Metode Membuat Straw Mix

Straw mix adalah suatu produk campuran jerami dengan beragam macam bahan, layaknya molases serta bekatul yang berfungsi buat menolong meningkatkan kadar protein bahan pakan, menaikkan konsumsi pakan hewan ternak serta merangsang nafsu makan hewan ternak.

Mengapa sesegera mungkin di untuk straw mix ?

Jerami merupakan salah satu area tanaman yang sudah tua yang memiliki kandungan silikat serta lignin yang mengakibatkan daya cerna hewan ternak ruminansi rendah. Oleh pasal itu butuh penambahan bahan lain buat menaikkan daya cerna hewan ternak serta menaikkan kandungan gizi jerami sehingga di sukai oleh ternak, layaknya molasses serta bekatul.
Penggunaan molases serta bekatul tersebut bermanfaat sebagai penambah rasa buat memperbanyak nafsu makan hewan ternak, dan merupakan juga buat bahan pengikat antara bahan jerami dengan bekatul serta padi.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas kaya gimana metode bikin straw mix secara gampang buat Sahabat Inspirasi berkebun. Langsung saja kita ke pembahasan kaya gimana metode bikin straw mix :

Bahan-bahan yang di Perlukan
  • Jerami kering sejumlah 3 kg 
  • Molasses sejumlah 1 liter 
  • Bekatul sejumlah 1 kg 
  • Air secukupnya 

Alat-alat yang di Perlukan :
  • Alas plastik buat alas mencampur seluruh bahan-bahan diatas 
  • Ember buat tempat jerami serta straw mix yang sudah jadi 
  • Timbangan buat menimbang bahan-bahan supaya sesuai dengan dosis 
  • Parang atau pisau buat mencacah jerami 
  • Cara bikin Straw Mix 


Metode Membuat Straw Mix

Timbang seluruh bahan yang akan dipakai supaya sesuai dengan dosis yang diperlukan. Campurkan seluruh bahan, pertama jerami di campurkan dengan bekatul selanjutnya di percikkan molases yang sudah di campur air secukupnya, aduk-aduk seluruh bahan hingga tercampur rata. Straw mix sudah jadi serta siap diberikan kepada hewan ternak, sebagusnya Straw mix diberikan kepada ternak ruminansia layaknya sapi, domba serta kambing.

Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan, pemberian straw mix kepada hewan ternak sapi tunjukkan palatabilitas tinggi yang maknanya straw mix langsung habis di makan, sementara pemberian straw mix kepada hewan ternak domba serta hewan ternak kambing lebih lama buat menghabiskan straw mix.

Hewan ternak Kambing serta hewan ternak domba terhadap awalnya cuma akan mencium serta akan mengendus straw mix saja, akan tapi sehabis di kasih konsentrat diatas straw mix, perlahan-lahan hewan ternak kambing mulai memakan straw mix sedikit demi sedikit serta lama kelamaan straw mix habis.


Kelebihan dari Straw Mix :

Kelebihan straw mix adalah bisa menaikkan nilai gizi yang terdapat dalam jerami, menaikkan palatabilitas serta menaikkan daya cerna.


Kekurangan dari Straw Mix\ :

Kekurangan straw mix adalah tak tahan lama. bila straw mix dibuat terhadap pagi hari, tersebutkan sebagusnya terhadap sore hari sesegera mungkin habis.

Demikianlah artikel tentang Metode Membuat Straw Mix, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Metode Membuat Straw Mix"