Cara Mudah Pemeliharaan Kebun Budidaya Lada

Untuk memelihara kebun budidaya lada, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, antara lain:
  1. Pilih jenis lada yang sesuai dengan kondisi tanah dan iklim di daerah Anda. Beberapa jenis lada yang populer di Indonesia adalah lada hitam, lada putih, dan lada merah.
  2. Persiapkan tanah dengan baik. Tanah yang baik untuk budidaya lada adalah tanah yang berpasir, bergizi, dan memiliki pH yang netral. Anda juga bisa menambahkan pupuk kandang untuk meningkatkan kesuburan tanah.
  3. Gunakan benih berkualitas. Pastikan benih yang Anda gunakan sudah teruji keberhasilannya dan bebas dari penyakit.
  4. Tanam benih secara merata. Jangan terlalu rapat atau terlalu jauh, karena akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil panen.
  5. Jaga kelembaban tanah. Tanah yang terlalu kering atau terlalu basah akan mempengaruhi pertumbuhan lada. Anda bisa menyiram tanah secara teratur, terutama saat musim kemarau.
  6. Hindari penyakit dan hama. Penyakit dan hama dapat menyebabkan kerugian besar dalam budidaya lada. Anda bisa mencegahnya dengan menjaga kebersihan kebun dan melakukan pengendalian hama secara teratur.
  7. Panen dengan benar. Saat panen, ambil lada yang sudah matang secara selektif. Hindari mencabut lada yang belum matang, karena akan menurunkan hasil panen.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara teratur, Anda bisa memelihara kebun budidaya lada dengan baik dan menghasilkan panen yang optimal.

Bibit buat budidaya lada dapat berasal dari bibit biji ataupun bibit stek, akan tapi pemakaian bibit dari biji sebagusnya biji berasal dari dari biji-biji yang benar-benar sudah tua serta dari buah yang terisolir (buah-buah yang tandan-nya dibungkus terhadap saat masih berbentuk bunga).

Bibit budidaya lada yang berasal dari bahan stek lebih mudah, murah serta praktis sehingga bibit budidaya lada dari bahan stek lebih banyak dipilih oelh para petani budidaya lada.

Beberapa ciri-ciri bahan bibit budidaya lada yang berasal dari stek buat budidaya lada yang baik antara lain adalah yang berasal dari sulur panjat yang tumbuhnya keatas serta melekat terhadap pohon sandaran.

Panjang stek setidaknya sekurang-kurangnya 7 ruas (hal tersebut bisa diambil terus menerus dari satu tanaman), stek diambil dari batang yang telah cukup mengayu serta dari tanaman yang sudah berusia setidaknya 2 tahun, dan berasal dari pohon induk yang cukup kuat, peningkatan pohon induk yang bagus, serta daun pohon induk berwarna hijau tua.

Kebun budidaya lada yang paling baik ditanami yaitu terhadap saat musim hujan atau terhadap saat musim peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Penanaman lada di kebun budidaya lada bisa dilaksanakan dengan jarak tanam antara 2 meter x 2 meter dengan kedalaman mencapai 50 cm.

Pemupukan yang amat baik dilaksanakan di kebun budidaya lada ialah sehabistanaman lada ditanam di kebun budidaya. Pemupukan tanaman lada dilaksanakan dengan metode pupuk di taburkan.

Kebun budidaya lada tak cukup cuma ditanami saja, Sahabat Inspirasi Berkebun juga butuh melaksanakan perawatan layaknyapenyiangan, pengikatan sulur rambat, penyiraman rutin, perempelan, pemupukan rutin, pemberian mulsa, sampai dengan pembuatan ajir. disamping Perihal tersebut perhatikan juga supaya tanaman lada tak terkena hama serta penyakit. Panen tanaman lada kebiasaannya bisa dilaksanakan sehabis lada telah berumur 3 tahun.


Teknik Perawatan Kebun Budidaya Lada

Sahabat Inspirasi Berkebun yang membudidaya lada sebagusnya mengenali metoda pemeliharaan atau perawatan kebun budidaya lada sehingga peningkatan tanaman lada Sahabat Inspirasi Berkebun akan maksimal serta bisa membagikan result panen yang amat optimal.

Sahabat Pustaka ilmu yang membudidaya lada sebagusnya menelisik metode kaya gimana memanagepeningkatan tanaman lada, dimana tunas baru yang baru tumbuh lebih kurang 1 bulan sehabis waktu penanaman diikatkan terhadap tiang panjat.

Pengikatan sulur muda sesegera mungkin amat hati-hati, serta pengikatan tersebut terjadi sampai batang mencapai ketinggian 1,5 meter serta usahakan supaya adanya 4 batang ortotrop yang tumbuh, 2 batang tumbuh menjurus keatas serta 2 batang lagi ke samping.



Selanjutnya, metode penjawantah tanaman lada di kebun budidaya lada adalah dengan membiarkan batang pokok lada tumbuh setinggi 0,75 meter sampai 1 meter. Kemudian, potong ujung pohon (ditop) buat penjawantah cabang primer (3 batang sampai 4 batang).

