanaman anggur dilaksanakan supaya menyerupai kehidupannya di negara dengan empat musim tersebut. disamping itu pemangkasan tanaman anggur dilaksanakan supaya sulur-sulur yang menjalar menjadi rapi. layaknya dikenal sulur tanaman anggur terhadap para-para atau pergola dibuat rapi supaya indah. disamping itu antar daun serta dahan sebagusnya taksaling menaungi pasal itu butuh dilaksanakan pemangkasan tanaman anggur.

Pemangkasan Tanaman anggur mempunyai sebagian sasaran disamping mengikuti habit aslinya, yaitu : mendapati batang pokok tanaman anggur yang kekar serta kuat, sehingga bentuk basis tanaman bagus, mendapati cabang serta ranting yang subur sertabugar dalam hitungan banyak, dan membentuk kerangka basis tanaman sesuai proses bentuk pohon yang diharapkan, mendapatitanaman anggur yang laju berbunga serta bertandan banyak, sehingga produksinya tinggi serta mendapati cabang serta ranting tanaman anggur yang akan menghasilkan buah.

Setelah mengenali faedah dari pemangkasan tanaman anggur, selanjutnya kita butuh menelisik teknis kaya gimana metodemelaksanakan pemangkasan tanaman anggur. terhadap dasarnya pemangkasan tanaman anggur dibagi menjadi sebagian Perihalyaitu : Pemangkasan bentuk serta pemangkasan pembuahan.

Pemangkasan bentuk tanaman anggur bertujuan buat menemukan pola atau bentuk tanaman anggur. Pola tanaman anggur disesuaikan dengan bentuk para-para atau media buat merambat tanaman anggur.


Pemangkasan Bentuk Tanaman Anggur

Berikut Langkah pemangkasan bentuk tanaman anggur:

Biarkan tanaman anggur tumbuh dengan satu batang pokok sampai setinggi para-para. Tinggi para-para dapat bervariasi sekitar 180 cm atau lebih tinggi lagi Setelah setinggi para-para, potong area pucuk batang yang kulitnya telah berwarna hijau kekuningan
Setelah area pucuk tanaman anggur dipotong , akan timbul 3-4 tunas :
  • Lakukan pemeliharaan 3 tunas, tunas yang satunya (pertumbuhan kurang baik) dibuang 
  • Atur peningkatan tunas yang dipelihara ke arah kanan serta kiri serta satu tunas lagi dibiarkan tumbuh lurus. 
  • Tunas yang tumbuh lurus dikatakan cabang primer serta tunas yang tumbuh ke kanan serta kiri dikatakan cabang sekunder 
  • Potong pucuk cabang primer yang telah mencapai satu meter serta kulitnya telah kecoklatan, setelah itu tunas yang tumbuh dipelihara 3 tunas saja. 
  • Lakukan terus menerus sampai para-para penuh dengan cabang anggur. laksanakan pencatatan tiap aktivitas pemangkasan bentuk tanaman anggur tersebut 
  • Pemangkasan pembuahan tanaman anggur bermanfaat supaya tanaman anggur dapat berbuah dengan lebat serta mempunyainilai mutu bagus. buat menghasilkan panen buah anggur yang banyak serta bermutu bagus, butuh pemangkasan yang baik sertabenar. 



Berikut ini langkah-langkahnya :

Pemangkasan pembuahan tanaman anggur dilaksanakan terhadap saat tanaman anggur berusia 1 tahun Yang seriusdilaksanakan sebelum pemangkasan adalah memberi tanaman anggur dengan pupuk dan pengairan yang cukup 
  • Sebelum dipangkas salah satu cabang dicoba dipotong. bila ditunggu lebih dari 5 menit tak adanya tetesan air, pemangkasan ditunda dahulu, sertapengairan ditambah sampai adanya tetesan terhadap cabang yang dipotong tadi 
  • Lakukan pemangkasan dalam 2 tahap, tahaps I bulan April, tahaps II bulan Agustus 
  • Lakukan pemangkasan dengan metode merontokan daun-daunnya, sehingga yang tersisa cumacabang produksi 
  • Cabang-cabang yang kecil atau kurang bugar dibuang, pemangkasan pendek disisakan 2 - 4 mata tunas 
  • Cabang atau ranting sisa pemangkasan dibentangkan serta diatur merata di semua permukaan para-para, lantas diikat ke kanan serta ke kiri dengan tali rafia Setelah 10 – 14 hari seusai pemangkasan akan tumbuh tunas-tunas baru 
  • Tiap tunas sebagusnya dipelihara 1 - 2 malai bunga, selebihnya dibuang (dipangkas)Ini. dimaksudkan supaya nantinya buah anggur yang dihasilkan berkualitas tinggiTunas-tunas yang tumbuh terhadap ruas yang setara sebagusnya diwiwil 
 
Setelah tanaman anggur dipangkas serta mengelurkan bunga serta buah, selanjutnya kita tinggal merawatnya dengan melaksanakan penjarangan buah anggur. Penjarangan buah anggur ini dimaksudkan supaya buah yang dihasilkan berukuran besar serta bermutu tinggi. Penjarangan buah anggur sendiri dilaksanakan sejumlah 40 % - 60% terhadap saat anggur seukuran kedelai. Selanjutnya dapat dikurangi lagi sebesar 10%–15 % terhadap saat butiran anggur sebesar jagung.

Demikianlah artikel tentang PANDUAN MEMANGKAS TANAMAN ANGGUR, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Post a Comment for "PANDUAN MEMANGKAS TANAMAN ANGGUR"