Hikmah Serta Manfaat Ihsan

Ihsan adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti "memberikan yang terbaik". Dalam agama Islam, ihsan merupakan prinsip yang sangat penting, karena merupakan salah satu dari tiga prinsip dasar agama Islam, yaitu iman, Islam, dan ihsan.

Ihsan memiliki beberapa hikmah atau manfaat bagi seseorang yang melakukannya. Pertama, ihsan dapat meningkatkan keimanan seseorang kepada Allah SWT. Dengan melakukan ihsan, seseorang akan merasa dekat dengan Allah SWT dan akan lebih mudah untuk bertobat dan memperbaiki diri.

Kedua, ihsan dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dengan melakukan ihsan, seseorang akan merasa lebih bahagia dan tenang karena telah melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain. Selain itu, ihsan juga dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih bijaksana dan bertanggung jawab dalam menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan.

Ketiga, ihsan dapat memperkuat hubungan sosial seseorang. Dengan melakukan ihsan, seseorang akan dianggap sebagai orang yang baik dan dapat dipercaya oleh orang lain. Selain itu, ihsan juga dapat membantu seseorang untuk membangun jaringan sosial yang luas dan bermanfaat.

Keempat, ihsan dapat menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Dengan melakukan ihsan, seseorang dapat menjadi panutan bagi orang lain dan dapat mempengaruhi orang lain untuk juga melakukan ihsan. Dengan begitu, kebaikan akan tersebar luas dan akan membantu menciptakan masyarakat yang lebih baik.

Arti dari ihsan itu sendiri adalah berbuat baik, melakukan suatu hal yang dapat bermanfaat baik orang lain. Jadi yang akan dijelaskan pada artikek ini adalah apa hikmah dan manfaat berbuat baik.

Karena setiap perbuatan baik ataupun buruk pasti ada dampaknya baik itu berupa manfaat dan hikmah ataupun mudharat.

Jika seseorang berbuat baik (ihsan), sebenarnya mereka berbuat baik untuk dirimu sendiri karena setiap kebaikan akan berbalas kebaikan, itu adalah janji Allah Swt. dalam Al-Qur'an.

Hikmah dan manfaat ihsan (berbuat baik)

Berbuat ihsan adalah tuntutan kehidupan kolektif karena tidak ada manusia yang dapat hidup sendiri. Berbuat baik (ihsan) kepada siapa pun akan menjadi stimulus terjadinya balasan dari kebaikan yang dilakukan.

Baca Juga : Pengertian Kiamat Sugra, Kiamat Kubra dan Kiamat Wustha

Demikianlah Allah Swt. membuat sunah (aturan) bagi alam ini, ada jasa dan ada balas. Semua manusia diberi nurani untuk berterima kasih dan keinginan untuk membalas budi baik.

Hikmah Serta Manfaat Ihsan


Sikap perilaku ihsan mencakup semua perbuatan baik kepada Allah Swt. dan kepada sesama mahluk ciptaan-Nya.

Secara ringkas, perilaku ihsan antara lain sebagai berikut :
  • Melakukan ibadah ritual (salat, zikir, dan sebagainya) dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan; 
  • Birrul walidain (berbuat baik kepada kedua orangtua), dengan mengikuti semua keinginannya jika memungkinkan, dengan syarat tidak bertentangan dengan aturan Allah Swt.; 
  • Menjalin hubungan baik dengan kerabat; 
  • Menyantuni anak yatim dan fakir miskin; 
  • Berbuat baik kepada tetangga; 
  • Berbuat baik kepada teman sejawat; 
  • Berbuat baik kepada tamu dengan memberikan jamuan dan penginapan sebatas kemampuan; 
  • Berbuat baik kepada karyawan/pembantu dengan membayarkan upah sesuai perjanjian; 
  • Membalas semua kebaikan dengan yang lebih baik; 
  • Membalas kejahatan dengan kebaikan, bukan dengan kejahatan serupa; 
  • Berlaku baik kepada binatang, dengan memelihara atau memperlakukannya dengan baik. Jika menyembelih ataupun membunuh, lakukan dengan adab yang baik dan tidak ada unsur penganiayaan; 
  • Menjaga kelestarian lingkungan, baik daratan maupun lautan dan tidak melakukan tindakan yang merusak. 

Dari kesimpulan yang kita dapat, hikmah dan manfaat ihsan (berbuat baik) adalah kita akan mendapatkan balasan kebaikan juga.

Contohnya saja ketika kita telah berbuat baik kepada tetangga dan menolongnya, maka ketika kita berada dalam keadaan susah maka sudah pasti tetangga kita itu pun akan turut membantu kita.

Apalagi ketika kita sudah berbuat ihsan kepada Allah Swt, seperti melaksanakan ibadah shalat, zikir, puasa, dan sebagainya dengan penuh kekhuyuan dan juga ikhlas maka sudah dipastikan balasannya adalah surga Allah. Dan itu adalah hikmah dan manfaat yang paling besar dari berbuat ihsan.

Demikianlah artikel tentang Hikmah Serta Manfaat Ihsan, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Hikmah Serta Manfaat Ihsan"