Cabang primer dibiarkan tumbuh hingga setidaknya 0,5 meter buat setelah itu dipangkas serta akan membentuk cabang basis sekunder yang menghasilkan ranting-ranting yang bisa berbunga.

Setelah tanaman lada berusia kurang lebih 8 bulan serta mencapai tinggi kurang lebih 1 meter hingga 1,5 meter gali lubang yang melingkari pohon panjatan dimana jarak lubang dari pohon panjatan sekitar 20 cm hingga 25 cm, ukuran lebar lubang sekitar 050. M, ukuran kedalaman lubang sekitar 30 cm hingga 40 cm serta diisi dengan pupuk kandang secukupnya.

Kemudian, batang lada dilepaskan dari panjatan, daun serta ranting dari batang dibuang. Masukkan batang lada ke dalam lubang secara mendatar melingkari pohon lada pemanjat, dengan kedalaman setidaknya 20 cm serta jangan lebih dari itu.

Setelah tanaman lada telah berusia 16 bulan atau 18 bulan sehabis dimasukkan ke dalam lubang, tiang panjat telah tertutup 2/3 area. laksanakan pemangkasan kembali (heading back) hingga tanaman lada tersisa setinggi kurang lebih 30 cm diataspermukaan tanah.

Sehabis dihasilkan batang-batang ortotrop baru, pilihlah 12 batang yang paling kuat atau baik pertumbuhannya setelah ituikatkan terhadap pohon panjatan. Kemudian, seluruh bunga pertama yang timbul terhadap waktu tersebur sesegera mungkindibuang dulu.


Pemupukan Di Kebun Budidaya Lada

Lakukan pemupukan di kebun budidaya lada buat mendapati peningkatan serta result yang tinggi butuh diberikan pupuk organik (seperti pupuk kandang, atau pupuk kompos) serta pupuk anorganik (seperti KCL, Urea serta TSP). Pupuk organik diberikan sebagai pupuk pendahuluan dengan dosis sejumlah 5 kg hingga 10 kg per lubang tanaman. buat pupuk aorganik bisa diberikan pupuk KCL, Urea serta TSP.

Dosis pemupukan bergantung kepada usia tanaman, status kesuburan tanah, serta lain-lain. Sebagai pedoman umum pemupukan yang dilaksanakan di kebun budidaya lada dengan KCL, Urea serta TSP bisa dibedakan buat tanaman lada muda serta tanaman lada yang sudah berproduksi.

Pada budidaya lada, pemupukan buat tanaman yang masih muda dibagi menjadi tiga area. Pertama terhadap saat tanaman di kebun budidaya lada masih berusia 8 bulan sampai 12 bulan, pupuk yang diberikan berbentuk KCL : 20 gram/pohon/tahun, Urea : 50 gram/pohon/tahun serta TSP : 25 gram/pohon/tahun.

Pemupukan terhadap saat usia tanaman lada berusia 1 tahun sampai 2 tahun, diberikan KCL : 40 gram/pohon/tahun, Urea : 100 gram/pohon/tahun serta TSP : 50 gram/pohon/tahun.

Terakhir pemupukan terhadap saat usia tanaman lada berusia 2 tahun sampai 3 tahun, diberikan kombinasi pupuk KCL : 80 gram/pohon/tahun, Urea : 200 gram/pohon/tahun serta TSP : 100 gram/pohon/tahun. sementara terhadap saat tanaman lada yang sudah berproduksi, dosis pupuk yang diberikan berbentuk KCL : 300 hingga 375 kg/Ha/Tahun, Urea : 400 hingga 500 kg/Ha/Tahun serta TSP : 400 hingga500 kg/Ha/Tahun.

Cara Mudah Pemeliharaan Kebun Budidaya Lada


Buah Lada

terhadap budidaya lada sebagusnya pemupukan dilaksanakan dua kali dalam setahun, yakni terhadap tiap awal tahun serta akhir musim penghujan, pemupukan diberikan masing-masing sejumlah setengah area dari dosis diatas yang sudah kita bahas.

Pemupukan di kebun budidaya lada dilaksanakan dengan metode bikin parit kecil atau lubang di sekeliling pangkal batang sejarak ujung dari tajuk pohon. selanjutnya, campurkanlah pupuk KCL, Urea serta TSP serta sesuai dengan dosis yang sudah kita bahas diatas, selanjutnya pupuk dimasukkan ke dalam lubang tersebut. sehabis pupuk dimasukkan ke dalam lubang dengan cepat ditutup kembali lubang tersebut dengan tanah.

Pemberian pupuk di kebun budidaya lada bisa dilaksanakan serta diberikan secara sendiri-sendiri atau secara campuran (dicampurkan ketiga pupuk) diantara ketiga jenis pupuk, yakni KCL, Urea serta TSP.

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Pemeliharaan Kebun Budidaya Lada, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Cara Mudah Pemeliharaan Kebun Budidaya Lada"