Kerajinan Bahan Lunak, Contoh dan Tahap Pembuatannya

Kerajinan Bahan Lunak ialah suatu kerajinan yang bahan basis pembuatannya bersifat lunak baik natural ataupun buatan. Benda kerajinan merupakan area dari karya seni rupa yang dibuat dengan keterampilan manual. adanya dua bentuk kerajinan yaitu dua serta tiga dimensi.

Kerajinan Dua Dimensi cuma bisa ditinjau dari satu arah serta kebiasaannya tak mempunyai volume sementara Kerajinan Tiga Dimensi yaitu kerajinan yang bisa ditinjau dari beragam arah serta kebiasaannya mempunyai volume. Dari segi guna kerajinan bahan lunak dibagi menjadi dua guna yaitu guna pakai serta guna hias.

Kerajinan Bahan Lunak, Contoh dan Tahap Pembuatannya

Kerajinan bahan lunak dibagi menjadi 2 yaitu bahan lunak natural serta bahan lunak buatan :

1. Bahan lunak alami

Bahan lunak natural ialah bahan lunak yang kita bisa dari alam maupun bahan lunak dari alam yang pengolahannya masih alami. Bahan lunak natural kebiasaannya bisa kita dapatkan dengan gampang dengan biaya yang murah juga. misal bahan lunak natural:
  • Tanah Liat : gerabah, keramik serta batu bata 
  • Kulit : tas, sepatu, jaket serta dompet, wayang 
  • Serat Alam : topi, dompet, alas meja, tas serta tempat lampu 

2. Bahan lunak buatan

Bahan lunak buatan ialah suatu bahan yang melewati sebagian level sistem sehingga menjadi lunak. Bahan lunak buatan lebih memilih lebih mahal dibandingkan dengan bahan alami. misal bahan lunak buatan :
  • Gips 
  • Lilin 
  • Sabun 
  • Bubur Kertas 
  • Clay 
  • Kardus 

Tahap bikin Kerajinan Bahan Lunak

a. bikin rancangan

Rancangan ialah Perihal awal yang kita laksanakan sehabis memperoleh ide buat bikin suatu kerajinan dari bahan lunak, rancangan yang bagus kebiasaannya akan menghasilkan yang bagus. Rancangan kebiasaannya dibuat di suatu kertas lantas kita menggambarnya.


b. Menyiapkan alat serta bahan

Setelah rancangan dibuat level selanjutnya ialah menyiapkan alat serta bahan. Alat serta bahan di utamakan mempunyai nilai mutu yang bagus sehingga akan memperoleh result yang baik.


c. bikin benda sesuai rancangan

Setelah seluruh siap kita mulai dengan sistem pembuatan, buatlah sesuatu area basis terlebih dari suatu kerajinan sehingga akan gampang dibentuk serta mempercepat sistem pembuatan.


d. level penyelesaian

Tahap akhir sehabis kita bikin suatu kerajinan ialah salah satunya dengan merapikan atau berikan hiasan atau sebagian tambahan lain sehingga menaikkan nilai mutu kerajinan tersebut.

Demikianlah artikel tentang Kerajinan Bahan Lunak, Contoh dan Tahap Pembuatannya, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Kerajinan Bahan Lunak, Contoh dan Tahap Pembuatannya"