Pengertian Ekosistem dan Macam Macam Ekosistem

Pengertian Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang di bentuk karena adanya hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa juga di bilang suatu komunitas organisme yang hidup bersama sama dalam suatu lingkungan.

Komponen Ekosistem

Ekosistem memiliki 2 Komponen Ekosistem diantaranya :

1. Abiotik

Abiotik

Abiotik merupakan suatu komponen yang terdapat dalam Ekosistem yang kinerjanya tidak langsung terkait dengan suatu Organisme Seperti : Suhu, Air, Garam, Cahaya Matahari, Tanah dan Batu, dan Iklim.


2. Biotik

Biotik

Biotik merupakan suatu komponen yang terdapat dalam Ekosistem yang kinerjanya bersentuhan langsung dengan Suatu Organisme. Contohnya : Tumbuhan berperan sebagai Produsen, hewan berperan sebagai konsumen, dan mikroorganisme berperan sebagai decomposer.

Macam - Macam Ekosistem

Ekosistem memiliki banyak sekali macamnya. Setiap Ekosistem ini berbeda beda tempatnya. Berikut ini Macam - Macam Ekosistem seperti :


1. Ekosistem Hutan Hujan Tropis

Ekosistem Hutan Hujan Tropis

Ekosistem ini berhubungan dengan tanaman dan tumbuhan yang ada di perhutanan hujan Tropis. Ekosistem Jenis ini hampir bisa kalian temukan di setiap Negara. Tumbuhan yang tersebar di Hutan Hujan Tropis ini memiliki bentuk yang panjang dan Padat.

Dari bentuk tumbuhan yang ada di ekosistem tersebut. Sering sekali tumbuhan ini menghalangin sinar matahari yang masuk kedalam hutan tersebut. Makhluk hidup yang hidup di hutan hujan tropis ini memiliki jenis spesies heterotroph.


2. Ekosistem Taiga

Ekosistem Taiga

Ekosistem Taiga ini bisa tergolong Ekosistem yang memiliki udara yang paling dingin di antara kebanyakan hutan yang ada. Hutan tersebut dapat kamu temukan di Negara Kanada. Akan tetapi, walaupun Taiga ini bisa di sebut Ekosistem yang memiliki udara dingin ternyata ada lagi Ekosistem yang lebih dingin dari ekosistem ini.

Ekosistem Taiga ini memiliki suhu sekitar 0 celcius dalam kurun waktu 6 bulan setiap tahunnya. Organisme yang hidup di ekosistem ini memiliki nama Lichen (liken) dan lumut umum ditemukan disini.


3. Ekosistem Tundra

Ekosistem Tundra

Ekosistem Tundra merupakan Ekosistem yang memiliki udara terdingin di sekitarnya dan bahkan lebih dingin dari Ekosistem Taiga. Tumbuhan yang hidup di ekosistem ini sangatlah jarang dan sedikit.

Bahkan, banyak sekali makhlup hidup yang sering bermigrasi dari ekosistem ini ke lokasi yang jauh lebih baik dibandingkan ekosistem yang ini.

Penyebab - Penyebab Kerusakan Ekosistem

Penyebab - Penyebab Kerusakan Ekosistem

Seperti yang kita ketahui. Ekosistem di lingkungan hidup haruslah dijaga dengan baik dan juga harus dirawat dengan benar. Akan tetapi, ada saja beberapa faktor penyebab kerusakan Ekosistem diantara lain:

Faktor Alam

Faktor Alam

Faktor Alami ini merupakan salah satu penyebab kerusakan ekosistem. Akan tetapi, kerusakan ini di timbulkan oleh Alam. Seperti : Banjir, Tanah longsor, Gempa Bumi dan masih banyak lagi. Apabila kerusakan ini terjadi maka banyak organisme yang akan mati.


Faktor Manusia

Faktor Manusia

Faktor Manusia merupakan faktor yang membuat kesal. Dimana, kerusakan yang terjadi dilakukan dengan sengaja oleh Manusia, Seperti : Pembakaran Hutan, Pemburuan hewan liar besar besar sehingga tidak ada lagi kehidupan dari hewan liar tersebut.

Apabila kegiatan tersebut dilakukan secara terus menerus dan juga sering maka tidak akan ada kehidupan di suatu ekosistem tersebut.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Ekosistem dan Macam Macam Ekosistem, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Pengertian Ekosistem dan Macam Macam Ekosistem"