INFORMASI TENTANG TANAMAN KOPI EKSELSA

Kopi Ekselsa tidak terlalu sensitif pada penyakit HV berbeda dengan Kopi Arabika. Kopi Jenis ini sangat bagus dibudidayakan di dataran rendah yang basah karena memiliki daya tahan hidup kopi ini sangat kuat.

Tanaman jenis Kopi Ekselsa ditemukan pertamakali oleh A. Chevalier pada tahun 1905 di Afrika Barat, di sekitar Sungai Char, dekat Danau Chad. Kopi Ekselsa hampir mirip dengan Kopi Liberica.

Kopi Ekselsa mempunyai daun bulat dengan pinggiran agak halus, daun yang masih muda akan berwarna ungu agak merah terbakar sebelum akhirnya beralih ke warna hijau sehabis umur tua, walau demikian sebagian daun masih menampakkan aksen ungu.

INFORMASI TENTANG TANAMAN KOPI EKSELSA

Kopi ini berbatang kekar serta dapat mencapai 9 meter dengan cabang primer yang dapat bertahan lama serta berbunga terhadapbatang yang tua. Kopi jenis Ekselsa jelas jelas tak terlampau terkenal dunia, namun amat terkenal di Filipina. Kopi ini mempunyaikarakter rasa yang pahit.

Kopi Ekselsa mempunyai daun bulat dengan pinggiran agak halus, daun yang masih muda akan berwarna ungu agak merah terbakar sebelum akhirnya beralih ke warna hijau sehabis umur tua,

walau demikian sebagian daun masih menampakkan aksen ungu. Kopi ini berbatang kekar serta dapat mencapai 9 meter dengan cabang primer yang dapat bertahan lama serta berbunga terhadapbatang yang tua.

Jenis kopi excelsa amat serupa dengan kopi liberika. Kopi yang berasal dari Afrika Barat ini diciptakan oleh A. Chevalier terhadaptahun 1905. Pertama kali ditemui di sekitar Sungai Char, dekat Danau Chad

Kopi Ekselsa mempunyai daun bulat dengan pinggiran agak halus, daun yang masih muda akan berwarna ungu agak merah terbakar sebelum akhirnya beralih ke warna hijau sehabis umur tua, walau demikian sebagian daun masih menampakkan aksen ungu.

Baca Juga : TAHAPAN PEMBIBITAN TANAMAN PADI

Kopi ini berbatang kekar serta dapat mencapai 9 meter dengan cabang primer yang dapat bertahan lama serta berbunga terhadapbatang yang tua. Kopi jenis Excelsa jelas jelas tak terlampau terkenal dunia, namun amat terkenal di Filipina.


Kopi Jenis ini amat cocok dibudidayakan di dataran rendah yang basah pasal jelas jelas daya tahan hidup kopi ini amat kuat.

Kopi ini merupakan jenis kopi yang relatif gampang dalam pembudidayaannya, karena tidak bagus pada serangan penyakit serta kopi ini bisa juga ditanam di atas lahan gambut.

Cukup lama kurun masa 3,5 tahun, tanaman kopi ini telah dapat memproduksi butir kopi sekitar 800-1200 kg per Hektar.

Di Indonesia kopi jenis Ekselsa (Excelsa coffee) amat jarang dibudidayakan oleh masyarakat. Namun tak setara halnya dengan masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat – JAMBI, para petani disana sudah menanam dari 50 tahun yang lalu.

Dalam segi harga jelas jelas kopi ini jauh dibawah harga kopi arabika, walaupun demikian adakalanya harga kopi ekselsa lebih mahal dari harga kopi Robusta.

Kopi excelsa memiliki cita rasa serta aroma yang digolongkan kuat serta dominan pahit. sebagian peneliti luar negeri juga mulai tertarik kopi excelsa indonesia.

Keunggulan kopi excelsa antara lain :
1. Memiliki fisik yang lebih besar dari kopi arabika ataupun robusta serta lebih

2. Memilih berbuah selama tahun, gampang dibudidayakan, serta relatif tahan pada hama sertapenyakit.

Demikianlah artikel tentang INFORMASI TENTANG TANAMAN KOPI EKSELSA, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "INFORMASI TENTANG TANAMAN KOPI EKSELSA"