Cara Ternak Entok dengan Mudah dan Murah Meriah

Ternak entok adalah bisnis yang mengurusi pertanian dan ternakan hewan seperti entok. Jika Anda ingin memulai usaha ternak entok, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, Anda harus memiliki lahan yang cukup besar dan tersedia air yang banyak untuk memenuhi kebutuhan air entok. Kedua, Anda perlu memperhatikan kualitas pakan yang diberikan kepada entok agar mereka sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Ketiga, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan sekitar kandang agar entok terhindar dari penyakit. Dan yang terakhir, Anda perlu memperhatikan tingkat produksi telur dan daging entok serta pasar yang ada untuk menjual produk entok Anda.

Cara Ternak Entok maupun cara budidaya entok hampir sama dengan peternakan jenis itik lainnya. Bahkan, bebek entok ini lebih mudah untuk dikembangkan karena dapat diternak di belakang rumah Sahabat Inspirasi Berkebun. Berbeda dengan cara ternak puyuh yang harus dilakukan jauh dari pemukiman karena bau kotoran puyuh sangat mengganggu.

Ternak entok ini mempunyai keuntungan dalam hal perawatan, modal dan keuntungan yang cukup melimpah. Jika Sahabat Inspirasi Berkebun penasaran dengan cara dan tips untuk melakukan usaha rumahan ternak untuk jenis unggas satu ini, kami akan mengulasnya untuk para Sahabat Inspirasi Berkebun.

Cara Ternak Entok dengan Mudah dan Murah Meriah

1. Persiapan Kandang

Kandang yang akan menjadi tempat tinggal bebek entok. Maka dari itu, kandang harus disiapkan dengan sangat matang. pembuatan kandang untuk bebek entok sangat mudah, kita hanya perlu tempat makan di dalam kandang dengan ketinggian kandang yang cukup tinggi dan dibuat dari jaring yang dipadukan dengan bambu.

Ketinggian kandang tersebut berfungsi agar bebek entok tidak terbang dan lari dari kandang. Selanjutnya, kandang yang terbaik untuk anak bebek entok adalah kandang battery. Anak bebek entok biasa disebut juga dengan meri


2 . Pakan dan Perawatan

Dalam kandang battery, tempat meri bersama dengan induknya selama 1 hari hingga 2 hari. Hal tersebut bertujuan agar meri dapat menyesuaikan diri dengan cara memakan pakan yang telah siapkan. Induk meri akan secara alami mengajari anaknya untuk bertahan hidup. Lengkapi kandang battery dengan lampu yang memiliki daya 5 watt hingga 10 watt. 

Masukkan juga wadah minum dalam kandang tersebut, karena bebek entok sangat senang dengan nyosor atau makan. Mengenai pakan, bebek entok sangat senang dengan makanan. Bahkan, indukan bebek entok bisa makan hingga setengah kilogram dedak.

Cara ternak bebek entok ini juga bisa dikatakan cukup mudah karena bebek entok ini tidak banyak pilihan dalam pemberian pakannya. Sangat mudah untuk mencari pakan untuk bebek satu ini. Seperti bekatul, dedak dan yang lainnya. Bahkan entok juga mau memakan jagung, sayuran dan yang lainnya.


3. Vaksinasi

Perawatan entok tidak hanya dilakukan pada pakannya saja, lebih dari hal itu, kita harus memperhatikan bagaimana tingkat kesehatan bebek yang kita kembang biakkan. Akan sangat baik bila bebek entok tersebut divaksinasi agar kebal dari penyakit. Walaupun jika dibanding dengan bebek lain, entok dikenal mempunyai ketahanan tubuh yang cukup kuat dibandingkan jenis bebek yang lainya, namun sangat baik jika kita memberi vaksin untuk menangkal pilek. Karena satu-satunya virus yang sangat mudah terjangkit adalah virus flu dan pilek, vaksin jenis Vitachicks bisa jadi pilihan untuk jenis ternak ini.


4 . Cara Memberi Pakan

Berikut akan kami jelaskan ukuran dan waktu memberi makanan yang bisa kita terapkan ;
  • Pertama pada saat usia 1 minggu hingga 2 minggu berikan makan konsentrat starter 
  • Kedua campurkan konsentrat starter dengan pakan indukan untuk minggu selanjutnya 
  • Ketiga induk entok akan bertelur setelah 30 hari, jika sudah bertelur pisahkan dari anaknya (disapih) 
  • Terakhir entok sendiri bisa bertelur setelah masa pengeraman hingga 35 hari dan 2 minggu atau 3 minggu 

Saran dari kami supaya nafsu makan entok selalu stabil, dalam usaha rumahan cara ternak entok yang baik kami sarankan agar menyediakan pakan tanpa air.

Demikianlah artikel tentang Cara Ternak Entok dengan Mudah dan Murah Meriah , semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Cara Ternak Entok dengan Mudah dan Murah Meriah "