PANDUAN BUDIDAYA TANAMAN BUAH MANGGIS

Buah manggis ini sudah sangat dikenal. Karena buah manggis yang merupakan buah asli nusantara serta amat diminati buahnya karena rasanya manis dan menyegarkan.

Banyak sekali petani manggis yang membudidayakannya, bisa kita jumpai di beragam area di Indonesia. pasal result studi yang para ahli lakukan, kandungan manggis mempunyai khasiat yang luar biasa buat kebugaran badan baik daging buahnya juga kulitnya. tak terkejut bila permintaan dipasaran saat ini terus menaik.

PANDUAN BUDIDAYA TANAMAN BUAH MANGGIS

Dari naiknya permintaan tersebut dapat kita manfaatkan buat dijadikan peluang usaha. apakah sahabat Tani Organik berminat buatbertani manggis? lebih awal metoda menanam butuh kita ketahui supaya tanaman dapat tumbuh secara optimal. Ikuti panduan menanamnya dibawah ini


1. Pilihlah Bibit Manggis yang Berkualitas

Pertama kita sesegera mungkin menyiapkan bibit manggis buat kita tanam. Bibit manggis dapat diperbanyak dari biji, sambung pucuk, serta susulan dapat sahabat Tani Organik laksanakan. bila ingin instan tak ingin repot membibitkan sendiri, bibit manggis dapat sahabat beli di kios bibit setempat. keadaan bibit amat memberi efek pertumbuhannya kedepan, jadi butuh kita perhatikan dalam memilihnya. Pilihlah bibit manggis yang benar-benar bugar bebas hama penyakit tanaman, berdaun hijau segar tak layu, berbatang kokoh tak kering serta pilih juga bibit dengan cabang rindang.


2. Lokasi Penanaman

Sejauh ini tanaman manggis akan amat produktif terhadap lokasi ketinggian 5-500 m di atas permukaan laut serta mempunyaisuhu udara 25-32°C mm. agar tanaman dapat laju beradaptasi dengan lingkungan barunya lokasi sesegera mungkin bersih dari rumput liar disekitar bakal tanam, daerah lahan jangan terlampau sempit, tanah kaya dengan unsur hara, serta memperoleh sinar matahari langsung.


3. bikin Lubang Tanam

Tahap berikutnya tinggal kita bikin lubang penanaman. Lubang tanam dapat kita untuk dengan memakaikan alat layaknya cangkul dengan ukuran 50x50x50cm. setelah itu kita manfaatkan tanah bekas galian buat penutup lubang tanam, lebih awal campurkan dulu kompos/pupuk kandang yang telah terfermentasi sekam, aduk sampai merata serta istirahatkan.


4. Mengistirahatkan Lahan

Lubang tanam yang sudah dibuat, jangan dulu langsung sistem penanaman. Lubang tanam butuh kita didiamkan terlebih dahulu 2-3 hari, biarkan tersinari sinar matahari. Tujuannya supaya bakteri asal pati penyakit dapat mati.

Agar Buah manggis cepat berbuah, Silahkan simak informasi ini
Baca : Cara Budidaya Buah Manggis Agar Cepat Berbuah

5. Mulai Menanam

Tahap berikutnya, barulah kita dapat mulai sistem penanaman. Pangkal bibit manggis diletakkan terhadap lubang tanam yang sudah kita sediakan. bila bibit didapatkan dari toko bibit, kebiasaannya telah tertanam terhadap media polybag, sobek plastik polybag dengan waspada jangan sampai balutan tanah serta perakaran rusak. Posisikan bibit tegak lurus, jangan sampai miring.


6. mengcover Lubang Tanam

Selanjutnya kita dengan cepat tutup lubang tanam dengan media tanah yang sudah dicampurkan kompos sekam yang sudah kita persiapkan sebelumnya, tutuplah hingga rata. Padatkan sedikit penutup lubang dengan menginjak-injak media tanam, namun jangan terlampau padat Karena pernyebaran akar tanaman manggis akan terhambat. Ini akan bikin tanaman baru tak gampang roboh.

Informasi lengkap tentaang manfaat buah manggis, silahkan
Baca : 19 Manfaat dan Khasiat Buah Manggis Untuk Kesehatan

7. Penyiraman

Lakukan penyiraman pertama, bila tanaman manggis sudah selesai kita tanam. Siramlah tanaman serta media tanam sekedar hingga meresap jangan terlampau becek. Gunakan alat bantu layaknya embrat buat result yang maksimal.


8. memakaikan Ajir

Memasang ajir jelas jelas dianjurkan terhadap tanaman baru. Ajir dipakai buat penyokong tanaman supaya tak ringkih sekaliroboh serta berubah posisi dampak permasalahan dari luar. Bambu dapat kita manfaatkan buat ajir dengan ukuran ajir panjangnya 1,5 meteran.


9. Pemupukan Rutin

Pemupukan secara berkala amat memberi efek peningkatan tanaman menjadi lebih subur. Nutrisi makro serta mikro baik yang diserap tanaman manggis, bikin tanaman tumbuh baik secara cepat, juga kebal akan serangan penyakit. Pengaplikasian pemupukan acap kali ini dapat memakaikan metode organik atau kombinasi kimia.


10. Merangsang timbulnya Bunga/Buah

Tanaman result metode vegetatif akan berbuah kisaran 5 tahunan. Tanaman ini tergolong lama buat menghasilkan buahnya, namun kita butuh mengaplikasikan hormon perangsang buah buat memacu serta mempercepat timbulnya bunga atau buah sertamemacu pembuahan makin lebat.


11. Perawatan

Kita butuh laksanakan juga perawatan lainnya buat result yang optimal layaknya rajin menyiramnya 1-2 kali sehari namun bergantung kelembaban terhadap tanahnya, membersihkan rumput yang tumbuh terhadap lahan tanam tanaman manggis.


12. Penanggulangan Hama serta Penyakit

Ulat peliang daun (leaf minner) serta ulat pemakan daun (ulat bulu) merupakan hama yang kerap menginterupsi peningkatantanaman manggis. Pengendalian dari hama-hama tadi dapat kita semprotkan insektisida.

Demikianlah artikel tentang PANDUAN BUDIDAYA TANAMAN BUAH MANGGIS, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca setia blog Pustaka Ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "PANDUAN BUDIDAYA TANAMAN BUAH MANGGIS"