REFERENSI AGAR POHON MANGGIS BERBUAH BANYAK

Para petani manggis di Indonesia kini bisa memanen tanaman buah yang manis dan kaya vitamin ini dua kali lebih banyak dari biasanya, itu semua karena rajin dan tekun budidaya buah manggis.

Mohammad Reza Tirtawinata, doktor lulusan IPB, ialah yang pertama kali mendapatkan tehnik yang dia namai “three-in-one” itu. Dengan menanam tiga benih manggis tidak jauh sehingga dapat lebih banyak menyerap air serta mineral, Manggis yang akarnya amat sedikit, dapat bertumbuh lebih baik serta berbuah lebih cepat.

Inovasi baru itu telah diaplikasikan di Desa Dayo, Kabupaten Rokan Hulu di Riau terhadap awal bulan ini ketika tanaman manggis di desa itu, yang memperoleh paket 1000 batang benih manggis dari Balitbu Tropika terhadap tahun 2007, telah bisa mengeluarkan buah buat pertama kalinya terhadap 4 September 2012.

Harlion Syair, peneliti dari tubuh studi Tanaman Buah Tropika (Balitbu Tropika) Kementerian Pertanian, menyebutkan sepanjang ini umum dikenal ialah manggis baru bisa berbuah sehabis 10-12 tahun.

“Ini berguna bagi petani pasal amat memaksa serta memacu semangat mereka buat mendevelop sektor usaha agribisnis tanaman manggis dan merupakan juga menaikkan pendapatan mereka,” ujar Harlion dalam keterangannya kepada Beritasatucom.

Reza sendiri melaksanakan studi sepanjang 6,5 tahun buat menelusuri metode percepatan berbuahnya tanaman manggis yang dan merupakan juga menjadi disertasi doktoralnya terhadap tahun 2003 di IPB.

REFERENSI AGAR POHON MANGGIS BERBUAH BANYAK

Reza mendapatkan jikalau akar tanaman manggis amat sedikit, sehingga tak dapat banyak menyedot air serta pupuk. efeknyatanaman ini tumbuh lambat.

Untuk menambah akar tumbuhan, Reza menanam tiga benih tanaman manggis dalam jarak tidak jauh. Ketiganya disatukan, dibiarkan tumbuh menjadi satu namun dengan tiga cabang akar utama, yang bisa menyerap lebih banyak air serta pupuk.

Baca Juga : KEKURANGAN PUPUK KIMIA BILA DIBANDINGKAN DENGAN PUPUK ORGANIK

Dengan metode tanam yang dikatakan Reza sebagai “three-in-one” ini, petani bisa menghemat 8 hingga 10 tahun masa tanam.

Sayangnya sosialisasi inovasi itu kepada petani masih rendah sehingga masih sedikit petani yang mau menanam manggis.

“Teknologinya telah ada, namun masih sedikit petani yang mengetahuinya. Padahal buah ini ini banyak dicari di negara-negara Asia Timur,” ujar Reza bersetara dengan menambahkan jikalau adanya peluang besar bagi petani manggis Indonesia buat memasarkan manggis ke kawasan tersebut.

“Hampir tak adanya pesaing Indonesia dalam keluaran manggis, kecuali Thailand serta Malaysia,” ujar Reza.

Demikianlah artikel tentang REFERENSI AGAR POHON MANGGIS BERBUAH BANYAK, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "REFERENSI AGAR POHON MANGGIS BERBUAH BANYAK"