Tips Pohon Manggis Cepat Berbuah

Manggis adalah buah yang berasal dari pohon manggis yang tumbuh di daerah tropis. Buah manggis memiliki kulit yang tebal dan kasar dengan daging yang lembut dan manis. Buah manggis juga memiliki biji yang dikelilingi oleh daging yang berwarna merah atau oranye.

Buah manggis mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin C, serat, dan antioksidan. Buah manggis juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengurangi risiko kanker. Buah manggis juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kulit, seperti jerawat dan iritasi. Buah manggis dapat diolah menjadi jus, es krim, atau ditambahkan ke dalam salad atau masakan lainnya.

Petani Pohon manggis di Negara Indonesia kini ini bisa memanen tanaman buah eksotis serta kaya vitamin ini 2 kali lebih laju dari terhadap biasanya, dikarenakan berkah pelajaran dari seorang ilmuwan dari ITB (Institut Pertanian Bogor).

Mohammad Reza Tirtawinata seorang doktor lulusan IPB (Institut Pertanian Bogor) ialah yang pertama kali mendapatkan metodathree in one. metoda three in one ialah dengan menanam 3 benih manggis tidak jauh sehingga bisa lebih banyak menyerap mineral serta air, Pohon Manggis yang akarnya amat sedikit bisa tumbuh lebih baik serta berbuah lebih cepat.

Tips Pohon Manggis Cepat Berbuah

Inovasi baru dari Mohammad Reza Tirtawinata sudah diaplikasikan di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau tepatnya di Desa Dayo. terhadap awal bulan ini di Desa Dayo memperoleh paket 1000 batang benih manggis dari Balitbu Tropika (Badan studi Tanaman Buah Tropika) terhadap tahun 2007 serta telah bisa mengeluarkan buah buat pertama kalinya terhadap 4 September 2012.

Harlion Syair seorang peneliti dari Balitbu Tropika (Badan studi Tanaman Buah Tropika) Kementerian Pertanian menyebutkansepanjang ini terhadap lazimnya adalah pohon manggis baru bisa berbuah sehabis 10 tahun hingga 12 tahun.

Harlion Syair juga menerangkan kepada wartawan ini berguna bagipara petani pasal amat memaksa serta memacu semangat mereka para petani buat mendevelop sektor usaha agribisnis tanaman manggis dan merupakan juga menaikkan pendapatan para petani. 

Mohammad Reza Tirtawinata melaksanakan studi sepanjang 6,5 tahun buat menelusuri metode percepatan berbuahnya tanaman pohon manggis yang dan merupakan juga menjadi disertasi doktoralnya terhadap tahun 2003 di IPB (Institut Pertanian Bogor).

Mohammad Reza Tirtawinata mendapatkan jikalau akar tanaman pohon manggis amat sedikit, sehingga tak bisa banyak menyedot pupuk serta air tersebutkan pasal Perihal itu efeknya tanaman pohon manggis tumbuh lambat.

Untuk menambah akar tumbuhan manggis, Mohammad Reza Tirtawinata menanam 3 benih tanaman manggis dalam jarak yang tidak jauh. Ketiga benihnya disatukan serta dibiarkan tumbuh menjadi 1 akan tapi dengan 3 cabang akar utama yang dapatmenyerap lebih banyak pupuk serta air.

Dengan metode tanam yang dikatakan Mohammad Reza Tirtawinata sebagai three in one ini, para petani dapat menghemat masa8 tahun hingga 10 tahun masa tanam pohon manggis.

Sayangnya sosialisasi inovasi baru ini kepada para petani masih amat rendah sehingga masih amat sedikit para petani yang mau menanam pohon manggis.

Mohammad Reza Tirtawinata juga menambahkan Teknologinya telah ada, akan tapi masih sedikit petani yang mengenali teknologi ini. Padahal buah mangga banyak dicari di negara-negara Asia Timur adanya peluang besar bagi para petani manggis Negara Indonesia buat memasarkan buah manggis ke kawasan tersebut.

Mohammad Reza Tirtawinata juga menyebutkan hampir tak adanya pesaing Negara Indonesia dalam keluaran buah manggis, disamping Negara Thailand serta Negara Malaysia.

Demikianlah artikel tentang Tips Pohon Manggis Cepat Berbuah, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Post a Comment for "Tips Pohon Manggis Cepat Berbuah"