Cara Budidaya Tanaman Lada

Negeri kita ini merupakan Negara yang sangat kaya akan rempah-rempahnya, sejak pada masa penjajahan negeri kita ini sudah sangat terkenal akan keanekaragaman rempah-rempahnya. Salah satunya ialah lada, rempah yang satu ini sangat sering dijadikan bumbu bahkan hampir disemua jenis masakan-masakan Indonesia.

Cara Budidaya Tanaman Lada



Lada memiliki beberapa jenis seperti lada putih , lada hijau dan lada hitam, khusus untuk lada hitam akhir-akhir ini sangat digemari oleh para petani karena harganya yang cukup mahal


Hasil yang didapatkan dari berbudidaya lada ini cukup banyak, hal tersebut menjadikan lada banyak dibudidayakan di Negeri kita ini. Namun sebelum Sahabat Inspirasi Berkebun membudidayakan lada Sahabat Inspirasi Berkebun wajib mengetahui mengenai karakteristik si lada ini.


Tempat Tumbuh dan Syarat Lada harus meliputi hal-hal berikut ini:

Mempunyai curah hujan antara 2000mm hingga 3000mm per tahun, dan ini sangat cocok di Negeri kita.
Memiliki suhu udara antara 20 Derajat Celcius hingga 34 Derajat Celcius.
Membutuhkan banyak pancaran sinar matahari, setidaknya 10 jam setiap harinya.
Ketinggian tempat antara 300 meter diatas permukaan laut hingga 1.100 meter diatas permukaan laut.
Tingkat ph (keasaman tanah) antara 5,5 hingga 7.


Cara Menanam Lada:


1. Media Tanam


Media tanam yang cocok untuk budidaya lada ini ialah tanah yang subur, gembur dan kaya akan kandungan unsur hara, serta tanah tidak boleh terlalu basah dan tidak boleh terlalu kering.


2. Pemilihan Bibit


Pemilihan bibit diambil dari indukan yang sehat, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil yang akan Sahabat Inspirasi Berkbun dapatkan nantinya. Selain hal tersebut syarat tanaman induk harus berumur setidaknya 10 bulan hingga 36 bulan.


3. Pengolahan tanah


Pengolahan tanah sebaiknya digemburkan dengan cara di cangkul sedalam 20cm hingga 35cm, kemudian campurkan tanah dengan dolomite (kapur pertanian) untuk mengatur tingkat ph (keasaman) tanah, kemudian diamkan selama 3minggu hingga 4 minggu setelah itu baru ditanami.


4. Penanaman


Penanaman Bibit lada ditanam dengan jarak antara 2meter ×2 meter,dan kedalaman lubang tanam sekitar 50 cm. penanaman yang paling cocok dilakukan ialah pada musim penghujan atau menjelang musim penghujan.


5. Perawatan dan Pemeliharaan


Perawatan dan pemeliharaan tanaman lada meliputi pengikatan sulur, pemupukan, penyiangan dan pengairan yang dilakukan secara rutin. Selain hal tersebut juga harus dilakukan perempelan dan pemberian mulsa. Pengendalian penyakit tanaman dan hama juga harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


6. Panen


Tanaman lada dapat dipanen setelah berusia 3 tahun.

Demikianlah artikel tentang Cara Budidaya Tanaman Lada, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Cara Budidaya Tanaman Lada"