PEDOMAN CARA MEMUPUK TANAMAN JERUK YANG BAIK

Tanaman jeruk manis diharuskan buat senantiasa dipupuk terus-menerus secara teratur terlebih jika buat tanah yang kurang subur. adanya sebagian unsur-unsur hara yang amat dibutuhkan oleh tanaman jeruk yang memacu tumbuh kembangnya Nitrogen memberi efek peningkatan dahan, ranting, serta daun. kondisi buah dipicu pula oleh unsur ini.

PEDOMAN CARA MEMUPUK TANAMAN JERUK YANG BAIK

Kalau nitrogen kurang, rasa buahnya asam serta jika berlebihan memperlambat pematangan buah. disamping itu pemberian nitrogen secara berlebihan kurangi daya tahan tanaman jeruk pada penyakit.

Fosfor memacu peningkatan akar yang baik dari benih serta tanaman jeruk manis muda. Oleh pasal itu tanaman jeruk manis muda banyak membutuhkan fosfor. keperluan ini menaik mengikuti pertambahan usia tanaman jeruk.

Peranan lain unsur hara fosfor, yaitu mempercepat pembungaan serta pemasakan buah, dan menambah bunga yang menjadi buah. kelemahan unsur hara ini mengakibatkan buah kecil-kecil, kulit buah tebal, serta rasa buahnya asam. disamping itu daun lebih kecil serta kaku.

Kalium bermanfaat buat menaikkan mutu buah jeruk. jika tanaman jeruk manis ini kelemahan unsur kalium, tersebutkan rasa buah hambar, tapi jika berlebihan buahnya asam.

Kalsium lazimnya terkandung dalam hitungan yang memadai terhadap tanah di Indonesia. jika jeruk manis kelemahan unsur ini, mengakibatkan daun menguning (terutama tulang daun), lekas rontok, serta tunas muda yang tumbuh laju mati.


Pupuk yang dipakai berbentuk pupuk organik (misalnya pupuk kandang) serta pupuk anorganik (pupuk buatan). Pupuk kandang terutama diberikan terhadap saat tanam, sementara terhadap periode selanjutnya kerap diberikan pupuk buatan (urea, TSP, sertaKCL atau jenis lain).

Pupuk basis yang terdiri atas pupuk kandang serta pupuk fosfat dimasukkan lebih dahulu ke dalam lubang tanam bersama dengan tanah galian area atas. buat satu lubang bersama tanah galian tersebut dicampur dengan pupuk kandang sekitar 10-15 kg serta 1,5 kg TSP. Pemupukan lanjutan sebagusnya dilaksanakan sehabis tanaman jeruk manis berusia 4 tahun.

Pedoman dalam kegiatan pemupukan dikemukakan skema pemupukan yang ditetapkan oleh Jawatan Pertanian Rakyat bagian perkebunan sebagai berikut:



Keterangan:

Isi 1 kaleng sekitar 20 liter cairan atau sekitar 8,5 – 10 kg pupuk kandang

Jumlah takaran terhadap tabel di atas, diberikan secara bertahap dua kali dalam setahun. Pemberian pupuk dilaksanakan sebelum atau menjelang tanaman jeruk berbunga, yaitu menjelang musim hujan serta menjelang akhir musim hujan. Jangan melaksanakanpemupukan terhadap saat tanaman jeruk berbunga, Karena bunga dapat rontok (gugur).



Pupuk dimasukkan ke dalam lubang yang dibuat melingkari tajuk pohon. Kedalaman lubang pupuk 30 cm atau lebih sesuai dengan kedalaman akar tanaman jeruk. jika tanaman jeruk telah besar serta tajuk satu pohon dengan yang lainnya hampir bertaut, pupuk bisa diberikan terhadap sela-sela barisan tanaman atau antara tajuk pohon yang satu dengan yang lain.



Pemupukan dilakukan sebelum tanaman jeruk berbunga, setelah terbentuk tunas dan daun baru dan selama periode pertumbugan buah.

Demikianlah artikel tentang PEDOMAN CARA MEMUPUK TANAMAN JERUK YANG BAIK, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "PEDOMAN CARA MEMUPUK TANAMAN JERUK YANG BAIK"