Cara Menanam Bunga Sedap Malam dan Khasiat serta Manfaatnya buat Kesehatan

Bunga sedap malam (nyctanthes arbor-tristis) merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Bunga ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, yaitu:
  • Mengatasi masalah pernapasan: Bunga sedap malam mengandung zat yang dapat membantu mengatasi masalah pernapasan seperti batuk, pilek, dan bronkitis. Anda dapat mengonsumsi infus bunga sedap malam atau menggunakan minyak esensial bunga sedap malam untuk mengurangi gejala-gejala tersebut.
  • Mengatasi masalah kulit: Bunga sedap malam mengandung senyawa yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik hitam, dan bekas luka. Anda dapat menggunakan masker atau toner bunga sedap malam untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.
  • Mencegah penuaan dini: Bunga sedap malam mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Anda dapat menggunakan minyak esensial bunga sedap malam sebagai toner atau mengonsumsi infus bunga sedap malam secara teratur untuk mendapatkan manfaat tersebut.
  • Mengatasi masalah sistem pencernaan: Bunga sedap malam dapat membantu mengatasi masalah sistem pencernaan seperti sembelit dan mulas. Anda dapat mengonsumsi infus bunga sedap malam untuk mendapatkan manfaat tersebut.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Bunga sedap malam mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat mengonsumsi infus bunga sedap malam secara teratur untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Namun, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli herbal sebelum mengonsumsi atau menggunakan bunga sedap malam untuk kesehatan. Selain itu, perhatikan dosis yang tepat dan jangan mengonsumsi bunga sedap malam jika Anda alergi terhadap tanaman tersebut.


Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Jika kamu ingin memilikinya buat melengkapi pekarangan halamanmu kamu dapat menanamnya. Tenang saja, penanaman sertapemeliharaannya juga cukup gampang. pasal bunga ini tak membutuhkan media tanam yang rumit. Bunga sedap malam bisaditanam dalam pot atau polybag ataupun ditanam secara langsung. Kesegaran bunga sedap malam ini dapat bertahan hingga 6-9 jam.

Bunga Sedap Malam bisa tumbuh secara maksimal bila ditanam di area dataran rendah yang memiliki pH tanah antara 5-5,8. Akan tapi tanaman ini juga tetap bisa tumbuh di dataran tinggi, cuma saja yang berlangsung bunganya tak terlampau mekar dantangkai bunga yang lebih malas dari terhadap yang ditanam di dataran rendah. Berikut ini pancuan metode menanam bunga Sedap Malam.


Pembibitan

Awal mula pembibitan dapat dimulai dengan umbi yang diperbanyak. Pilihlah umbi yang telah cukup tua dari rumpun tanaman induknya yang telah berumur sekitar 2 tahun atau dapat juga degan besar sekitar 2-3 cm. setelah itu keringkan sepanjang 3-4 minggu, selanjutnya simpan bibit sepanjang 1,5 bulan supaya kelak umbi tersebut bisa dengan gampang bertunas


Persiapan Media Tanam

Untuk media tanam yang dapat dipakai buat menanam bunga Sedap Malam bisa dibuat dari campuran arang sekam, pupuk kandang halus/kompos serta tanah dengan perbandingan 1:1:1. sehabis seluruh bahan media tanamnya ada, campurkan sampai merata dengan sempurna. setelah itu masukkan kedalam pot tanaman atau polybag sesuai ukuran yang diinginkan. Usahakan pot atau polybag mempunyai lubang drainase, Perihal ini bertujuan buat mencegah supaya air tak menggenang didalamnya yang bisamenyebabkan tanaman menjadi busuk


Penanaman

Dalam sistem penanaman, siapkan lubang tanam sesuai dengan ukuran umbi yang akan ditanam. Kedalaman lubang tanam itu sendiri berkisar 5-6 cm. setelah itu masukkan umbi kedalam lubang tanam, selanjutnya ditutup dengan tanah serta jangan lupa padatkanlah daerah sekitar penanaman. supaya bibit laju bertunas, lakukanlah penyiraman secara teratur


Perawatan

Dalam perawatannya, bunga sedap malam ini dapat dilaksanakan dengan melaksanakan penyiraman secara acap kali tiap sore serta pagi hari. setelah itu laksanakan sistem pemupukan bila tanaman telah masuk umur 6 bulan. Pupuk yang diberikan dapatberbentuk campuran TSP serta Urea dengan komposisi 1:1. sehabis itu bunga Sedap Malam akan berbunga ketika sudah menginjak umur 4-5 bulan dari ketika pertama kali ditanam. Dinamakan dengan bunga Sedap Malam, pasal ketika malam hari bunga akan mekar serta mengeluarakan bau yang harum serta sedap buat dihirup.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam dan Khasiat serta Manfaatnya buat Kesehatan

Khasiat serta faedah Bunga Sedap Malam buat Kesehatan

Banyak orang yang bilang jikalau bunga Sedap Malam itu memiliki kemampuan buat memperkuat imajinasi artistik seseorang pasalkemampuannya dalam menstimulasi otak kanan seseorang yang sering berhubungan dengan kreatifitas.

