14 Jenis Dan Bentuk Komunikasi Audio

Ada beberapa jenis dan bentuk komunikasi audio, diantaranya:
  • Telepon: merupakan salah satu bentuk komunikasi audio yang paling umum dan biasa digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.
  • Panggilan video: adalah sebuah bentuk komunikasi audio yang menggabungkan suara dengan video, sehingga pengguna dapat melihat sesama pengguna secara real time saat berkomunikasi.
  • Konferensi online: adalah sebuah bentuk komunikasi audio yang memungkinkan beberapa orang untuk berkomunikasi secara bersamaan melalui jaringan internet.
  • Radio: adalah sebuah bentuk komunikasi audio yang mengirimkan sinyal suara melalui gelombang radio, sehingga dapat didengarkan oleh siapa saja yang memiliki perangkat radio.
  • Podcast: adalah sebuah bentuk komunikasi audio yang biasanya disimpan dalam bentuk file digital dan dapat didownload atau didengarkan secara online.
  • Musik: adalah sebuah bentuk komunikasi audio yang biasanya digunakan untuk hiburan dan bersifat subjektif, sehingga setiap orang dapat memiliki pilihan yang berbeda.
Pertama sekali kita akan membahas Pengertian Audio, Audio pada sistem komunikasi bercirikan sinyal elektrik yang digunakan untuk membawa unsur bunyi. Komunikasi Audio sendiri adalah Proses penyampaian pesan atau informasi menggunakan lambang verbal atau bahasa yang disampaikan secara lisan.

Sekarang kita juga harus memahami Pengertian Komunikasi Audio pada Komunikasi Data, Komunikasi Audio adalah Sebuah komunikasi antar orang, lembaga, kantor ataupun perusahaan dengan menggunakan lambang verbal atau sebuah bahasa yang disampaikan secara lisan.

Di lingkungan sekitar kita banyak sekali macam-macam bentuk komunikasi audio yang sering kita jumpai, macam-macam bentuk komunikasi ini digunakan untuk menyampaikan informasi kepada orang lain baik secara personal maupun secara bersama-sama.

Teknologi Audio berperan sangat penting pada teknologi komunikasi karena akan menguatkan dari effek visual atau informasi yang akan disampaikan.

Adapun jenis perangkat audio yang paling umu digunakan sebagai berikut :
  • Audio CODEC, Audio CODEC yaitu perangkat yang mampu melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwitch.
  • Audio Controller, Audio Controller adalah perangkat yang memungkinkan untuk melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikrofon seperti suara mencuit, echo, dan lain-lain
  • Mikrofon dan Speaker, Mikrofon dan Speaker adalah perangkat Input/output dalam sistem Audio


14 Jenis Dan Bentuk Komunikasi Audio

Berikut ini penjelasan lengkap tentang 14 Jenis Dan Bentuk Komunikasi Audio :

1. Radio

Radio adalah bentuk komunikasi Audio yang paling sering kita jumpai dan paling umum digunakan dalam masyarakat. Radio merupakan perlengkapan elektronik yang dapat digunakann untuk mendengarkan berita yang bagus dan aktual, selain itu radio juga dapat digunakan untuk mengetahui beberapa kejadian-kejadian atau peristiwa penting yang baru saja terjadi melalui siaran radio. Radio juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang cukup efektif.


2. Alat Perekam Magnetik

Alat Perekam Magnetik adalah salah satu bentuk komunikasi audio yang dapat digunakan untuk merekan suara secara manual. Alat ini sangat cocok untuk digunakan sebagai media pembelajaran kepada siswa.


3. Piringan Hitam

Piringan Hitam adalah alat penyimpan file audio(modern) yang pertama kali ditemukan. Piringan hitam memiliki pena yang bergetar yang berfungsi untuk menghasilkan suara atau bunyi dari sebuah disc. Alat yang biasa digunakan untuk memutar piringan hitam adalah gramophone.


