NAMA-NAMA LAIN ILMU TAUHID

Ilmu tauhid adalah ilmu yang mempelajari tentang ke-Esa-an Allah dan konsep-konsep keimanan yang terkandung dalam agama Islam. Ilmu ini merupakan salah satu ilmu dasar dalam agama Islam yang merupakan dasar dari seluruh ilmu-ilmu agama lainnya.

Tauhid berasal dari kata "tawhid" yang berarti "mengemukakan atau menegaskan ke-Esa-an Allah". Ilmu tauhid mempelajari konsep-konsep ke-Esa-an Allah, sifat-sifat-Nya, dan bagaimana manusia harus beriman kepada-Nya. Ilmu ini juga membahas tentang akidah (kepercayaan) dan syariah (hukum agama) dalam agama Islam.

Ilmu tauhid merupakan bagian dari ilmu-ilmu agama yang penting untuk dipahami oleh setiap orang Islam, karena memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami ilmu tauhid, seseorang akan memiliki pemahaman yang kuat tentang ajaran agama Islam dan akan dapat mengamalkannya dengan benar dalam kehidupan sehari-hari.

NAMA-NAMA LAIN ILMU TAUHID


Pada dasarnya ilmu tauhid memiliki nama yang belum banyak yang mengetahuinya. Pada kesempatan ini pustaka ilmu akan menjelaskan dengan lengkap. Adapun nama lain dari ilmu tauhid adalah:

a. Ilmu kalam

Ilmu yang mengungkapkan bagaimana cara menetapkan kepercayaan-kepercayaan keagamaan (Islam) dengan bukti-bukti yang menyakinkan, ia lebih menyerupai filsafat.


b. ilmu ushuluddin

Ushuluddin adalah serangkai kata yang terdiri dari ushul dan ad-din. Ushul jama’ dari ashl yaitu yang berarti pokok, ataupun dasar. Sedangkan ad-dinartinya agama. Jadi perkataan ushuluddin menurut bahasa berarti pokok atau dasar-dasar agama. Mereka memberikan nama ilmu ushuluddin, lantaran ilmu ini menguraikan pokok-pokok kepercayaan dalam agama dan juga karena ilmu ushuluddin ini membahas prinsip-prinsip agama islam.


c. Ilmu aqaid ( ilmu akidah )

Aqidah menurut bahasa ialah berasal dari perkataan al-aqd yaitu ikatan, menguatkan, meneguhkan dan menegakkan.

Aqidah adalah hukum yang tidak menerima keraguan di dalamnya bagi orang yang menyakininya. Aqidah dalam agama adalah maksudnya keyakinan tanpa perbuatan, seperti keyakinan tentang keberadaan Allah bukan di ‘Arasy dan diutusnya para rasul. Dan bentuk jama’nya adalah aqaa-id .

Baca Juga : Sholat Gerhana Bulan dan Matahari

Aqidah menurut istilah adalah hal-hal yang wajib dibenarkan oleh hati dan jiwa merasa tentram kepada-Nya.

d. Ilmu ma’rifah

Arti ma’rifah yaitu pengenalan atau mengenal. Mengapa dikatakan ilmu ma’rifah, lantaran di ilmu ini kebanyakan yang diperbincangkan ialah hal mengenal Allah dan dengan keyakinan yang teguh dan tetap dalam satu prinsip.


e. Telogi islam

Teologi islam merupakan istilah lain dari ilmu kalam, yaitu pembahasannya mencakup dengan persoalan-persoalan dasar dan soal pokok seperti ketuhanan, iman, kufur dan hal lainnya sebagaimana tercakup dalam rukun iman.


f. Fiqh Al-akbar

Menurut persepsi Abu Hanifah, hukum islam yang dikenal dengan istilah Fiqh terbagi atas dua bagian. Pertama: Fiqh Al-Akbar yakni membahas keyakinan atau pokok-pokok agama atau ilmu tauhid. Kedua: Fiqh Al-Ashghar membahas hal-hal yang berkaitan dengan masalah muamalah, bukan pokok-pokok agama tetapi hanya furu’nya saja.


g. Ilmu hakikat

Ilmu hakikat adalah ilmu sejati, Karena ilmu ini menjelaskan hakikat segala sesuatu, sehingga dapat menyakini akan kepercayaan yang benar (hakiki).


h. Ilmu sifat dua puluh

Sebenarnya ilmu sifat 20 adalah penyederhanaan dari kata ilmu tauhid atau ilmu kalam atau bisa di sebut juga I’tiqad dua puluh. Bahkan ada Ulama berpendapat bahwa bila seorang tidak mampu menguasai sifat dua puluh tersebut ada yang mengatakan tidak sah iman orang tersebut. Ilmu ini membahas tentang sifat-sifat ketuhanan .


i. Ilmu filsafat islam .

Disebut ilmu filsafat islam karena ilmu kalam membahas berbagai masalah ketuhanan dengan menggunakan argumental logika.

Demikianlah artikel tentang NAMA-NAMA LAIN ILMU TAUHID, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "NAMA-NAMA LAIN ILMU TAUHID"