PANDUAN BUDIDAYA TANAMAN PETAI

Buah asli Indonesia ini mempunyai aroma bau khas layaknya jengkol. bila dikonsumsi, aroma baunya akan tinggal dimulut yang bikin tak percaya diri. Namun, rasa baunya tak menjadi problem pasal rasanya jelas jelas enak menjadi nafsu makan naik. Olahannya dapat menjadi lalapan atau dijadikan bahan baku masakan sehari-hari.

PANDUAN BUDIDAYA TANAMAN PETAI

Buah petai ini mempunyai khasiat salah satunya buat mengatasi penyakit kencing manis. ditinjau dari keperluan petai dipasaran jelas jelas amat tinggi, pasal keberadaannya amatdigemari masyarakat. Oleh pasal itu amat menguntungkan mempunyai tanamannya buat diri sendiri maupun dijadikan lahan bisnis.


Cara Menanam Petai


1. Memilih Bibit Petai yang Berkualitas

Untuk menemukan bibibit petai, dapat kita melaksanakan pembibitan penyemaian biji (generatif) maupun dapat dari metodeokulasi (vegetatif). bila sahabat tak paham dengan problem pembibitan, bibit petai dapat sahabat dapatkan di toko bibit sekita tempat tinggal sahabat. butuh diperhatikan dalam memilih bibit Karena keadaan bibit akan berefek terhadap kelangsungan tumbuh tanaman petai dikemudian hari. Bibit petai sesegera mungkin benar-benar bugar bebas dari hama penyakit, berdaun hijau segar tak layu, berbatang kokoh tak kering serta pilih juga bibit dengan percabangan rindang.


2. Lokasi Penanaman

Untuk lokasi penanaman tanaman petai akan tumbuh subur terhadap lahan dengan ketinggian 10 sampai 800 meter dari permukaan laut. agar tanaman petai dapat laju beradaptasi dengan lingkungan barunya jelas saja daerah tanam butuh bersih dari rumput liar disekitar bakal tanam, daerah lahan jangan terlampau sempit, tanah cukup gembur serta kaya dengan bahan organik, sertamemperoleh sinar matahari langsung.


3. bikin Lubang Tanam

Berikutnya kita laksanakan penggalian media tanam dapat kita untuk dengan memakaikan alat layaknya cangkul dengan ukuran 50x50x50cm. Kemudian, tanah bekas galian dapat ditambahkan kompos/pupuk kandang yang telah terfermentasi sekam, aduk sampai merata serta istirahatkan.


4. Mengistirahatkan Lahan

Selesai bikin lubang tanam, didambakan sebelum penanaman bibit petai lubang tanam diistirahatkan terlebih dahulu. Lubang tanam diistirahatkan terlebih dahulu sekitar 2-3 hari, biarkan tersinari sinar matahari. Tujuannya agar bibit hama serta penyakit dapatmeninggal terhadap lubang tanam.


5. Sistem Penanaman

Jika pengistirahatan lubang tanam sudah selesai, langkah berikutnya ialah sistem penanaman bibit petai. Pangkal bibit petai diletakkan terhadap lubang tanam yang sudah kita siapkan sebelumnya, jika bibit dibeli dari toko bibit, kebiasaannya telahtertanam terhadap media polybag, kita tinggal menyobek atau membuka terlebih dahulu plastik polybag dengan waspada jangan sampai balutan perakarannya rusak. Lalu, posisikan bibit tegak lurus jangan sampai miring ketika ditutup oleh media tanam.

Buah petai ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, Berikut ini penjelasannya :
Baca Juga : 27 Manfaat Petai untuk Kesehatan

6. mengcover Lubang Tanam

Bibit petai yang telah tegak lurus, dengan cepat tutup dengan media campuran tanah kompos sekam yang sudah kita persiapkan sebelumnya, tutuplah sampai rata. supaya tanaman tak gampang roboh, penutup lubang tanam dipadatkan sedikit dapat kita diinjak-injak, namun jangan terlampau padat Karena akan menghalangi pernyebaran akar tanaman petai.


7. Penyiraman

Proses penanaman semuanya telah selesai, tinggal kita laksanakan penyiraman. Siramlah tanaman serta media tanam sekedarnamun jangan terlampau becek. Gunakan alat bantu layaknya embrat buat result penyiraman yang maksimal.


8. memakaikan Ajir

Pemasangan ajir amat dianjurkan terhadap tanaman petai yang baru kita tanam. Ajir berfungsi sebagai penyokong agar tanaman tak gampang terganggu dari lingkungan. Ajir dapat kita untuk sendiri dari bambu dengan ukuran disesuaikan dengan ukuran bibitnya.


9. Pemupukan Rutin

Pemupukan secara acap kali amat dibutuhkan oleh tanaman petai. pasal unsur hara terhadap media tanam terus diserap serta lama kelamaan akan terkuras. tersebutkan dari itu buat memulihkan kesuburan tanah serta nutrisi yang tiap saat tetap ada, butuh kita aplikasikan pemupukan secara acap kali.


10. Merangsang timbulnya Bunga/Buah

Petai diantaranya tanaman yang lumayan lama buat menghasilkan buah. Dari result okulasi tanaman petai akan menghasilkan buah terhadap usia 4-5 tahunan. tersebutkan pertumbuhannya, butuh kita aplikasikan juga hormon perangsang buah.


11. Perawatan

Selain aplikasi pemupukan, perawatan lain pun akan menunjang tanaman petai tumbuh secara optimal layaknya rajin menyiramnya 1-2 kali sehari namun dikondisikan dengan kelembaban terhadap tanahnya, bersihkan bila rumput-rumput tumbuh disekitaran tanaman petai.

Demikianlah artikel tenang PANDUAN BUDIDAYA TANAMAN PETAI, Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog Pustaka Ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "PANDUAN BUDIDAYA TANAMAN PETAI"