10 Tips melatih Daya Pikir Otak agar lebih Produktif

Untuk melatih daya pikir agar lebih produktif, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan berbagai macam aktivitas yang menantang otak seperti memecahkan teka-teki, berolahraga, atau berlatih menggunakan tangan kiri untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, Anda juga dapat melakukan meditasi atau berlatih mindfulness untuk meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stres. Dengan melakukan berbagai macam aktivitas tersebut, otak akan terlatih untuk bekerja dengan lebih produktif dan efektif.

Otak manusia menerima sangat banyak sekali tugas setiap hari, bahkan sampe ribuan. Pada saatnya bisa Saja makin melambat seiring berjalannya waktu.

Dan ternyata melambatnya otak tidak lepas  dari kebutuhannya untuk mengisiulang tenaga. Otak kita juga perlu istirahat, asupan, latihan, bahkan kadang dimanjain dari waktu ke waktu.

Tidak harus  jadi ilmuan untuk menyegarkan otak kembali. Yang perlu kita lakuin cuma menyisihkan waktu kok untuknya.

Taukah anda, ternyata ada 10 Tips melatih Daya Pikir pada Otak agar lebih Produktif, berikut ini penjelasannya :

1. Olahraga teratur

Olahraga teratur


2. Meditasi

Meditasi


Ada pepatah begini. "To a mind that is still, the whole universe surrenders." Kurang lebih terjemahan bebasnya adalah “Ketika pikiran tenang, seluruh alam raya tunduk.”

Ternyata ini bukan ungkapan kosong kok. Sains sudah membuktikannya. Ketika kita menenangkan pikiran lewat meditasi selama 10-15 menit, dapat memperlancar proses berpikir, dan mengurangi tingkat stress. Buat yang muslim, bisa juga menenangkan pikiran dalam shalat tuh!


3. Bermain musik

Bermain musik


Para ilmuwan telah meyakini kalo mempelajari alat musik dan memainkannya dapat memperbesar ukuran di beberapa bagian otak seperti otak kecil (cerebellum) dan motor cortex di otak besar. Dan, kalopun hanya bisa dengerin musik, itu aja udah bisa mengaktifkan beberapa jaringan di otak. So, let's turn ON the music now.


4. Bermain Games

Bermain Game


5. Mengkonsumsi Makan Sehat

Mengkonsumsi Makan Sehat


Otak kita menyerap 20% dari seluruh nutrisi dan oksigen yang kita konsumsi. Jadi jangan lupa makan makanan yang bagus untuk otak. Asupan kayak buah-buahan segar, ikan segar, dan sayuran, minyak omega 3, kacang-kacangan, gandum, alpukat dan bluberi.


6. Membaca Buku

Membaca Buku


Membaca mengurangi stres karena itu salah satu bentuk menghayal. Para ahli kejiwaan sudah membuktikan bahwa imajinasi sangat menyehatkan otak karena kita memaksa pikiran untuk menggambarkan apa yang ada di dalam kepala kita. Dan membaca adalah hal sederhana yang bisa memicu imajinasi kita.


7. Pola tidur yang benar

Pola tidur yang benar

Tidur udah kayak detos untuk otak, karena di waktu tidur di waktu malam, tubuh meregenerasi sel tubuh dan membuang semua racun yang berkembang pada siang hari. Dan anggapan “rada skip nih, kalo kurang tidur” emang terbukti secara sains.


8. Manfatkan teknologi

Manfatkan teknologi

Kadang ketergantungan kita sama teknologi bikin kita jarang melatih otak kita untuk mikir. Malah, saking udah nyaman ngitung di smartphone, kita sampai lupa hitungan-hitungan standard yang sebenarnya bisa kita lakuin dengan otak. Ayolah, kadang perlu tuh adu itungan matematika dasar sama adik kita yang duduk di kelas 3 SD.


9. Sinar Matahari

Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung vitamin D yang penting buat kesehatan kita dan membuat otak berfungsi lebih baik. Sinar matahari bukan hanya memperlancar peredaran darah, tapi juga menghambat penuaan otak.


10. Dengan meminum Kopi

Dengan meminum Kopi

Jika kamu peminum kopi, selamat. Kamu udah selangkah lebih maju. Kopi membantu kita berkonsentrasi ketika mengerjakan tugas yang melelahkan atau monoton, menjadi pemicu kecerdasan, termasuk kemampuan berdebat.

Jika ada waktu luang seharian di rumah, coba minum secangkir kopi, olahraga sedikit di dalam rumah, disambi dengan main musik sebagai selingan, terus main Mobile legends di smartphone, sambil makan biji bunga matahari.

Demikianlah artikel tentang 10 Tips melatih Daya Pikir Otak agar lebih Produktif. Semoga bermanfaat dan jng lupa beri komentar ya..... Terimakasih

Post a Comment for "10 Tips melatih Daya Pikir Otak agar lebih Produktif"