Dilihat dari tinjauan ilmiah, jelas jelas belum banyak yang mengungkapkan tentang faedah serta khasiat yang terdapat dalam bunga sedap malam. Namun adanya salah seorang pakar penyembuhan tradisional yang bernama Prof. HM Hembing Wijayakusuma, dia menyiratkan jikalau bunga sedap malam berkhasiat bisa menghilangkan bengkak serta membuat turun panas.

Adapun area dari tanaman ini yang kebiasaannya kerap digunakan buat penyembuhan ialah terhadap area akar serta bunganya. buat lebih jelasnya, berikut penuturan Prof. HM Hembing Wijayakusuma yang dalam tulisannya membahas mengenaipenyembuhan dari bunga sedap malam buat mengobati beragam jenis penyakit :


Rematik

Bahan: 30 gr akar bunga sedap malam, 20 gr gua merah serta jahe merah sekedar serta 450 cc air Cara membuat: Satukan seluruhbahan itu lantas rebuslah dalam 450 cc air hingga mendidih. Selanjutnya saring serta bagi menjadi dua area buat diminum sejumlah dua kali sehari.


Radang Tenggorokan

Bahan: 25 gr akar bunga sedap malam, 30 gr sambiloto segar dan 650 cc air

Cara membuat: Masukkan seluruh bahan menjadi satu kedalam air putih, rebuslah sampai tersisa setengahnya saja. setelah itusaring serta bagi menjadi dua masing-masing sebesar 150 cc. Minumlah dua kali sehari.


Influenza

Bahan: 25 gram akar bunga sedap malam, 20 gram jahe, 4 gr batang daun bawang putih serta 650 cc air.

Cara membuat: Masukkan seluruh bahan menjadi satu serta rerbuslah dalam air mendidih sampai tersisa tinggal setengahhnya saja (300 cc). Selanjutnya air rebusan itu diminum sejumlah dua kali masing-masing sebesar 150 cc.


Meningkatkan Stamina

Bahan: 60 Kuntum bunga Sedap Malam, 100 gr udang, 55 gr kacang kapri, 15 gr jahe, 1 butir telur ayam serta 2 siung bawang putih.

Cara membuat: Masukkan seluruh bahan dalam katel, lantas tumislah dengan memakaikan minyak goreng non kolestrol. Jangan lupa tambahkan tepung maizena yang telah diencerkan. Selanjutnya masklah hingga matang.


Penambah darah serta obat sulit tidur

Bahan: Bahan yang diperlukan cukup banyak, diantaranya: 35 kuntum bunga Sedap Malam, 20 fr kie cie yang dapat didapat di toko obat cina, 5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 15 gram jahe, 2-3 buah hati ayam, dan garam serta merica secukupnya Cara membuat: Irislah bawang merah serta putih. Selanjutnya satukan seluruh bahan setelah itu tumislah dengan memakaikan minyak goreng non-kolestrol serta terakhir tambahkan teoung tapioca yang telah diencerkan.


Katarak

Bahan: bunga Sedap Malam sekitar 55 kuntum

Cara membuat: Pertama rebuslah bunga sedap Malam iyu dengan takaran air sekitar 2000 cc hingga mendidih. setelah itu tunggulah hingga dingin. bila sudah dingin, barulah dapat dipakai buat mencuci mata.


Bisul serta Bengkak

Bahan: Akar bunga Sedap Malam

Cara membuat: Ambilah akar bunga Sedap Malam secukupnya. Selanjutnya cuci hingga bersih. setelah itu tumbuklah hingga halus serta tempelkanlah terhadap area badan yang sedang sakit.

Demikian sebagian khasiat serta faedah bunga Sedap malam buat kebugaran rujukan oleh Prof. HM. Hembing. jelas jelas tak adanya menjamin jikalau sehabis melaksanakan metode diatas penyakit yang diderita dapat sembuh, namun setidaknya mencoba pemanfaatan bunga Sedap Malam ini buat kebugaran tak adanya salahnya juga. survive mencoba, semoga berguna.

Post a Comment for "Cara Menanam Bunga Sedap Malam dan Khasiat serta Manfaatnya buat Kesehatan"