TIPS PENANGGULAN PENYAKIT PADA MANGGA

Penyakit merupakan Perihal yang tidak asing lagi menusuk semua tanaman yang adanya di bumi ini. tak cuma tanaman mangga, manusia serta hewan pun kerap terserang penyakit. tidak terkecuali tanaman mangga. Tanaman mangga diantaranya tanaman yang kerap diserang penyakit.

Penyakit yang menusuk tanaman mangga bukan pasal tak adanya penyebabnya. Pasti adanya pengakibat dari serangan penyakit pada tanaman mangga. terhadap umumnya, pengakibat dari serangan penyakit terhadap mangga ialah pasal ada hewan pengganggu layaknya virus, bakteri, serta lain sebagainya.

Hewan penggangg tersebut datang dikarenakan oleh genangan air serta lingkungan sekitar yang kurang diperhatikan. Lingkungan yang kurang bersih jelas jelas akan bikin hewan pengganggu kerap datang serta menusuk tanaman mangga.

Untuk mencegah datangnya penyakit, sebagusnya jaga kebersihan serta usahakan tak adanya genangan air yang akan mengakibatkan hewan pengganggu datang lantas menusuk tanaman mangga.

TIPS PENANGGULAN PENYAKIT PADA MANGGA

Penyakit Mangga diplodia

Penyakit diplodia merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap menusuk tanaman mangga. Penyakit diplodia ini ddisebabkan oleh cendawan. Penyakit dengan nama latin Botrypodiaplodia theobromae ini kerap menusuk tanaman mangga terhadap areabatang serta juga ranting.

Penyakit diplodia ini merupakan penyakit yang bisa menusuk melewati ranting atau batang yang terluka dampak benda tajam. tanda yang akan ditimbulkan dari serangan penyakit diplodia ialah kulit ranting atau kulit batang pecah-pecah. Kadang-kadang juga akan megeluarkan cairan terhadap batang yang berwarna cokelat bercampur hitam.

Jika terkandung tanda layaknya itu, bermakna tanaman mangga sudah terkena penyakit diplodia. bila sudah muncul tandalayaknya ini, sebagusnya langsung dilaksanakan pengendalian dengan metode mengupas kulit batang atau ranting yang terkenapenyakit tersebut lantas dioles dengan fungisida benlate tiap seminggu sekali.

Cara kedua yang bisa digunakan buat mengontrol penyakit diplodia ialah dengan memotong lantas membuang ranting atau batang yang sudah terkena penyakit diplodia. bila tanaman mangga sudah terkena penyakit diplodia, usahakan langsung dikendalikan agar tak terkena tanaman mangga lainnya.


Penyakit Mangga antraknose
pengakibat dari penyakit antraknose ialah jamur. Penyakit antraknosa menusuk hampir semua area dari tanaman mangga. layaknya area ranting, daun, buah, serta bunga. Penyakit antraknosa inilah yang paling ditakutkan oleh pembudidaya mangga pasalamat beresiko mengakibatkan kematian terhadap tanaman mangga.

Peyakit dengan nama latin Colletorichum gloeosporodes ini mengeluarkan tanda bila menusuk tanaman mangga. tanda yang ditimbulkan dari serangan penyakit antraknose aalah munculnya bercak berwarna cokelat layaknya berkarat terhadap daun yang diserang penyakit ini. 

Sedangkan bila yang diserang penyakit antraknose ialah area buah mangga, tanda yang ditimbulkan ialah munculnya bercak berwarna cokelat. Lama kelamaan, bercak ini berubah menjadi membusuk serta membentuk bulatan yang besar Advertisements.

Untuk mengontrol penyakit antraknose metodenya ialah dengan menyemprotkan cairan fungsida berupa Delsene dengan dosis yang sudah ditentukan.


Penyakit Mangga cendawan jelaga

Penyakit cendawan jelaga merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap menusuk tanaman mangga. Penyakit cendawan jelaga dikarenakan oleh virus yang bernama virus Meliola mangifera. tanda yang ditimbulkan dari serangan penyakit cendawan jelaga ialah daun tanaman mangga yang awalnya berwarna hijau berubah warna menjadi berwarna hitam.

Penyakit cendawan jelaga datang menusuk tanaman mangga dikarenakan oleh serangga yang menghasilkan cairan yang manis. Cendawan pengakibat penyakit ini amat menyukai cairan manis yang dihasilkan oleh serangga.
buat mengatasi penyakit cendawan jelaga metodenya ialah dengan menghilangkan terlebih dahulu serangga yang menghasilkan cairan yang manis pengakibat dari munculnya penyakit cendawan jelaga. buat memusnahkan serangga ini metodenya ialahdengan memakaikan tepung belerang.


Penyakit Mangga bercak karat merah

Penyakit bercak karat merah ini hampir menusuk semua area tanaman mangga. Penyakit ayng dikarenakan oleh jamur Colletotrichum gloeosporiodes ini menusuk area tanaman mangga layaknya tunas, ranting, ddan bunga. terhadap saat tanaman mangga ingin berbunga, bunganya tersebut akan habis diserang oleh penyakit bercak karat merah.

Akibatnya, buah yang akan dihasilkan terhadap saat panen akan berkurang. Bahkan, penyakit bercak karat merah juga akan menyebabkan kegagalan panen terhadap tanaman mangga. buat mengatasi penyakit bercak karat merah metodenya ialahdengan memotong daun yang diserang penyakit bercak karat merah.

Namun, bila penyerang penyakit bercak karat merah sudah parah, Perihal yang bisa dilaksanakan ialah dengan menyemprotkan cairan fungisida sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan Penyakit kudis terhadap buah mangga.

Penyakit kudis ini menusuk area buah, bunga, batang, serta ranting tanaman mangga. tanda yang ditimbulkan dari serangan penyakit kudia ini ialah munculnya bercak berwarna kuning terhadap area tanaman mangga yang sudah diserang dengan penyakit kudis ini.

Untuk mengatasi penyakit kudis ialah dengan pemangkasan terhadap area tanaman mangga yang terkena penyakit kudis ini. bilatak bisa dikendalikan dengan metode layaknya itu, metode lainnya juga bisa dipakai. metodenya ialah dengan menyemprotkan cairan fungsida sesuai dengan dosis yang sudah ditentukan.
Gulma Mangga

Gulma juga diantaranya salah satu jenis penyakit yang kerap menusuk tanaman mangga. Gulma ini amat mematikan bagi tanaman mangga pasal gulma bisa menyerap sari-sari makanan yang harusnya diberikan terhadap tanaman mangga tapi dihisap oleh gulma. Akibatnya, tanaman mangga tak dapat menemukan sari-sari makanan yang penuh pasal sudah dibagi dengan gulma.

Untuk mengatasi gulma ini, metodenya ialah dengan memotong ranting dari gulma tersebut setelah itu membakarnya. pasal sifat dari gulma ini berpindah-pindah. Jadi pembudidaya mangga sesegera mungkin tiap harinya memeriksa apa tanaman mangganya adanya gulma atau tidak.

Demikianlah artikel pustaka ilmu tentang TIPS PENANGGULAN PENYAKIT PADA MANGGA, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih

Post a Comment for "TIPS PENANGGULAN PENYAKIT PADA MANGGA"