OBAT TRADISIONAL RADANG TENGGOROKAN

Radang tenggorokan adalah peradangan pada bagian tenggorokan yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan, demam, dan batuk. Beberapa obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan antara lain:
  1. Teh hangat dengan madu dan lemon: Teh hangat dapat melegakan tenggorokan yang sakit dan menghilangkan dahak. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sedangkan lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah infeksi.
  2. Air garam: Larutan garam dapat membantu mengurangi inflamasi dan mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Caranya, campurkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat, kemudian gosokkan di sekitar tenggorokan atau minum larutan tersebut.
  3. Herbal: Beberapa tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan antara lain:
  4. Daun bawang: Daun bawang mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi inflamasi.
  5. Daun sirih: Daun sirih mengandung zat antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi nyeri pada tenggorokan.
  6. Daun basil: Daun basil mengandung zat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi inflamasi pada tenggorokan.
  • Obat batuk: Obat batuk yang mengandung ekspektoran dapat membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan.
  • Obat pereda nyeri: Obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen dapat membantu mengurangi nyeri pada tenggorokan.

Untuk mengobati radang tenggorokan secara efektif, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Dokter akan menentukan diagnosis yang tepat dan memberikan terapi yang sesuai dengan kondisi Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan mulut dan tenggorokan, serta menjaga kelembaban udara di lingkungan Anda agar tenggorokan tidak terlalu kering.

Rasa sakit terhadap tenggorokan merupakan tanda ada penyakit terhadap saluran pernapasan. Salah satunya ialah penyakit radang tenggorokan. bisa jadi banyak yang menganggap jikalau ini ialah penyakit sepele. Namun bila terus dibiarkan akan berakibat fatal.

Secara medis, radang tenggorokan ialah suatu keadaan ketika tenggorokan terinfeksi bakteri. keadaan ini mengakibatkantenggorokan merasakan iritasi, peradangan, suara serak, batuk, gatal serta berasa sakit saat menelan.

OBAT TRADISIONAL RADANG TENGGOROKAN

Penyebab Radang Tenggorokan

Bakteri Streptococcus Pyogenes yang diketahui juga sebagai kelompok streptokokus A, merupakan pengakibat umum dari penyakit radang tenggorokan. Jenis bakteri ini amat menular serta bisa menyebar melewati udara ketika Anda batuk serta bersin. disampingitu, bakteri ini juga bisa menyebar melewati makanan, minuman, atau barang-barang yang telah terinfeksi oleh jenis bakteri ini.


Gejala Radang Tenggorokan

Tanda-tanda umum yang timbul ketika seseorang merasakan radang tenggorokan, antara lain sebagai berikut:
  • Tenggorokan berasa sakit 
  • Amandel membengkak serta berwarna merah. kadang adanya bercak putih serta susunan nanah terhadap amandel 
  • Ada bintik-bintik merah kecil di area belakang atap mulut 
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun 
  • Kelenjar getah bening terhadap leher membengkak 
  • Demam tinggi, kebiasaannya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit) 
  • Sakit kepala 
  • Ruam 
  • Badan berasa lelah 
  • Nyeri atau bengkak terhadap sendi 
  • Perut berasa sakit serta kadang didampingi dengan muntah 

Itu merupakan tanda paling umum berlangsung terhadap penderita radang tenggorokan. tetapi dapat saja tanda tersebut merupakan pertanda dari penyakit lain


Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Berikut ini bahan-bahan natural yang dapat Anda gunakan sebagai obat radang tenggorokan tradisional:

1. Teh jahe

Anda dapat menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan setelah itu rebus sepanjang dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang sudah Anda untuk sebelumnya.


2. Teh chamomile

Teh chamomile hangat juga bisa kurangi sakit tenggorokan pasal dapat mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. bila ingin memperoleh rasa manis, Anda dapat menambahkan madu.


3. Kumur dengan campuran kunyit, air, serta garam

Ini ialah obat rumahan yang amat efisien buat menghilangkan rasa sakit terhadap tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti senantiasa tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam serta sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat setelah itu berkumurlah sebagian kali sehari.


4. Daun Kemangi

Rebus daun kemangi serta minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan bikin sakit tenggorokan Anda membaik.


5. Madu serta lemon

Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon serta satu sdm madu. Campuran ini diketahui sebagai obat ampuh buat atasi sakit tenggorokan. bila tak adanya lemon, satu sdm madu dengan tidak tambahan air juga dapat kurangi sakit tenggorokan pasal madu ialah antibiotik alami. tetapi sebagusnya madu tak diberikan terhadap anak-anak di bawah umur dua tahun.


6. Menghirup uap panas

Obat langka buat mengatasi sakit tenggorokan ialah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lantas letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala buat mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tidak cuma melewati hidung tetapi sesekali juga melewati mulut.

Baca Juga : KANDUNGAN MANFAAT TANAMAN SINGKONG

7. Konsumsi Sup

Saat tenggorokan sakit, kebiasaannya kita akan susah makan serta menelan. Oleh pasal itu, cobalah mengkonsumsi sup contohnyasup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tak cuma meringankan rasa sakit tetapi juga memastikan Anda memperoleh nutrisi buat menghadapi peradangan.


8. Minum jus lemon dengan tidak gula

Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).


9. Makan bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen penghancur bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih supaya mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.


10. Jus buah belimbing

Buah belimbing nyatanya mempunyai khasiat sebagai anti-radang yang dapat dipakai buat mengobati radang tenggorokan. metodenya ambil 100 gram buah belimbing manis, lantas dibuat jus serta diminum.


Mengobati Radang tenggorokan dengan cengkeh

Cengkih atau cengkeh merupakan salah satu bahan herbal yang baik buat megobati sakit tenggorokan. metode Membuatnya cukup gampang. Siapkan serbuk cengkih sejumlah 1-2 sendok teh serta setengah gelas air matang. Campurkan cengkih sertaair,pergunakan campuran serbuk cengkeh serta air tersebut buat berkumur. Cengkih memiliki sifat antibakteri serta anti radang yang bisa menolong meredakan sakit tenggorokan.

Demikianlah artikel tentang OBAT TRADISIONAL RADANG TENGGOROKAN, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Post a Comment for "OBAT TRADISIONAL RADANG TENGGOROKAN"