Fungsi dan Peranan Pers

Pers adalah singkatan dari media pers, yang merujuk pada segala bentuk media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, seperti koran, majalah, televisi, dan radio. Fungsi utama pers adalah menyampaikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat membuat keputusan yang tepat dan bijak. Pers juga memainkan peran penting dalam menjaga kebebasan berekspresi dan memberikan kontrol sosial terhadap pemerintah dan lembaga lainnya.

Pada era demokrasi ini, pers menjadi salah satu ekspresi kedaulatan rakyat dan unsur komunikasi dan penglihatan rakyat pada kenasiban bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Terbentuknya masyarakat yang demokratis pada sebuahnegara tak bisa dipisahkan dari fungsi pers yang ada di negara tersebut. Pers mempunyai fungsi penting bagi perkembangna sebuahnegara menuju kenasiban berbangsa dan bernegara dengan cara demokratis.

Oleh sebab itu, kemerdekaan pers sangat diperlukan guna menciptakan keleluasaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sesuai dengan hati nurani. Begitu pula dengan kebebasa keadilan dan kebenaran dan usaha untuk menambah kecerdasan dan menambah wawasan, sebagaimana tercantum pada Pasal 28 UUD 1945.


A. Fungsi Pers

Kemerdekaa pers adalah bentuk dari kedaulatan rakyat. Kemerdekaan pers wajib mendasarkan diri pada prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supermasi hukum. dengan memakai prinsip-prinsip itulah beberapa fungsi pers dirumuskan pada UU nomor 40 tahun 1999 sebagai berikut.


1. Fungsi Pers sebagai Media Informasi

Masyarakat menikamti pers sebab mereka membutuhkan informasi tentang beberapa faktor yang diperlukan pada nasibnya, baik informasi politik, ekonomi (bisnis), kegemaran, life skill, alias bidang-bidang lainnya yang berfungsi bagi kebutuhan nasibnya. Media menjadi sarana informasi pada kelompok masyarakat. media meyebarluaskan beberapa momen, kejadian, dan perbuatan dari warga alias kelompok masyrakat jadi bisa diketahui masyarakat lain. Pada faktor ini, media sebagai sarana komunikasi dari media itu sendiri terhadap masyarakat.

Fungsi dan Peranan Pers


2. Fungsi Pers sebagai Media Hiburan

Informasi yang disaapabilan oleh pers kedangkala bersifat hiburan, baik melewati media cetak ataupun media elektronika. Faktor ini sesunggguhnya bukan hanya sekadar menimbangi kabar-kabar yang berat, tetapi kebutuhan hiburan adalah kebutuhan dasar manusia yang wajib dipenuhi.


3. Fungsi Pers sebagai Media Pendidikan

Pers juga bisa berfungsi sebagai media pendidikan (mass education). Pers bisa memuat informasi-informasi yang berfungsi pada pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan nasib manusia. Dengan adanya pers, rakyat menjadi terus cerdas sebab bertambah wawasan pengetahuannya. Pers bisa memberbagi pendidikan, wawasan pengetahuan, dan mencerdaskan masyarakt. Masyarakat yang dengan cara teratur mencari dan memperoleh kabar dari pers bakal terus luas ilumnya, wawasannya dan pengetahuannya.


4. Fungsi Pers sebagai Media Kontrol Sosial

Pers wajib bisa melaksananakn kontrol sosial untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kekuasaan, baik korupsi, kolusi, nepotisme (KKN) maupun penyelewngan dan penyimpangan lainnya pada kehiudpan bermasyarakt, berbangsa, dan bernegara. Keberadaan kontrol sosial dari pers untuk membenahi keadilan melewati media massa. Kontrol sosial yang diperbuat oleh pers adalah faktor yang sangat penting.


5. Fungsi Pers sebagai Media Komunikasi

Pers menjadi sarana bagi antarpihak untuk melakuan hubungan, menjalin komunikasi, memperoleh kebutuhan informasi, dan media untuk mengekspresikan diri, baik dengan cara lisan, tertulis maupun dengan cara visual. Media massa bisa menjadi media komunikasi dua arah, yaitu dari masyrakat ke negara dan dari negara ke masyrakat. Umpama, negara membutuhkan informasi dari masyrakat tentang program-program dan kebijakan negara, begitu pula masyarakat membutuhkan informasi-informasi yang telah, sedang, alias bakal dilaksanakan pemerintah.


6. Fungsi Pers sebagai Lembaga Ekonomi

Saat ini, pers tak hanya sekadar media informasi, tetapi telah adalah lembaga eknomi. Artnya, pers tumbuh menjadi industri media yang mempu medapatkan dan menyerap lapangan kerja yang lumayan signifikan dan mendatangkan keuntunga yang sangat memadai. Oleh sebabnya, tumbuhnya investi pada bidang pers ini lumayan menjanapabilan.


7. Fungsi Pers sebagai Media Investigasi

Pers menjadi sarana untuk mengungkap persoalan-persoalan publik dengan cara luas, semacam kebijakan pejabat, persoalan pembangunan, program, dan usaha-usaha pemerintah terhadap masyarakat. informasi yang sebelumnya tertutup dan terbatas di kalangan pemerintahan bisa menjadi terbuka dan diketahui masyarakat. Pers bisa meperbuat laporan dan penyedikan dengan cara mendalam terhadap persoalan publik yang sebelumnya tak diketahui masyrakat menjadi diketahui masyarakat.


8. Fungsi Pers sebagai Media Program Sosialisasi dan Kebijakan Publik dari Pemerintah Terhadap Rakyat

Melewati perantara pers, progarm, keputasan, kebijakan dan peraturan-peraturan baru dari pemerintah terus cepat hingga pada masyarakat. Seorang menteri yang mengeluarkan kebijakan baru bisa meperbuat konferensi pers dengan mengajak para reporter dan wartawan. Dengan adanya keterbukaan, sangat mendukung untuk menghapus ketertutupan informasi. Beberapa program dan kebijakan emerintah sesungguhya adalah persoalan publik yang tak boleh ditutup-tutupi terhadap masyarakat.


B. Peranan Pers

Pers adalah lembaga infrastruktur politik di negara Indonesia. Pers berada di masyrakat dan mempunyai peran dan fungsi bagi masyarakat dan negara. Pers mempunyai kedudukn peting pada masyarakat dan kenasiban bernegara. Pada negara demokrasi, pers dianggap sebagai pilar demokrasi yang keempat seusai lembaga eksekutif, legilatif, dan kekuasaan yudikatif. Bagusa pentingya pada kenasiban negara demokrasi, pers mempunyai peranan sebagai berikut.


1. Saluran informasi terhadap Masyarakat

Pers berperan untuk mencari dan menyebarkan kabar dengan cara cepat dan luas terhadap masyarakat. Pers menjadi sarana informasi antarkelompok masyarakt. Pada faktor ini, pers sebagai sarana komunikasi dari pers itu sendiri terhadap masyrakat dan pertukaran informasi antar masyarakat.


2. Saluran bagi Debat Publik dan Opini Publik

Pers berperan sebagai sarana komunikasi dari bawah ke atas alias dari masyrakat ke negara Masyarkat luas bisa menyapaikan beragam aspirasi, pendapat, kritik, usul, dan saran melewati pers. Pers menjadi sarana manjur pada menampung beberapa tekad rakyat

Demikianlah artikel tentang Fungsi dan Peranan Pers, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Fungsi dan Peranan Pers"