PANDUAN CARA BUDIDAYA TANAMAN SUKUN

Tanaman ini merupakan tanaman pionir Karena bisa tumbuh di beragam keadaan tanah, baik itu yang subur ataupun tanah yang tak subur. Budidaya tanaman sukun terbilang cukup mudah.

Dengan tajuk serta pohon yang terbilang cukup besar dan mempunyai proses perakaran yang luas bikin tanaman sukun cocok buat penghijauan, pencegahan erosi, konservasi lahan serta lain sebagainya.

Tanaman sukun tak mempunyai biji, sehingga dalam metoda budidayanya memakaikan metode penanaman vegetatif. terkandung sebagian metode yang dilaksanakan buat menemukan benih atau bibit dari pohon sukun.

PANDUAN CARA BUDIDAYA TANAMAN SUKUN

Cara yang pertama yaitu dengan memakaikan stek pucuk. metode ini bisa mengatasi problem bibit yang terlampau lama Berposisi di dalam polibag.

Cara yang kedua yaitu dengan memakaikan okulasi. Dengan metode ini akan menemukan bibit yang banyak dalam masa yang singkat. metode yang selanjutnya yaitu dengan memakaikan tunas akar natural atau pencangkokan.

Dari beragam metode yang telah disebutkan, metode yang terbilang paling gampang yaitu dengan cara stek. buat menghasilkan panen yang berkualitas, tersebutkan sesegera mungkin dipilih benih dari indukan yang bermutu serta unggul.

Benih yang baik ditandai dengan sebagian Perihal salah satu tanaman telah terkandung minimal 4 helai daun, makin banyak daun tersebutkan akan makin bagus, namun idelanya terkandung minimal 6 daun atau lebih.

Baca juga : Manfaat Ajaib Daun Sukun

Daun terhadap tanaman sukun yang telah berjumlah 4 helai bermakna tanaman tersebut telah cukup usia buat bisa dipindahkan ke lahan. Daun yang bagus ditandai dengan daun yang mengkilap serta berwarna agak gelap namun terlihat segar.

Daun tanaman sukun yang berwarna pucat, agak keputihan serta berwarna kekuningan posibilitas peningkatan dari tanaman tersebut terganggu.


Persiapan Tanam

Tanaman sukun lebih optimal apabila ditanam terhadap awal musim hujan, pasal tanaman sukun memerlukan air yang banyak terhadap budidayanya. Oleh pasal itu tanaman sukun jangan sampai kekeringan.

Untuk metode tanam sukun sebagusnya di awal musim hujan. Penanaman sukun sebagusnya dilaksanakan terhadap sore hari, Perihal ini bertujuan buat kurangi penguapan,

Selanjutnya sebelum benih ditanam siapkan lahan serta lahan sesegera mungkin bersih dari rumput, semak serta bebatuan. Jarak antar masing-masing tanaman berkisar 12 m atau 15 m. buat lebih memudahkan dalam persiapan penanaman sukun sebagusnyadipakaikan patok atau bilah yang terbuat dari bambu.

Lubang buat menanam sukun dibuat dengan ukuran 75 cm. Lubang yang dibuat sesegera mungkin besar pasal peningkatantanaman sukun ini laju serta besar. Tanah area atas sesegera mungkin dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Lubang tanaman sesegera mungkin dibuat 2 minggu sebelum penanaman benih sukun, Perihal ini bertujuan supaya lubang yang akan dipakai terserang sinar matahari serta bisa berbahaya bibit penyakit dan hama tanaman sukun.

Apabila tanah buat budidaya tanaman sukun mempunyai pH atau derajat keasaman yang tinggi, tersebutkan bisa diturunkan dengan memakaikan kapur.
Panen serta Pasca Panen

Buah mulai tumbuh ketika tanaman sukun berusia 3 hingga 4 tahun. selama tahun tanaman sukun bisa terus berbuah. sementaramusim panen terbesar kebiasaannya berlangsung terhadap bulan Januari hingga bulan Maret.

Buah sukun bisa dipanen sehabis benar-benar tua. Buah sukun yang siap dipanen ditandai dengan tonjolan terhadap kulit buah mulai merata serta buah sukun berwarna agak kekuningan kusam. supaya tak retak buah tak boleh jatuh ke tanah.

Deikianlah artikel tentang PANDUAN CARA BUDIDAYA TANAMAN SUKUN, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "PANDUAN CARA BUDIDAYA TANAMAN SUKUN"