BUDIDAYA TANAMAN BUAH SIRSAK

Banyak sekali faedah dari buah sirsak ini. Apabila buah sirsak telah matang dari pohonnya langsung, tersebutkan bisa langsung dinikmati dengan metode dibelah atau dikupas area kulit luarnya. Daging buah sirsak berwarna putih susu serta banyak mengandung air serta gula buah (fruktosa) sekitar 34%. Daging buah sirsak lembek, dengan biji Berposisi terhadap barisan daging buah.

Biji buah sirsak berwarna hitam dengan panjang biji sekitar 1 - 1,5 cm. Buah sirsak ini banyak dipergunakan sebagai minuman penyegar serta dibuat jus buah. Rasanya amat menggoda serta cocok dikonsumsi sehabis beraktivitas, pulang kerja, pulang dari kampus, atau ketika istirahat relaks di rumah.

Selain air serta fruktosa, dalam satu buah sirsak dengan berat 0,5 kg mengandung karbohidrat 500 mg, vitamin C sejumlah 120 mg, mineral 100 mg, protein 40 mg, lemak 0,3 mg, vitamin B kompleks 90 mg, vitamin A sejumlah 67 mg. keperluan 120 mg vitamin C amat serius dicukupi tiap harinya, serta otomatis telah terkandung terhadap buah sirsak. disamping buahnya, daun sirsak oleh masyakarat Indonesia juga dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan herbal natural yang dapat menyembuhkan beragamjenis penyakit layaknya diabetes, darah tinggi (hipertensi), anyang-anyangan (sering buang air kecil), darah rendah, stroke, batu ginjal, liver, melancarkan aliran darah, serta masih banyak lagi segudang faedah dari pohon sirsak dalam memenuhi hajat orang banyak

BUDIDAYA TANAMAN BUAH SIRSAK

Sentra serta wilayah persebaran tanaman ini sudah merata serta tumbuh bebas di Indonesia, layaknya banyak diciptakan terhadaparea hutan-hutan di Kalimantan, di Pulau Jawa, hutan selama Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) mulai dari provinsi Lampung hingga ke area utara pulau Sumatera. Di sebagian area di Indonesia, tanaman sirsak nyatanya banyak dibudidaya dengan sebab mengapa metode budidayanya amat simpel serta menghasilkan keuntungan yang melimpah. area Kalianda (Lampung Selatan), Gisting serta Gedong Tataan (Lampung) merupakan salah satu misal sentra pertanian sirsak yang menonjol serta tersabitbanyak orang yang sukses menekuni budidaya tanaman sirsak ini.
Tidak terkejut apabila dalam sekali keluaran panen sirsak menghasilkan keuntungan melimpah, namun seluruh bergantung dari seberapa penting dalam sistem penanaman serta perawatan hingga sistem panen serta pasca panen yang dilaksanakan secara benar.


Syarat Tumbuh Tanaman Buah Sirsak

Tanaman sirsak bisa tumbuh secara baik di area dataran rendah ataupun dataran tinggi. terhadap ketinggian lahan di atas 300 - 1200. meter di bawah permukaan air laut (mdpl), tanaman ini itu malah akan menghasilkan buah lebat, serta ini telah tersabitdidasarkan pembelajaran penulis. 

Jenis tanaman sirsak juga tak manja serta gampang sekali dibudidaya terhadap seluruh jenis lahan, baik itu di lahan perkebunan, area tanggul di pinggiran bantaran sungai, area pematang sawah, area hutan-hutan ringan, ataupun sirsak dibudidaya di halaman rumah serta ladang.

