TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN PADI SETELAH PEMBIBITAN

Setelah selesai pembibitan, maka bibit padi harus segera ditanam denga cara pencabutan bibit di pesemaian. Bibit yang akan dicabut ialah bibit yang telah berusia 25-40 hari (tergantung jenisnya), berdaun 5-7 helai.

Sebelum pesemaian 2 atau 3 hari tanah digenangi air supaya tanah menjadi lunak sertamemudahkan pencabutan.

TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN PADI SETELAH PEMBIBITAN

Caranya, 5 sampai 10 batang bibit kita pegang menjadi satu setelah itu ditarik ke arah tubuh kita, usahakan batangnya jangan sampai putus. Ciri-ciri bibit yang baik antara lain:
  • Umurnya tak lebih dari 40 hari 
  • Tingginya kurang lebih dari 40 hari 
  • Tingginya kurang lebih 25 cm 
  • Berdaun 5-7 helai 
  • Batangnya besar serta kuat 
  • Bebas dari hama serta penyakit 

Bibit yang sudah dicabut lantas diikat dalam satu ikatan besar buat memudahkan pengangkutan. Bibit yang telah dicabut sesegera mungkin dengan cepat ditanam, jangan sampai bermalam.

Baca Juga : INFORMASI TENTANG KOPI LUWAK

Penanaman padi yang baik sesegera mungkin memakaikan larikan ke kanan serta ke kiri dengan jarak 20 x 20 cm, ini memudahkan pemeliharaan, baik penyiangan atau pemupukan serta memungkinkan tiap tanaman mendapati sinar matahari yang cukup serta zat-zat makanan secara merata.

Dengan berjalan mundur tangan kiri memegang bibit, tangan kanan menanam, setiap lubang 2 atau 3 batang bibit, dalamnya kira-kira3 atau 4 cm. usahakan penanaman tegak lurus jangan sampai miringUsahakan. penanaman bibit tak terlampau dalam maupunterlampau dangkal.

  • Bibit yang ditanam terlampau dalam akan menghalangi peningkatan akar serta anakannya sedikit. 
  • Bibit yang ditanam terlampau dangkal akan mengakibatkan gampang reba atau hanyut oleh aliran air.  

Dengan demiikian jelas jikalau penanaman bibit yang terlampau dalam ataupun terlampau dangkal akan berefek terhadap resultkeluaran.

Demikianlah artikel tentang TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN PADI SETELAH PEMBIBITAN, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "TAHAPAN PENANAMAN TANAMAN PADI SETELAH PEMBIBITAN"