Tips Cara Membuat Pupuk Bokashi yang benar

Pupuk Bokashi adalah pupuk yang terbuat dari campuran sampah organik yang telah d Fermentasi dengan menggunakan bakteri anaerobik. Pupuk Bokashi dibuat dengan cara mencampurkan sampah organik dengan bahan aktif yang mengandung bakteri anaerobik, seperti jerami atau kotoran hewan. Kemudian campuran tersebut ditutup dengan plastik atau karung dan dibiarkan selama beberapa minggu hingga sampah organik terfermentasi.

Setelah proses fermentasi selesai, pupuk Bokashi akan terbentuk dan siap untuk diaplikasikan ke tanaman. Pupuk Bokashi memiliki banyak manfaat bagi tanaman, seperti meningkatkan keasaman tanah, meningkatkan kandungan hara, dan meningkatkan struktur tanah. Pupuk Bokashi juga mengandung bakteri yang dapat membantu mengurai sampah organik dan mempercepat proses pembusukan.

Pupuk Bokashi dapat diaplikasikan ke tanaman dengan cara dicampurkan ke dalam tanah atau ditaburkan di sekitar tanaman. Pupuk Bokashi juga dapat digunakan sebagai campuran pupuk yang diaplikasikan ke tanaman secara teratur. Selain itu, pupuk Bokashi juga dapat digunakan sebagai pengganti pupuk kimia untuk tanaman hias di rumah atau di kebun.

Pupuk bokashi ialah pupuk hasil dari proses penguraian bahan organik oleh mikroorganisme bakteri fototrofik. Pupuk bokashi merupakan salah satu komponen penting dalam pertanian yang bisa memperbaiki sifat tanah baik secara fisika, biologi serta kimia tanah.

Pupuk bokashi bisa menekan pertumbuhan jumlah bakteri yang merugikan, mempertahankan suhu, menahan air dan kelembaban tanah serta menekan pertumbuhan penyakit pada tanaman

Tips Cara Membuat Pupuk Bokashi yang benar

Untuk menghemat biaya produksi maka para petani diharapkan bisa membuat pupuk bokashi secara sendiri dari hasil kotoran ternak. Pupuk kandang atau yompos yang dibawa langsung ke sawah masih banyak mengandung bakteri dan fuel yang dapat merugikan, sehingga jika terlalu banyak akan menyerang tanaman itu sendiri .

Pada tulisan kali ini kami akan membagikan bagaimana cara membuat pupuk bokashi yang benar, Silahkan simak penjelasan kami dibawah ini apa saja bahan-bahannya serta bagaimana membuat pupuk bokashi.

Bahan-Bahan yang diperlukan :

  • A thousand kg kotoran hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam. 
  • 1 liter em4 atau moretan atau EM BPP-KP 
  • 100 kg abu sekam atau sekam. 
  • 1,5 Liter tetes murni. 
  • One hundred Liter air bersih. 
  • 10 kg bekatul. 

Cara Pembuatan Pupuk Bokashi

Cara pembuatan pupuk bokashi, setelah semua bahan sudah terkumpul, selanjutnya kotoran ternak dan bekatul serta sekam atau abu sekam diaduk sampai merata menggunakan cangkul sampai tercampur .Setelah tecampur kemudian ambil EM4 atau Moretan atau EM BPP-KP dengan dosis 220 ml dan tetes murni dengan dosis 220 ml dan campur dengan air bersih sebanyak 50 liter hingga homogen.

Selanjutnya kocorkan campuran air tadi dengan kotoran ternak yang telah bercampur kemudian di aduk sampai merata dan dibolak balik menggunakan cangkul hingga bahan campuran menjadi lembab atau tidak terlalu basah, kemudian tumpuk setinggi sekitar 40 cm hingga 50 cm dan tutup dengan menggunakan plastik.

Tiga hari dari masa pembuatan buka dan lakukan lagi pengocoran seperti diatas dan dibolak balik serta aduk-aduk sampai merata dan ditutup kembali hingga rapat dengan menggunakan plastik lagi. Dua minggu kemudian buka penutup dan setelah dua minggu ini pupuk bokashi siap digunakan.

Pupuk bokashi yang sudah masak ditandai dengan bau yang masam seperti bau tape dengan warna kecoklatan dan dingin, hal tersebut menandakan gasoline amoniak telah keluar semuannya dan pupuk bokashi sudah bisa di gunakan.

Demikianlah artikel tentang Tips Cara Membuat Pupuk Bokashi yang benar, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Tips Cara Membuat Pupuk Bokashi yang benar"