Jenis tanah yang cocok bagi peningkatan serta pernyebaran tanaman sirsak ialah jenis tanah merah, tanah andosol, aluvial, lempung berpasir, serta tanah liat cokelat dengan kandungan humus serta bertekstur tanah gembur. status keasaman tanah (pH tanah) amat mematokkan sekali sistem peningkatan tanaman ini, yakni cocok ditanam terhadap pH kisaran 5 - 6,5. prosesdrainase serta ketercukupan air di bawah akar tanaman ini serius diperhatikan, walaupun tanaman ini tak begitu susah dalam mendapati air yang telah dicadangkan di dalam tumbuhan itu sendiri. terhadap masa-masa musim kering (kemarau), tanaman ini praktis dapat bertahan hidup, walaupun para petani buah sirsak sesegera mungkin sesekali mengairi atau menyiram tanaman sirsak supaya tak mati.

Suhu udara yang paling cocok buat peningkatan tanaman sirsak ialah kisaran 23 - 31 derajat celcius, dengan status kelembaban udara 80%. Ketercukupan air hujan menjadi salah satu factor serius dalam memberi efek keluaran bunga sehingga tanaman akan menghasilkan buah yang banyak. Curah hujan pertahun yang didambakan yaitu 800 mm/tahun. sebagusnya penanaman pohon sirsak tak dilaksanakan di dalam pot, melainkan ditanam di daerah terbuka atau perkebunan, dengan status ketersediaan cahaya matahari penuh selama hari.


Ciri-Ciri Tanaman Buah Sirsak

Tanaman sirsak merupakan tanaman dikotil, merupakan tumbuhan status tinggi, akar tunjang, batang mempunyai kambium sehingga gampang dikembangbiakan secara vegetatif yakni melewati cangkok batang, daun berwarna hijau, daun berupa bulat lonjong dengan area ujungnya lancip, daun menempel terhadap ranting-ranting kecil serta kadang daunnya menempel terhadapketiak batang, pertulangan daunnya menyirip tak sejajar. 

Kulit buah sirsak yang masih mentah berwarna hijau tua serta nampak terlihat ada peningkatan duri-duri terhadap permukaan kulit buahnya tersebut. Kulit buah sirsak yang sudah matang (masak) berwarna kuning kehijauan, bila area kulit buah dipencet tersebutkan akan berasa empuk serta Perihal ini menandakan jikalaubuah sirsak sudah matang dan siap konsumsi. Buah sirsak saat berbuah lebat kebiasaannya bergerombol di selama ranting sertabatang-batang pohonnya. 

Dalam satu pohon dewasa, kebiasaannya terkandung 15 - 30-an buah sirsak. Daging buah sirsak berwarna putih, mempunyai kandungan air cukup banyak, rasa buahnya manis, biji-biji banyak tersebar terhadap daerah daging buahnya. Bunga sirsak berwarna kuning - agak putih dan tergolong bunga majemuk.



Cara Penanaman serta Perawatan Tanaman Sirsak

Penanaman tanaman buah sirsak baik di area perkebunan atau di halaman rumah terhadap dasarnya setara. Namun apapenanaman hendak langsung ditanam di lahan terbuka atau melewati sistem pembibitan terlebih dahulu dengan memakaikanpolybag. 

Kebanyak petani lebih memililih penanaman sirsak didahului dengan sistem perkecambahan biji. metode penanaman sirsak meliputi level persiapan bibit, perkecambahan biji, pengolahan lahan tanam, penanaman sirsak, penyiraman, pemupukan (fertilizer), penyiangan rumput-rumput pengganggu (gulma), penggemburan lahan tanam, serta selanjutnya yakni aktivitas panen buah sirsak. Perawatan penanaman buah sirsak sesegera mungkin benar supaya laju berbuah lebat serta menguntungkan bagi petani itu sendiri.


1. Persiapan Bibit Sirsak Unggul

Bibit sirsak bisa didapati secara langsung dari pohon yang telah tua kira-kira berumur 2 tahun atau bahkan lebih. Selanjutnya mengambil buah sirsak yang telah masak, setelah itu ambil sebagian biji sirsak yang telah berwarna hitam legam. Biji yang telahdiambil setelah itu dimasukan ke dalam air hangat lantas didiamkan sepanjang 24 jam. Pilihlah biji yang tak terapung di atas air rendaman. Biji-biji sirsak tersebut setelah itu dijemur di bawah panas matahari sepanjang 1 hari hingga kering. bila biji telah kering, tersebutkan dengan cepat sistem penanaman sirsak dilakukan.


