CARA MEMANGKAS POHON DURIAN YANG TUMBUH DI PEKARANGAN

Pemangkasan utama yang bisa dilaksanakan terhadap pohon durian ialah buat penjarangan tunas yang bertujuan supaya cabang pohon nantinya bisa tumbuh dengan besar serta sehat.

CARA MEMANGKAS POHON DURIAN YANG TUMBUH DI PEKARANGAN

Pemangkasan penjarangan bisa dilaksanakan baik dengan pola 1-0-1-0-1 ataupun pola 1-0-0-1-0-0-1 (lihat gambar) menatapkeadaan tanaman. bila dengan pola pemangkasan 1-0-1-0-1 nantinya jarak tunas masih terlihat rapat, tersebutkan pemangkasan pola 1-0-0-1-0-0-1 bisa dilakukan.

Penggunaan pemberat layaknya batu atau pemancangan ke tanah bisa dipakai buat menemukan batang lateral yang tumbuh landai mendatar.

Pemangkasan berikutnya ialah pemangkasan ketinggian atau pemangkasan pucuk. Pemangkasan pucuk dilaksanakan bila pohon durian nantinya dikehendaki tak terlampau tinggi buat sebab mengapa kemudahan perawatan ataupun buat sebab mengapakeindahan bila ditanam di pekarangan rumah.

Pemangkasan pucuk sebagusnya dilaksanakan terhadap bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif layaknya bibit asal sambung susu, sambung pucuk, serta okulasi. Bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif ini tak akan berproblem bila pucuknya dipangkas terhadap ketinggian contoh 4 – 5 meter.

Pemangkasan terhadap pucuk batang dilaksanakan 1 cm diatas tunas terhadapketinggian yang dikehendaki. area yang dipangkas haruslah telah cukup keras yang ditandai dengan warna kulit yang agak kecoklatan, dengan cepat sehabis pemangkasan, bidang pemangkasan butuh ditutup dengan plastik serta sehabis luka tampak kering, bidang pemangkasan bisa ditutup dengan susunan cat, aspal, atau waterproofing.


Pemangkasan pucuk akan mengakibatkan tumbuhnya tunas-tunas baru berbentuk tunas air dampak terjadinya konsentrasi hormon auksin yang tak tersalurkan ke pucuk tanaman yang telah dipotong. buat ini pemangkasan tunas air butuh dilaksanakansetelahnya.

Batang lateral juga bisa tumbuh sampai belasan meter ke samping, bila dikehendaki batang lateral bisa juga di potong sehabis mencapai panjang sekitar 5 meter. Dengan pemangkasan ini akan didapat pohon durian dengan ketinggian serta bentuk tajuk yang pendek serta kompak.


Demikianlah artikel tentang CARA MEMANGKAS POHON DURIAN YANG TUMBUH DI PEKARANGAN, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "CARA MEMANGKAS POHON DURIAN YANG TUMBUH DI PEKARANGAN"