4. Kaset

Kaset adalah sebuat alat penyimapan file audio yang berbentuk pita kaset. kaset sudah sangat jarang ditemukan saat ini karena banyak orang yang sudah beralih menggunakan CD ataupun flashdisk. Setiap pita kaset mampu menyimpan file audio yang berdurasi setiap 1 jam setiap sisinya. Kualitas suara yang dihasilkan sangat bagus. Alat untuk memutar kaset adalah radio tape, tape deck atau walkman.


5. CD dan DVD

CD atau Compact Disk dan DVD atau Digital Compact Disk adalah media penyimpanan file audio yang digunakan untuk merampingkan sistem penyimpanannya. Selain itu CD atau DVD mampu menyimpan file yang cukup banyak dan besar dan kualitas yang dihasilkan juga sangat bagus. Alat untuk memutar CD atau DVD adalah CD Player dan DVD player


6. MP3

MP3 adalah salah satu format penyimpanan file audio digital yang dianggap paling populer saat ini. Disamping itu ukuran kapasitas dari mp3 juga lebih kecil dibandingkan format lain dan mampu menghasilkan suara yang sangat bagus. Alat yang digunakan untuk memutar mp3 adalah MP3 player ataupun Ipod


7. Audio Digital (WAV)

WAV adalah format penyimpanan file audio yang dirancang dan dikembangkan oleh microsoft dan IBM. Alat yang dapat digunakan untuk memutar WAV adalah Ipod.

Baca Juga : 5 Jenis Audio Pada Komunikasi Audio

Jenis-jenis Format File Audio

Selain Perangkat Audio terdapat beberapa jenis format file audio yang paling sering digunakan seperti mp3, AIFF, ogg, wav, AAC , WMA dan Real Audio


8. MP3 atau MPEG 1/2 Audio Layer 3

Mp3 adalah format audio yang paling populer pada saat ini. Format ini menggunakan algoritma audio lossy compression yang dapat mengurangi ukuran file. Mp3 dikembangkan di Jerman fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG.


9. AIFF dan AIFC (Audio Interchange File Format)

AIFF adalah format file yang tidak dikompres yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan Platform Unix


10. Ogg dan Ogg Vorbis

Ogg adalah format multimedia gratis yang dirancang untuk str34ming dan penyimpanan yang sangat efisien. Ogg dikembangkan oleh Xiph.org Foundation. Begitu juga Ogg Vorbis yang berupakan codec audio gratis


11. WAV

WAV adalah standart audio yang dikembangkan oleh microsoft dan IBM. WAV adalah format utama untuk menyimpan data audio pada windows dan menggunakan metode yang sama dengan AIFF untuk menyimpan data. WAV menggunakan teknik pulse-code modulation(PCM)yang tidak dikompres.


12. AAC atau Advance Audio Codec

AAC adalah sistem lossy compression untuk file audio yang dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group untuk menggantikan MP3 yang mempunyai kelebihan yaitu kompresi lebih effisien dan kualitas suara audio yang lebih baik dan mendukung audiomultichannel.


13. WMA (Windows Media Audio)

WMA adalah codec untuk lossy compression yang dikembangkan oleh microsoft untuk menyaingi mp3. Akan tetapi sementara ini Microsoft memposisikan WMA bersaing dengan AAC. WMA juga menggunakan sistem Digital Rights Management seperti AAC untuk proteksi penggandaan dan membatasi pemutaran pada PC atau perangakat tertentu


14. Real Audio

real Audio adalah codec audio yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini awalnya hanya digunakan untuk transmisi bandwitch yang rendah. Real Audio banyak digunakan oleh station radio untuk streaming program-program via internet secara realtime.

Demikianlah artikel tentang 14 Jenis Dan Bentuk Komunikasi Audio, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan memberi komentar pada kolom yang telah disediakan. Terimakasih

Post a Comment for "14 Jenis Dan Bentuk Komunikasi Audio"