2. sistem Perkecambahan Biji Sirsak

Sebelum biji sirsak ditanam terhadap lahan terbuka, sebagusnya terlebih dahulu melaksanakan perkecambahan biji terhadap tanah humus di dalam wadah pot polybag. Caranya, masukan 2 butir biji sirsak terhadap tiap-tiap kantong polybag yang telah berisi pupuk kandang/kompos/tanah humus bekas pembakaran daun-daun. Pastikan jikalau lubang tanam perkecambahan yakni 0,5 cm (khusus buat perkecambahan biji). sehabis biji ditimbun ke dalam pupuk kandang, setelah itu siram secara acap kali tanah di dalam polybag (sehari 1 - 2 kali) dengan menatap keadaan kelembaban tanah. 

Pastikan juga jikalau tanah mempunyai ketercukupan air agar sistem perkecambahan biji sirsak terjadi maksimal. kebiasaannya biji sirsak dengan cepat berkecambah serta tumbuh dalam masa 1 - 2 Minggu atau lebih bergantung dari kerutinan penyiraman dengan air. Apabila tanaman terhadap pot polybag tumbuh baik, selanjutnya yakni pengolahan lahan serta penanaman tanaman sirsak di lahan terbuka layaknya kebun atau wilayah halaman rumah.


3. Pengolahan Lahan Tanam, Penanaman Sirsak, serta Pola Penyiraman

Pengolahan lahan tanam sirsak yakni berbentuk lahan terbuka baik di halaman rumah ataupun di daerah perkebunan. Tanaman sirsak yang sudah disiapkan terhadap point nomor 2 di atas, selanjutnya siap ditanam di lahan terbuka. 
  • Pertama yang butuh dipersiapkan yaitu bikin lubang tanam sirsak ukuran panjang x lebar x tinggi berturut-turut yakni 20 x 20 x 20 cm. setelah ituterhadap area basis lubang tanam dikasi pupuk kandang (disarankan pupuk kotoran ayam/sapi) yakni 1/3 dari tinggi lubang tanam (atau kira-kira 6,3 cm). 
  • Setelah itu siram pupuk kandang terhadap area basis lubang dengan air sekedar ( 1 - 2 gayung). lantasambil 1 tanaman sirsak terhadap pot polybag dengan metode dicabut perlahan hingga terhadap akar serta tanahnya, 
  • Laku masukan ke dalam lubang tanam, lantas tanaman tersebut timbun dengan tanah galian lubang, padatkan tanah sehabis itu disiram secara acap kali agar tanaman sirsak laju tumbuh serta berbuah lebat. 
  • Penyiraman tanaman sirsak ini dilaksanakan secara teratur sampai tanaman menginjak usia 2 bulan. 
  • INGAT: Jarak tanam ideal buat budidaya sirsak supaya laju berbuah lebat sertamenguntungkan yaitu 2 meter. 

Supaya tanaman sirsak tak diganggu oleh hewan ternak serta yang lainnya, tersebutkan di sekitar tempat tumbuh tanaman sirsak diberikan pembatas berupa bujur sangkar dari bilah-bilah bambu yang dianyam atau ditancapkan, kira-kira setinggi 1 meter.


4. Penyiangan Gulma serta Penggemburan Lahan

Penyiangan dilaksanakan dalam rangka memberantas gulma (rumput liar) di sekitar daerah tanaman sirsak, pasal bagaimanapun juga apabila rumput liar banyak tumbuh di daerah pusat tanaman, tersebutkan bisa kurangi ketercukupan unsur hara serius bagi tanaman sirsak. metodenya yakni dengan mencabut atau mengoret dan dan merupakan juga melaksanakan penggemburan lahan. Penggemburan lahan tanam sirsak yakni dilaksanakan dengan metode mencangkul kecil-kecil secara berputar di sekitar pusat tanaman. 

