Penyebab Tanaman Kapulaga tidak berbuah

Secara umum tanaman kapulaga ada 2 jenis, daintaranya : kapulaga sabrang dari marga Elettaria, dan kapulaga lokal dari marga Amomum. Tanaman kapulaga bisa diperbanyak secara generatip (daribiji) ataupun vegetatip. sebagian posibilitas factor pengakibat dominan.

Kondisi lingkungan tumbuh tanaman tak sesuai. buat jenis kapulaga sabrang (seperti sudah dijelaskan di atas) lazimnya bisatumbuh, berkembang serta berproduksi baik padalahan-lahan dengan ketinggian tempat > 500 m dpl (pegunungan). sementarajenis kapulaga lokal, lebih sesuai buat dataran rendah sampai menengah ( < 500 m dpl).

Penyebab Tanaman Kapulaga tidak berbuah

Faktor iklim

Seperti hitungan serta pola penyebaran curah hujan yang tak terpenuhi. Tanaman lazimnya menghendaki ada bulan kering yang cukup tegas (3-4 bulan) dalamsatu tahun. Perihal ini amat diperlukan buat merangsang inisiasi bunga.

Sebaliknya, jumlah dan pola penyebaran curah hujan yang terlampau banyak serta hampir selama tahun, jugaberdampak tak baik dalam penjawantah buah.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Kapulaga

Bahkan terhadap tanaman tertentu, bakal bungayang telah terbentuk bisa gagal (berubah) menjadi daun, jika keadaan iklim terlampau banyak hujan atau kurang pencahayaan (lama penyinaran).


Penyerbukan bunga kapulaga yang gagal

Berdasarkan karakter (morfologi) bunganya, agen penyerbuk bunga kapolaga bisa oleh angin atau serangga. Dalam Perihal ini takdiperolehinformasi agen mana yang lebih dominan. Kalau factor yang lebih dominan ialah serangga,maka kebiasaannya takberlangsung selama tahun.

Artinya, cuma tahun berlangsung terhadap tahuntertentu, bisa jadi pasal factor iklim yang terlampaupanas (curah hujan ekstrim rendah)sehingga populasi serangga penyerbuk turun drastis.

Sebaliknya, kalau kapulaganya hampir sepanjang tahun tetap berbunga biasa saja tapi tak berhasil membentuk buah, makamungkin butuh kajian lebih lanjut buatmengidentifikasi factor pengakibat yang sebenarnya.

Demikianlah artikel tentang Penyebab Tanaman Kapulaga tidak berbuah, Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Penyebab Tanaman Kapulaga tidak berbuah"