13 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kayu manis adalah jenis kayu yang memiliki aroma khas dan banyak digunakan sebagai bahan pengawet makanan dan pemanis. Selain itu, kayu manis juga memiliki khasiat kesehatan dan kecantikan yang telah terbukti secara turun temurun.

Salah satu manfaat utama kayu manis adalah sebagai anti-inflamasi. Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kayu manis juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Dengan demikian, kayu manis dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, rambut, dan kuku.

Selain itu, kayu manis juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan zat yang terkandung dalam kayu manis dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma berpengaruh serta manis dan pedas. Seperti yang kita ketahui bahwa kayu manis sering kali dijadikan penyedap kuliner oleh ibu rumah tangga dan selalu tersedia didapur.

Selain digunakan untuk penyedap masakan, kayu manis juga kerap kali diandalkan untuk pengobatan tradisional. Banyak orang yang percaya bahwa kayu manis ini bisa mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan menyerupai mencegah penyakit jantung, radang sendi, mengobati sakit perut hingga bahkan digunakan untuk kecantikan kulit.

13 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mari kita simak ulasannya dibawah ini manfaat yang bisa kita dapatkan apabila mengkonsumsi kayu manis :


1. Melembabkan kulit

Kayu manis dapat bermanfaat untuk kecantikan menyerupai melembabkan kulit wajah. Untuk menerima kulit wajah yang lembab maka hal yang perlu Anda lakukan hanya dengan mencampurkan minyak kayu manis dengan minyak zaitun, kemudian usapkan pada wajah selama 10 menit dengan dipijat perlahan-lahan. Setelah itu bilas dengan air bersih, minyak kayu manis dapat mengurangi kerutan pada wajah, flek hitam dan garis-garis halus pada wajah Anda.


2. Mengatasi jerawat

Kayu manis juga memiliki kegunaan mengatasi jerawat yang membandel pada wajah. Caranya dengan mencampurkan kayu manis dan madu, aduk hingga tercampur rata. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah secara merata dan diamkan sekitar 15-20 menit. Jika telah selesai, bilas dengan air bersih.


3. Mengurangi kadar kolesterol

Jika kadar kolesterol dalam darah Anda cukup tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Akan tetapi, Anda dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah hanya dengan mengonsumsi kayu manis. Kayu manis dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir.


4. Mencegah diabetes

Diabetes yakni penyakit yang disebabkan karena kadar gula dalam darah sangat tinggi. Untuk mencegah semoga kita terhindar dari penyakit ini maka Anda bisa mengandalkan kayu manis. Kayu manis sangat ampuh mengontrol gula darah sehingga gula darah tetap normal.


5. Melangsingkan tubuh

Jika lemak dalam tubuh Anda terus menumpuk jawaban terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak maka lambat laun berat tubuh Anda pasti akan menjadi bertambah. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengonsumsi kayu manis yaitu caranya dijadikan minuman hangat atau campuran kuliner lainnya. Kayu manis bisa menghilangkan lemak berlebih yang ada didalam tubuh Anda sehingg tubuh Anda akan tetap langsing meskipun sering mengkonsumsi makanan berlemak.


6. Sebagai obat sakit perut

Kayu manis juga bermanfaat sebagai obat sakit perut. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah yaitu cuku campur madu dengan bubuk kayu manis secukupnya, lalu minum. Selain mengobati sakit perut, kayu manis juga dapat membersihkan perut serta menyembuhkan benjol hingga keakar-akarnya.


7. Sebagai obat rambut rontok

Rambut Anda sering rontok? itu berarti rambut Anda mengalami kekurangan nutrisi maka dari itu rambut menjadi rontok dan apabila hal ini dibiarkan tanpa ada penanganan maka lama kelamaan akan menyebabkan kebotakan.

Untuk mengatasi hal ini tidak perlu harus mengeluarkan uang yang banyak karena ternyata kayu manis juga bisa diandalkan untuk mengatasi duduk perkara rambut rontok. Caranya yaitu campurkan saja minyak zaitun, madu dan bubuk kayu manis secukupnya lalu kemudian oleskan ramuan tersebut pada rambut Anda dari akar hingga ujung rambut dan diamkan selama 10 menit. Lakukan hal ini sebelum Anda mandi.


8. Mengobati sakit gigi

Manfaat kayu manis selanjutnya dapat mengobati sakit gigi. Caranya dengan membuat campuran bubuk kayu manis dengan madu sekitar 5 sendok. Lalu tinggal oleskan ramuan tersebut pada gigi yang sakit. Lakukan hal tersebut hingga gigi berhenti sakit.


9. Menghilangkan bacin nafas

Campuran madu, kayu manis dan air hangat dapat menghilangkan bacin nafas Anda. ramuan tersebut dapat menjaga nafas tetap segar seharian penuh. Ramuan ini juga sangat baik jikalau diminum ketika pagi hari sebelum melaksanakan aktifivitas. Jika Anda rutin mengonsumsinya maka nafas Anda akan terasa segar.


10. Sebagai obat kanker

Pada beberapa Negara menyerupai di Jepang dan Australia menyampaikan bahwa kanker perut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Bagi orang yang sedang menderita penyakit kanker, cukup dengan mengkonsumsi 1 sendok madu dengan 1 sendok bubuk kayu manis selama satu bulan dan diminum 3 kali sehari.


11. Mengobati sakit jantung

Kayu manis juga dapat dijadikan sebagai obat sakit jantung. Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti ketika waktu sarapan pagi. Madu dan kayu manis tersebut dapat mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri serta dapat mengurangi resiko serangan jantung. Jika seseorang telah terkena serangan jantung maka dengan mengonsumsi madu dan kayu manis setiap harinya Anda dapat terhindar dari serangan jantung kambuhan. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin maka dapat memperlancar pernafasan sekaligus memperkuat detak jantung sehingga dapat bekerja secara normal.


12. Mengurangi HIV4

Pada penelitian tanaman obat di India menyatakan bahwa kayu manis berpotensi efektif terhadap penyakit HIV4. Pada salah satu penelitian menuliskan “ ekstrak yang paling efektif terhadap HIV-1 dan HIV-2 masing-masing yakni kayu manis dan cardiospermum helicacabum.


13. Dapat mengatasi rematik

Dalam suatu studi di departemen of Internal Medicine, Rumah Sakit Kangnam di Korea menyatakan bahwa kayu manis sangat berguna dalam mengurangi sitokin yang menyebabkan nyeri pada sakit rematik. Kayu manis juga dapat mengurangi rasa sakit pada penyakit arthritis.

Demikianlah artikel tentang 13 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Post a Comment for "13 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan"