Ciri-ciri Telur Tetas Fertil atau Dibuahi

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah telur sudah dibuahi atau belum. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri telur tetas yang telah dibuahi:
  • Bentuk dan warna telur: Telur tetas yang telah dibuahi biasanya memiliki bentuk yang bulat dan warna yang lebih terang dibandingkan dengan telur yang belum dibuahi.
  • Gerakan: Telur tetas yang telah dibuahi biasanya akan bergerak sedikit saat dipandang. Gerakan ini dapat terlihat jika telur tersebut diangkat dan dilihat dari atas.
  • Permukaan telur: Telur tetas yang telah dibuahi biasanya akan memiliki permukaan yang tidak rata dan akan terlihat ada sedikit benjolan di bagian tengah telur.
  • Kandungan air: Telur tetas yang telah dibuahi akan terlihat lebih kental dibandingkan dengan telur yang belum dibuahi, karena telur yang telah dibuahi akan mengandung air yang lebih banyak.
  • Bagian air sac: Telur tetas yang telah dibuahi akan memiliki bagian air sac yang lebih besar dibandingkan dengan telur yang belum dibuahi.
  • Kandungan protein: Telur tetas yang telah dibuahi akan mengandung protein yang lebih banyak dibandingkan dengan telur yang belum dibuahi.
  • Kandungan kalsium: Telur tetas yang telah dibuahi akan mengandung kalsium yang lebih banyak dibandingkan dengan telur yang belum dibuahi.
Namun perlu diingat bahwa ada juga telur tetas yang tidak dapat dilihat secara visual apakah telur tersebut telah dibuahi atau belum. Untuk memastikan apakah telur tetas sudah dibuahi atau belum, dibutuhkan analisis laboratorium yang lebih lanjut.

Ciri-ciri Telur Tetas Fertil atau Dibuahi


Untuk menetaskan telur ayam atau bebek, tentunya telur yang akan ditetaskan adalah telur fertil atau dibuahi.

Telur tidak fertil atau telur tanpa pembuahan karena tidak terjadinya perkawinan antara ayam betina dengan ayam pejantan tidak mungkin bisa menetas.

Kalau kita mempunyai peternakan sendiri, untuk mendapatkan telur tetas fertil tentunya bukan hal yang sulit, karena kita mempunyai indukan yang kita ketahui jenis makanannya, perbandingan pejantan dan betinanya, apalagi kalau kita menggunakan perkawinan dengan sistem inseminasi buatan, kita akan lebih mudah mengetahui apakah telur itu dibuahi atau tidak.

Walaupun jawaban yang lebih pasti dapat kita temukan ketika kita melakukan peneropongan setelah beberapa hari telur berada di dalam mesin tetas.

Kebanyakan pedagang telur tetas, atau pedagang bebek mengatakan dapat mengetahui ciri-ciri telur fertil atau dibuahi berdasarkan dari ciri-ciri fisik telur yang akan di tetaskan.

Bahkan ada yang mengatakan dapat membedakan telur tetas yang berisi embrio jantan dan embrio betina.

Secara logika hal ini sangat sulit untuk diterima, mengingat isi di dalam telur adalah sekumpulan sel yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat kasat mata.

Bagaimana mungkin seseorang bisa mengetahui telur yang akan ditetaskan adalah telur yang fertil.

Apabila ada seseorang yang dapat mengetahui secara pasti ciri-ciri telur yang fertil atau dibuahi, sudah dapat dipastikan orang tersebut akan mendapatkan pendapatan yang sangat banyak dari penjualan telur tetas.

Ciri-ciri telur tetas yang fertil atau dibuahi oleh pejantan hanya dapat dilihat dengan cara peneropongan setelah telur berada dalam mesin tetas beberapa hari.

Untuk mengetahui telur yang fertil atau tidak sebelum masuk ke dalam mesin tetas adalah hal yang susah diterima logika.

Kita tidak bisa mengetahui ciri-ciri telur yang fertil, yang dapat kita lakukan adalah berusaha mendapatkan telur tetas dengan tingkat fertilitas yang tinggi.

Supaya telur yang akan kita tetaskan mempunyai tingkat fertilitas yang tinggi, kita harus mengetahui beberapa hal seperti di bawah ini:


Telur Dari Hasil Perkawinan

Apabila kita membeli telur tetas dari peternak, pastikan telur tetas yang kita beli merupakan telur tetas dari peternakan yang mempunyai pejantan dengan perbandingan yang ideal antara pejantan dan betina adalah 1:8.

Dengan demikian maka telur yang kita tetaskan kemungkinan besar adalah telur fertil.

Perhatikan Fisik telur.

Bentuk fisik telur sangat berpengaruh pada fertilitas dan daya tetas telur itu sendiri.

Usahakan membeli telur tetas dengan kerabang yang tidak terlalu tebal, memilih telur yang bersih, telur yang tidak retak,bentuk telur yang ideal.

Kerabang telur yang terlalu tebal akan menyulitkan pada proses pecahnya kerabang telur waktu penetasan, biasanya embrio mengalami kematian di dalam kerabang telur karena kesulitan memecah kerabang telur.

Telur yang kurang bersih akan mudah dimasuki kuman-kuman bibit penyakit, mengingat kerabang telur memiliki pori-pori untuk pernafasan embrio yang ada di dalam telur. Telur yang retak sebaiknya jangan ditetaskan karena tidak akan bisa menetas.

Bentuk telur yang ideal juga berpengaruh pada penetasan.

Tetaskan telur-telur dengan bentuk yang ideal, tidak terlalu bulat juga tidak terlalu lonjong, tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil.

Lama Penyimpanan Telur.

Lama penyimpanan telur sangat mempengaruhi daya tetas telur.

Telur yang disimpan terlalu lama akan membunuh embrio yang ada di dalamnya, dengan demikian maka telur tidak akan menetas.

Lama penyimpanan telur tetas sebaiknya kurang dari 7 hari. Tanyakan kepada penjual telur, berapa lama telur tersebut disimpan. Semakin lama telur disimpan, maka fertilitas dan daya tetasnya akan menurun bahkan mendekati angka nol.

Ciri-ciri telur yang fertil atau dibuahi hanya dapat diketahui dengan cara meneropongnya pada hari ke 4 setelah telur berada pada mesin tetas. Akan terasa lebih mudah lagi apabila kita meneropongnya pada saat telur berada dalam mesin tetas pada hari ke 7.

Kita tidak dapat mengetahuinya sebelum telur ditetaskan, meskipun telur itu berasal dari induk yang dikawini oleh pejantan, karena mata kita mempunyai keterbatasan dalam melihat sesuatu yang lebih kecil seperti contohnya sel telur.

Kita hanya dapat mengusahakan supaya tingkat fertilitas telur lebih tinggi dengan daya tetas telur yang juga lebih tinggi.

Demikianlah artikel tentang Ciri-ciri Telur Tetas Fertil atau Dibuahi, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Terimakasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Telur Tetas Fertil atau Dibuahi"