Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat terbaru Beserta Strukturnya

Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai contoh teks cerita sejarah beserta strukturnya, pada kesempetan kali ini juga kita akan membahas Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat Beserta Strukturnya terbaru.

Berbicara mengenai sejarah tentunya kita sudah mengetahui bahwa itu merupakan suatu hal yang sudah terjadi di masa lalu. Tentu saja banyak contoh kejadian sejarah yang menarik untuk diperbincangkan. Pembahasan materi teks cerita sejarah pernah diulas lengkap di website ini, kalian bisa membacanya terlebih dahulu.

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat terbaru Beserta Strukturnya

Struktur penyusun teks sejarah, yaitu:
  • Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah. 
  • Urutan Peristiwa, merupakan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan dalam urutan kronologis. 
  • Reorientasi, berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak. Terserah kehendak penulis teks cerita sejarah. 

Berikut ini adalah contoh teks cerita sejarah singkat terbaru beserta strukturnya.

1. Sejarah Internet

Orientasi

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi bisa dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang bisa mudah dihancurkan.


Urutan Peristiwa

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi 2, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Semoga membantu

Reorientasi

Sekarang internet sudah menjadi hal yang sangat penting bagi manusia, contohnya untuk siswa sekolah. Mereka bisa mendapatkan informasi yang tidak ada di perpustakaan sekolah, semua itu bisa asalkan mereka mempunyai koneksi internet.


2. Sejarah INSTAGRAM

Orientasi

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Kata "insta" berasal dari kata "instan", seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan "foto instan". Sedangkan untuk kata "gram" berasal dari kata "telegram" yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat


Urutan Peristiwa

Perusahaan Burbn, Inc. berdiri pada tahun 2010, perusahaan teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja.

Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, aplikasi yang sudah dapat digunakan iPhone yang isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur.

Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.

Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.


Reorientasi

Sekarang banyak anak muda bahkan orang tua yang mempunyai akun instagram dikarenakan semakin populer nya aplikasi ini. Dengan instagram kita bisa melihat aktivitas teman-teman kita melalui foto dan video yang mereka bagikan, sungguh menarik.

Demikianlah contoh teks cerita sejarah singkat dilengkapi dengan 3 struktur penyusun teks cerita sejarah, dan jika ada kesalahan pada artikel ini saya harap kamu melaporkan melalui komentar dibawah. Terimakasih

Post a Comment for "Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat terbaru Beserta Strukturnya"