Cara Budidaya Lada Putih

Merica putih atau lada putih merupakan salaha satu komoditas hasil perkebunan penyumbang devisa Negara Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang melakukan budidaya lada putih ini. Usaha budidaya lada putih ini tidak membutuhkan biaya yang cukup besar, karena untuk biaya peremajaannya dan perawatannya juga tidak terlalu tinggi.

Merica putih atau lada putih mempunyai zat yang bisa menjadi penghangat tubuh. Komoditas merica putih atau lada putih sangat diminati oleh orang-orang Eropa yang hidup ditengah cuaca dingin, yang butuh penghangat tubuh. Bukankah orang-orang Eropa datang ke Negara Indonesia pada awalnya termotivasi ingin mencari lada untuk dijual di negaranya? Dari kegunaan dan manfaat lada putih tersebut, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa budidaya lada putih cukup prospektif.

Untuk melakukan budidaya lada putih Sahabat Inspirasi Berkebun harus memperhatikan syarat-syarat berikut ini, ketinggian tanah harus berada diatas ketinggian 2000mm/th hingga 3000 mm/th, terkena paparan sinar matahari sepuluh jam sehari, kelembapan udara 50 persen hingga 100 persen, suhu sekitar 20 derajat celcisu hingga 34 derajat Celsius dan terlindungi dari tiupan angin yang terlalu kencang.

Selanjutnya tanah atau media tanam harus subur serta mengandung bahan organik, jangan terlalu kering dan tidak terlalu basah apalagi ada genangan air, ph tanah antara 5,5 hingga 7,0 serta Ketinggian tanah sekitar 300 mdpl hingga 1100 mdpl.

Cara Budidaya Lada Putih

Cara Budidaya Lada Putih

Pada saat akan melakukan budidaya lada putih ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Apa saja persiapan yang harus Sahabat Inspirasi berkebun lakukan? Persiapan utama ialah pembibitan lada putih, penyediaan tanah di dalam polybag atau kantong plastic dan tempat pembibitan. Pilihlah biji bibit lada putih dari tanaman yang bagus serta terbebas dari hama dan penyakit.

Pada saat melakukan budidaya lada putih, untuk pembibitan lada putih selain menggunakan biji lada putih juga dapat dilakukan dengan bibit dari stek. Selanjutnya ialah mengolah media tanam yaitu tanah. Media tanah ini Sahabat Inspirasi Berkebun olah dengan dibalik-balikan sedalam 20 cm hingga 30 cm. Setelah melakukan pengolahan tanah taburkan kapur pertanian dan diamkan selama 3 minggu hingga 4 minggu dan kemudian diaduk hingga rata kembali.


Cara Menaman Lada Putih

Cara menanam lada putih dengan tanaman lain tidaklah jauh berbeda, dalam teknik budidaya lada putih, cara menanam lada putih antara tanaman lada putih satu dengan tanaman lada putih yang lain perlu diberi jarak kurang lebih 2 meter x 2 meter. 

Jarak tersebut dapat dikosongkan dan juga dapat diberi tanaman lain. Tanamkan bibit biji lada putih pada media tanam dengan jarak tanam 2 meter x 2 meter. Pola penanaman dibuat dengan bentuk limas dengan ukuran lubang penanaman bawah 40 cm x 15 cm, atas 40 cm x 35 cm dan dengan kedalaman 50 cm.

Langkah selanjutnya adalah lubang tempat biji lada putih Sahabat Inspirasi Berkebun biarkan selama 10 hari hingga 15 hari, setelah 10 hari hingga 15 hari biji lada putih baru dimasukkan kedalam lubang. Sebaiknya saat melakukan penanaman biji lada putih pada saat musim penghujan atau peralihan musim kemarau ke musim penghujan. 

Setelah tanaman lada putih ditanam selanjutnya media tanah ditaburi dengan pupuk kandang supaya tanah lada putih menjadi bertambah subur serta kaya nutrisi. Pada saat telah masuk ke masa panen tanaman lada putih akan mempunyai ciri-ciri tangkai telah berwarna kuning dan buah lada putih telah ada yang matang. Umur buah lada putih ini kurang lebih hingga 3 tahun kurang.

Demikianlah artikel tentang Cara Budidaya Lada Putih, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Cara Budidaya Lada Putih"