Penggemburan lahan bertujuan supaya mempercepat sistem pembungaan, sistem percepatan daun, pembuahan serta menaikkan kadar oksigen di dalam tanah, dan memudahkan dalam penyerapan nutrisi oleh akar tanaman sirsak itu sendiri.


5. Pemupukan Tanaman Sirsak

Pohon sirsak disamping sesegera mungkin disiram acap kali serta tanahnya digemburkan, juga sesegera mungkin diberikan pupuk terhadap masa-masa terdefinisi jelas. Pemberian pupuk organik amatlah serius dalam menunjang peningkatan sertapernyebaran tanaman sirsak serta diberikan saat tanaman berusia 2 bulan pertama, dan terhadap saat usia 6 bulan. Pupuk organik diberikan sehari sehabis penggemburan lahan. metode pemberian pupuk organis yakni dengan metode ditaburkan terhadap pusat tanaman tumbuh (tepat di atas akar). 

Pemberian pupuk ini sangatlah serius serta bisa dilaksanakan setiap 4 bulan sekali selamatahunnya. disamping pupuk organik, pemakaian pupuk nonorganik juga bisa dilaksanakan sehabis tanaman menginjak umur 5 bulan pertama. Pemupukan organik dilaksanakan setiap 5 bulan sekali per tahunnya, yakni memakaikan pupuk jenis KCl, Urea, atau TSP (silakan dipilih salah satu saja). 

Pemupukan nonorganik dilaksanakan dengan metode bikin lubang larikan melingkar di sekitar pusat tanaman, setelah itu lubang larikan dikasi pupuk anorganik tersebut sekitar 1 gayung besar, lantas tutup kembali lubang larikan memakaikan tanah galian lebih awal. Dalam 1 hektar lahan, kebiasaannya dibutuhkan pupuk anorganik sekitar 500 kg hingga 1000. kg, bergantung dengan hitungan serta banyaknya tanaman sirsak yang dibudidaya.


6. aktivitas Panen serta Pemasaran result Panen Buah Sirsak

Buah sirsak telah siap dipanen apabila sudah berusia di atas 2 - 3 tahun (tergantung memakaikan metode stek batang atau melewati biji secara generatif), Karena terhadap umur ini kebiasaannya tanaman telah mulai berbunga dan banyak buah yang diproduksi di batang tanamannya. Buah sirsak yang telah matang bila dipencet buahnya nampak empuk, kulit buah menyerupai duri-duri berwarna kuning kehijauan. Pemanenan buah sirsak dipetik manual dengan tangan, buah yang telah dipetik setelah itudimasukan ke dalam keranjang buah.

Buah sirsak yang hendak dijual di pasaran, sebagusnya terlebih dahulu dicuci memakaikan air bersih, lantas dimasukan ke dalam lemari pendingin supaya buah tetap segar. Buah sirsak bisa dijual dalam bentuk kiloan atau per buah saja. Konsumen kebiasaannya memanfaatkan buah sirsak buat beragam kepentingan salah satunya yaitu sebagai buah pencuci mulut sebelum atau sesudah makan. Di pasaran serta minimarket (toko buah), buah ini dijual secara eceran serta dipaket-paket dalam keranjang buah. 

Misalnya, di pasar-pasar tradisional di wilayah Kota Bandar Lampung, buah sirsak dijual dengan harga per kilogramnya kisaran Rp. 12000,00,-. hingga Rp20000,00,-. serta harga ini jelas saja saja tak mutlak berlaku buat area lain di Indonesia. Banyak sekali masyarakat serta industri minuman sari buah memanfaatkan buah sirsak sebagai salah satu area dari pemberi cita rasa terhadap minuman ataupun makanan olahan.

Demikianlah artikel tenatang BUDIDAYA TANAMAN BUAH SIRSAK, semoga bermanfaat untuk para pembaca setia blog Pustaka Ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "BUDIDAYA TANAMAN BUAH SIRSAK"